Mahasiswa UI Harumkan Nama Indonesia, Raih Juara Dunia UNESCO Youth Hackathon 2024 di Yordania

Mahasiswa UI Harumkan Nama Indonesia, Raih Juara Dunia UNESCO Youth Hackathon 2024 di Yordania

 

Selasa, 5 November 2024 — Sebuah pencapaian membanggakan diraih oleh Tim MILBoard yang terdiri dari enam mahasiswa Universitas Indonesia, berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang UNESCO Global Youth Hackathon 2024. Berkompetisi dengan 203 proyek dari 68 negara di seluruh dunia, tim ini berhasil diundang ke UNESCO Global MIL Week Feature Conference 2024 pada 30-31 Oktober di Amman, Yordania, untuk mempresentasikan proyek mereka di hadapan para pemimpin global dunia.

Menghadiri Global MIL Week Feature Conference 2024 di Yordania

Sebagai bagian dari penghargaan ini, Fariz Nasution dan Rafi Aurelian berangkat ke Amman, Yordania, untuk mewakili Indonesia dan Universitas Indonesia di UNESCO Global MIL Week Feature Conference 2024. Di sana, mereka akan mempresentasikan MILBoard di hadapan para ahli literasi media dari seluruh dunia, serta berbagi wawasan mereka tentang pentingnya membangun generasi yang melek media digital. Kehadiran mereka menjadi momen bersejarah, mengingat tim ini adalah satu-satunya perwakilan Indonesia yang sukses menembus kompetisi global ini dan memberikan solusi yang berdampak luas.

Perjalanan Tim MILBoard Menuju Kemenangan

Inovasi ini lahir dari kerja keras tim MILBoard yang terdiri dari 6 mahasiswa Universitas Indonesia, yaitu Sobarisar Al Fariz Nasution (FEB UI 2022), Muhammad Rafi Aurelian R. (FISIP UI 2022), Salma Noorfitria Ningrum (FIA UI 2022), Dien Fitriani Azzahra (FASILKOM UI 2022), Dwiky Ahmad Megananta (FASILKOM UI 2022), dan Muhammad Faishal Adly N. (FASILKOM UI 2022). Tim MILBoard merancang sebuah alat edukasi yang menggabungkan permainan papan dan aplikasi untuk membangun kemampuan literasi media di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan MILBoard, anak-anak tidak hanya diajak untuk memahami informasi secara kritis, tetapi juga dibimbing dalam membedakan informasi yang benar dan salah di era digital ini.

Terinspirasi oleh berbagai tantangan yang dihadapi generasi muda di era digital, MILBoard menggabungkan format permainan papan tradisional seperti ular tangga dengan kartu tantangan dan fitur QR code. Melalui aplikasi selulernya, pengguna dapat melanjutkan pembelajaran mereka dengan mini-games dan latihan interaktif. Kombinasi ini memungkinkan siswa untuk memperdalam literasi media dengan cara yang menyenangkan, mendalam, dan relevan dengan kebutuhan mereka.

MILBoard: Solusi Edukasi Literasi Media untuk Generasi Muda

MILBoard adalah inovasi yang menggabungkan pembelajaran tradisional dan digital untuk menjawab kebutuhan akan literasi media di kalangan anak muda. Dengan permainan papan yang memperkenalkan konsep dasar literasi media serta aplikasi seluler yang memungkinkan eksplorasi lebih lanjut, MILBoard memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan penuh makna. Setiap tantangan dalam permainan dirancang untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan pemahaman media di kalangan pengguna muda, membantu mereka menjadi generasi yang siap menghadapi dunia informasi yang terus berkembang.