Rae Secioria Raih Gelar Doktor PPIM FEB UI dengan Penelitian Inovatif tentang Customer Value Co-Creation

Rae Secioria Raih Gelar Doktor PPIM FEB UI dengan Penelitian Inovatif tentang Customer Value Co-Creation

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (20/1/2025) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Rae Secioria yang berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana FEB UI, Senin (20/1).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Prof. Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. (Ko-Promotor I), Dr. M. Gunawan Alif (Ko-Promotor II). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Ketua Penguji), Prof. Dr. T. Ezni Balqiah, Gita Gayatri, Ph.D., Dr. Ignatius Heruwasto, dan Dr. Whony Rofianto.

Disertasi Dr. Rae, yang berjudul ‘Studi Customer Value Co-Creation Didalam Brand Community: Perspektif Service Logic’, menyajikan pandangan baru mengenai bagaimana brand community berkontribusi dalam pengembangan produk. Penelitian ini mengungkap bahwa keterlibatan aktif konsumen dalam proses co-creation dapat meningkatkan daya saing perusahaan.

Dalam penelitiannya, Dr. Rae menunjukkan bahwa pengalaman anggota brand community dapat menjadi sumber daya strategis bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan wawasan dari komunitas merek seperti Polygon dan Vespa, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang baru dalam pengembangan produk.

Hasil studi yang menggunakan pendekatan empiris dan menganalisis data dari 838 responden ini mengungkap bahwa brand community experience berperan penting dalam meningkatkan keterlibatan merek konsumen (customer brand engagement) dan menciptakan nilai bersama (customer value co-creation).

“Dengan pendekatan service logic, penelitian ini memberikan panduan bagi perusahaan untuk memahami dan memfasilitasi interaksi langsung maupun tidak langsung dalam komunitas merek. Ini merupakan langkah strategis untuk menciptakan nilai yang relevan dan berkelanjutan bagi konsumen,” tutur Dr. Rae.

Penelitian ini juga menawarkan kontribusi signifikan bagi literatur akademis terkait teori service logic. Di sisi lain, temuan ini memberikan wawasan praktis bagi perusahaan yang ingin menjadikan komunitas merek sebagai mitra strategis dalam inovasi produk.

Dengan ini, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Dr. Rae Secioria lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-341. Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Rae Secioria atas pencapaiannya yang luar biasa! Semoga penelitian ini menjadi inspirasi bagi akademisi dan praktisi untuk terus mengeksplorasi potensi besar dalam brand community.