Tim PKM UI dan Dinas PPKUKM Jakarta Utara Berikan Pelatihan Digital Marketing untuk Mitra UMKM di Jakarta Utara

Tim PKM UI dan Dinas PPKUKM Jakarta Utara Berikan Pelatihan Digital Marketing untuk Mitra UMKM di Jakarta Utara

 

Jakarta (16/10/2024) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berkolaborasi dengan Dinas PPKUKM (Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) Jakarta Utara melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di enam kecamatan di Jakarta Utara. Pelatihan ini berlangsung dari 22 hingga 30 April 2024, mencakup 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Kelapa Gading, Cilincing, Pademangan, Penjaringan, Koja, dan Tanjung Priok.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memanfaatkan platform digital untuk kegiatan pemasaran usaha mereka. Ibu Siti Robiah, salah satu peserta dari Kecamatan Koja, mengungkapkan, “Saya ingin mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan untuk dunia bisnis saya yang selama ini belum mengikuti perkembangan di media sosial. Setelah mengikuti pelatihan, saya sekarang jadi lebih mengenal sosial media, seperti TikTok dan Instagram, yang akan saya gunakan untuk kemajuan bisnis saya ke depannya.”

Peserta lainnya, Ibu Nurcahyani, juga menyampaikan, “Materi yang diberikan sangat bermanfaat, mulai dari pengenalan dan pemasaran di media sosial, marketplace, sistem pembayaran digital, hingga cara menanggapi konsumen.” Pelatihan ini juga menekankan pentingnya memastikan produk siap untuk dijual, termasuk memperhatikan kemasan, merek, dan perizinan.

Program kewirausahaan terpadu 2024 bagi mitra UMKM di Jakarta Utara ini terus dirasakan manfaatnya. Para peserta UMKM terus berupaya meningkatkan keterampilan mereka di bidang pemasaran digital, seperti membuat platform digital yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha mereka. Salah seorang peserta, Ibu Sukatmi asal Tanjung Priok, mengatakan, “Usaha saya baru menggunakan satu media sosial, yaitu WhatsApp Bisnis. Saya bisa memasukkan foto-foto di katalog agar pelanggan saya dapat melihat jualan kue saya, seperti pai susu, pai coklat, dan brownies.”

Ketua Tim Pengabdian Universitas Indonesia, Dr. Muthia Pramesti, S.E., M.M., menjelaskan bahwa proses pendampingan para peserta masih berlangsung. “Sejauh ini, peserta cukup aktif. Mereka kadang menghubungi kami melalui chat atau telepon. Kami terus berkomunikasi dengan mereka melalui WhatsApp untuk menjawab pertanyaan yang beragam terkait digital marketing, mulai dari cara memfoto produk hingga mengupload foto produk di media sosial,” katanya.

Tahapan proses pendampingan kepada mitra UMKM di enam kecamatan di Jakarta Utara ini dilakukan dengan komunikasi menggunakan WhatsApp. Menurut Dr. Muthia Pramesti, “Proses pendampingan terus berlangsung, dan ada beberapa coach yang siap membantu, seperti Coach Gustina, Coach Dina, dan Coach Eny, yang siap memberikan bantuan jika para UMKM membutuhkan konsultasi.” Diharapkan, dalam pendampingan ini, mitra UMKM dapat memahami data analitik terkait bisnis online mereka untuk menghasilkan wawasan yang kemudian dapat digunakan untuk mengambil keputusan pengembangan bisnis.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada mitra UMKM agar mereka dapat mengoptimalkan potensi usaha mereka melalui pemasaran digital yang efektif. Pendampingan oleh para coach diharapkan dapat membantu peserta memahami analitik data bisnis online mereka.

Dengan adanya program ini, diharapkan para UMKM di Jakarta Utara dapat lebih siap bersaing di era digital dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi komunitas.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Dr. Muthia Pramesti, S.E., M.M.

Rizki Monita