Continuous Improvement Activities UPMA untuk Jamin Mutu Akademik FEB UI 

Continuous Improvement Activities UPMA untuk Jamin Mutu Akademik FEB UI 

 

DEPOK – (6/8/2024) Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) telah melaksanakan berbagai aktivitas penting dalam rangka menjamin mutu akademik di lingkungan fakultas sepanjang 2024. Berbagai inisiatif dan program UPMA bertujuan memastikan bahwa FEB UI memenuhi standar akademik nasional maupun internasional serta mendukung upaya continuous improvement dalam semua aspek pendidikan.

Audit Internal Akademik (AIA) 2023 dan Akreditasi Nasional 2024

Mengawali 2024, Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) FEB UI meninjau kembali kegiatan akreditasi program studi yang masa berlaku akreditasi nasionalnya akan berakhir pada tahun tersebut. Proses ini dimulai dengan penyelesaian tindak lanjut dari Audit Internal Akademik (AIA) yang dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik UI.

Program studi tersebut terdiri atas S3 Pascasarjana Ilmu Manajemen (S3 PPIM) berakhir pada 27 Mei 2024, tetapi telah terakreditasi AACSB; Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK) berakhir pada 23 Juli 2024 dan telah masuk pada tahap pemantauan BAN PT; Magister Manajemen (MM) berakhir pada 9 Oktober 2024, tetapi telah terakreditasi AACSB; serta S1 Ilmu Ekonomi (S1 IE) berakhir pada 9 Oktober 2024, tetapi telah terakreditasi AACSB. Sesuai Permendikbudristek No. 53/2023, program studi yang telah terakreditasi internasional AACSB tidak memerlukan akreditasi nasional sehingga tidak dilakukan re-akreditasi nasional.

EVISEM (Evaluasi Internal Semesteran) dan Tahunan (EVITAH)

Proses jaminan mutu akademik secara reguler dilakukan dengan Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) dan Tahunan (EVITAH). Pengisian borang oleh program studi dilakukan pada 1 – 20 Maret 2024. Pada tahap ini, UPMA memantau proses pengisian data untuk meyakinkan validitas dan reliabilitas data yang masuk ke sistem. Data tersebut kemudian dievaluasi oleh pimpinan FEB UI dan disosialisasikan kembali kepada pimpinan program studi. Tindak lanjut atas temuan ini telah diusulkan oleh UPMA untuk dilaksanakan oleh program studi dan unit terkait, termasuk usulan kepada BPMA UI dan Rektorat UI.

Assurance of Learning (AoL)

Dalam upaya perbaikan berkelanjutan AACSB, UPMA menggelar rapat koordinasi bersama Tim Assurance of Learning (AoL) FEB UI pada Maret 2024. Agenda rapat membahas persiapan penyusunan Continuous Improvement Report (CIR) yang harus diserahkan kepada AACSB. Pada rapat ini, didiskusikan pula persiapan atas program studi yang belum terakreditasi AACSB untuk diusulkan dalam akreditasi AACSB selanjutnya.

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran (MEP)

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran (MEP) merupakan instrumen jaminan mutu akademik yang mengevaluasi mata kuliah dari sudut pandang dosen. Berdasarkan usulan dari setiap program studi, sebanyak 23 mata kuliah dari jenjang sarjana dan magister dimonitoring dan dievaluasi. Namun, sasarannya berfokus pada mata kuliah semester 4 dan 6 pada jenjang sarjana serta semester 2 pada jenjang magister/pascasarjana, yang diselenggarakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.

Audit Internal Akademik (AIA) 2024

UPMA pun telah mengajukan lima program studi yang masa akreditasi nasionalnya akan berakhir pada 2025 mendatang untuk mengikuti kegiatan Audit Internal Akademik (AIA) ada periode Mei hingga Juli 2024.

Program studi tersebut, di antaranya S2 Pascasarjana Ilmu Akuntansi (S2 PPIA) masa akreditasinya berakhir pada 18 Maret 2025; Program Profesi Akuntansi (PPAk) berakhir pada 7 Juli 2025; serta S3 Pascasarjana Ilmu Ekonomi (S3 PPIE) berakhir pada 25 Agustus 2025. Sementara itu, program studi lainnya menunggu periode AIA selanjutnya, yakni S1 Akuntansi masa akreditasinya berakhir pada 25 Agustus 2025 dan S1 Ilmu Ekonomi Islam (S1 IEI) berakhir pada 27 Oktober 2025.

Survei Lulusan 2024

Pada pertengahan Maret, UPMA telah menyampaikan hasil survei lulusan untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 kepada seluruh Pimpinan Program Studi, Ketua Departemen, dan Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI Harapannya, hasil survei ini digunakan untuk perbaikan kurikulum dan kegiatan akademik lainnya.

Review Proses Penyusunan Kurikulum 2024

Review proses penyusunan kurikulum sebagai bagian dari siklus akademik rutin yang dilakukan setiap empat hingga lima tahun, kurikulum FEB UI diperbaharui. Pada Mei 2024, UPMA mendampingi program studi dalam menyusun kurikulum berkualitas dengan mengusulkan konsinyering penyusunan kurikulum dan review dokumen kurikulum 2024. Hasil review ini telah dilaporkan kepada pimpinan FEB UI dan program studi untuk dipertimbangkan dan diakomodasi dalam draft dokumen kurikulum.

FEB UI terus memperbaharui kurikulum sebagai sebagai siklus akademik rutin yang dilaksanakan dalam kurun empat hingga lima tahunan. Pada kegiatan ini, selama Mei 2024, UPMA membersamai program studi untuk menyusun kurikulum yang berkualitas dengan mengusulkan konsinyering penyusunan kurikulum dan review dokumen kurikulum 2024. Hasil review telah dilaporkan kepada Pimpinan FEB UI dan Program Studi, berdasarkan masukan atau catatan untuk dipertimbangkan dan diakomodasi dalam draft dokumen kurikulum.

Sementara beberapa upaya lainnya, UPMA mengadakan rapat koordinasi teknis persiapan akreditasi Program Profesi Akuntansi (PPAk) pada 2025, melaksanakan upaya pencegahan plagiarisme sebagai komitmen FEB UI menjunjung integritas akademik, dan mengonfirmasi Status Valid Penyetaraan Akreditasi Unggul LAMEMBA pasca dikeluarkannya PerBAN PT No. 10/2023 (Pasal 5) bahwa akreditasi unggul atas program studi yang diajukan penyetaraannya karena telah terakreditasi internasional AACSB adalah valid.

Terakhir, melakukan kegiatan pemantauan, evaluasi, dan penjaminan mutu perguruan tinggi/program studi terkait akreditasi Universitas Indonesia yang akan berakhir pada 28 Desember 2027, yakni BAN-PT akan memantau indikator PEMUTU untuk UI pada 2026 (satu tahun sebelum masa akreditasi berakhir). Oleh karena itu, BPMA meminta kepada setiap Fakultas melalui UPMA dapat menugaskan seorang penanggung jawab (person in charge) untuk memantau data tiga dan lima tahun terakhir (mulai tahun akademik 2023/2024) sebagai indikator PEMUTU.


Demikian berita ini disampaikan dalam rangka sosialisasi dan inklusivitas kegiatan penjaminan mutu akademik secara berkelanjutan. Informasi lebih lanjut terkait jaminan mutu akademik dapat menghubungi: upma.feb@ui.ac.id.