Prof. Sri Rahayu Hijrah Hati: Tak Sekadar Logo Halal, Kualitas dan Nilai Produk Turut Jadi Penentu Konsumen Muslim Memilih Produk Kosmetik
Rifdah Khalisha – Humas FEB UI
Depok, 23 Juli 2025 – Selama ini, logo halal acap kali dianggap kunci utama dalam menarik konsumen Muslim untuk membeli kosmetik. Namun, nyatanya tak sesederhana itu. Penelitian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) membuktikan bahwa ada lebih banyak faktor yang memengaruhi sikap dan niat beli konsumen Muslim terhadap produk kosmetik halal.
Penelitian ini dilakukan oleh Guru Besar dan Dosen FEB UI Prof. Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. dengan judul “Looking at the Beauty of Halal through the Stimulus-Organism-Response Model and Gender Perspectives: The Case of Indonesian Muslim” yang melibatkan 635 responden Muslim di Indonesia.
Hasilnya cukup menarik, ditemukan bahwa persepsi kualitas, nilai iklan, dan logo halal berpengaruh positif terhadap sikap konsumen terhadap produk kosmetik halal. Namun, saat bicara terkait niat beli, hanya nilai iklan dan logo halal yang secara langsung memengaruhinya.
Lebih dalam lagi, riset ini mengungkap perbedaan mencolok antara konsumen pria dan wanita. Pria cenderung lebih terpengaruh oleh kekuatan nilai iklan, sedangkan wanita lebih mempertimbangkan persepsi kualitas produk dan logo halal saat bersikap maupun berniat membeli.
Oleh karenanya, penting bagi perusahaan kosmetik halal untuk menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan perbedaan gender dan memprioritaskan tampilan logo halal yang menonjol agar lebih tepat sasaran. Misalnya, pendekatan visual dan promosi untuk pria, kemudian jaminan mutu dan sertifikasi halal untuk wanita. Tindakan ini diharapkan dapat memengaruhi sikap dan niat beli konsumen Muslim di Indonesia secara positif.
Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang lebih menyoroti faktor internal dan kepatuhan beragama, penelitian ini lebih menekankan dampak intervensi pemasaran seperti kualitas produk, iklan, dan keberadaan logo halal.
Kini, konsumen semakin selektif saat mengambil keputusan, khususnya dalam pasar Muslim yang terus bertumbuh. Tampil menarik saja belum cukup, mereka tak hanya mencari produk yang berlogo halal, tetapi juga memerhatikan kualitas dan pesan yang sesuai dengan kebutuhannya. (hr)
Baca informasi penelitiannya lebih lengkap melalui tautan berikut bit.ly/BeautyofHalal.

