Tim Akuntansi FEB UI Raih Juara 1 Deloitte Tax Challenge 2023

Tim Akuntansi FEB UI Raih Juara 1 Deloitte Tax Challenge 2023

 

Mahasiswa Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) yang tergabung dalam Tim UI berhasil meraih juara pada kompetisi Deloitte Tax Challenge (DTC) 2023, pada Jumat (17/2). Anggota tim ini terdiri atas empat mahasiswa jurusan Akuntansi, yaitu Matheus Todo, Steven Sonny H. Manik, Ni Made Diandra Kalila, dan Nadya Amirashanti.

Deloitte Tax Challenge 2023 adalah kompetisi yang dirancang untuk menguji kemampuan para peserta dalam bidang perpajakan oleh Deloitte, sebuah perusahaan akuntansi terbesar di dunia. Pada tahun 2023, kompetisi ini mengangkat tema “Global Recession is Coming: What Impact Could It Bring to Our Tax Landscape and How Should Indonesia Respond?” dengan tujuan mengembangkan keterampilan peserta dalam memecahkan masalah perpajakan yang kompleks dan memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Pada Deloitte Tax Challenge 2023, peserta diberikan beberapa kasus perpajakan yang harus mereka pecahkan. Kasus ini beragam dan mencakup berbagai aspek perpajakan, seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak internasional, pajak badan, dan pajak lainnya. Peserta diharapkan untuk menganalisis setiap kasus dan memberikan solusi yang efektif dan efisien.

Pada tahap seleksi pertama, peserta diharuskan untuk membuat video dengan durasi maksimal lima menit mengenai dampak perpajakan pada resesi global dan tanggapan Indonesia mengenai hal tersebut.

Pada tahap kedua, diadakan tes simulasi bisnis kepada tim terpilih pada hari kompetisi. Tim tersebut diminta untuk menyusun dan mempresentasikan solusi kasus bisnis di depan panel juri yang terdiri dari ahli pajak terkemuka. Tim yang terdiri dari empat anak Program S-1 Akuntansi FEB UI ini berhasil meraih posisi pertama di Indonesia dan menerima kesempatan untuk berkompetisi pada tingkat Asia Tenggara di Kuala Lumpur, Malaysia pada 23 dan 24 Maret 2023.

Selama kompetisi, peserta berkesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli perpajakan dari Deloitte. Para ahli ini memberikan bimbingan dan masukan yang berharga bagi peserta dalam memecahkan kasus yang ada. Selain itu, peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para peserta lainnya dari berbagai negara sehingga dapat memperluas jaringan dan membangun hubungan yang berharga dalam dunia perpajakan.

Peserta harus memiliki pengetahuan yang kuat dalam perpajakan dan mampu mengaplikasikan pengetahuan ini dalam kasus yang kompleks untuk dapat berhasil dalam Deloitte Tax Challenge 2023. Selain itu, peserta harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan mampu bekerja cepat dalam situasi yang menantang.

Maka dalam mewujudkan hal tersebut, Departemen Akuntansi FEB UI telah melaksanakan pembimbingan intensif mengenai perpajakan selama lebih dari sebulan dengan menyediakan mentor terbaik dari dosen FEB UI dan ahli perpajakan di Indonesia.