Organisasi Mahasiswa

Merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk mengaktualisasikan intelektual, bakat dan kegemaran mahasiswa ke dalam suatu kegiatan yang membawa dampak positif baik bagi lingkungan kampus maupun di masyarakat secara luas.

Organisasi ini merupakan ajang bagi para mahasiswa untuk melatih kemampuan dalam kepemimpinan, bekerjasama dalam tim, berkomunikasi dan mengembangkan jejaring yang kelak akan bermanfaat bagi mahasiswa ketika memasuki dunia kerja. 

Berdasarkan fungsinya, organisasi kemahasiswaan di FEB UI secara umum dikatagorikan sebagai berikut:

  • Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), merupakan organisasi¬† mahasiswa intra kampus yang memegang kekuasaan legislatif yang menjalankan 3 fungsi utama, yakni fungsi aspirasi, advokasi serta fungsi pengawasan.¬† Adapun fungsi dari organisasi BPM adalah: (1) turut serta membina dan meningkatkan disiplin belajar mahasiswa; (2) membina dan meningkatkan disiplin berperilaku yang sesuai ¬† dengan norma-norma perilaku sebagai manifestasi ketaqwaan dan keimanan kepada Allah Yang Maha Kuasa; (3) melancarkan dan mensukseskan pelaksanaan program tridharma perguruan tinggi dan aktif berperan dalam pelaksanaan kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler.
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang menjalankan fungsi eksekutif. Secara struktur, umumnya BEM berada di bawah BPM. Adapun fungsi dari BEM adalah (1) menyusun dan mengkoordinasikan program kerja berdasarkan aspirasi mahasiswa; (2) melaksanakan program kerja; (3) mempertanggungjawabkan seluruh program kerja yang telah dilaksanakan.
  • Badan Otonom dan Semi Otonom, merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang memfasilitasi kegiatan keilmuan, keagamaan, serta peminatan dan hobi. Organisasi ini dibedakan berdasarkan tingkat otonominya dalam melakukan penggalangan dana. Badan otonom merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki otonomi penuh untuk melakukan program kerja dan kegiatan yang berfungsi sebagai pencarian dana secara mandiri. Sedangkan badan semi otonom memiliki otonomi yang terbatas untuk melakukan kegiatan penggalangan dana dan oleh karenanya badan semi otonom ini masih mendapatkan alokasi bantuan dana secara terbatas dari FEB UI.

Jenis Badan Otonom di berbagai bidang :

Kajian Keilmuan

Badan Otonom di bidang kajian keilmuan terdri dari:


Kajian Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (KANOPI), merupakan organisasi mahasiwa yang mengkaji bidang ilmu ekonomi;

Management Student Society (MSS), merupakan organisasi mahasiswa dengan kekhususan kajian ilmu bidang manajemen;

Studi Profesionalisme Akuntan (SPA), merupakan organisasi mahasiswa dengan kekhususan kajian ilmu bidang akuntansi.

Kerohanian

Badan Otonom di bidang kerohanian terdri dari:


Forum Studi Islam (FSI)

Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA)

Keluarga Umat Katholik Sivitas Akademika (KUKSA)

Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD)

Keluarga Mahasiswa Budha (KMB)

Badan Semi Otonom (BSO)


BSO Liga Fotografi (LIFO)

BSO Sekolah Non Formal (SNF)

BSO Band

 

Unit Kegiatan Fakultas (UKF)


UKF Football Association of Economics (FAE)

UKF Basket

UKF Voli

UKF Taekwondo

Organisasi dan Himpunan

https://www.bak-febui.com/ bakfeui@gmail.com
https://bemfebui.com/ humas@bemfeui.com
eksternalibec@gmail.com
www.eisfebui.com eisfebui@gmail.com
hmsfeui@gmail.com
pi.pbkm.feui@gmail.com
www.snf-febui.com sekolahnonformal.febui@gmail.com