Ā Dalam pidato ilmiahnya yang berjudul, āGlobalisasi, Kekuatan Ekonomi Baru, dan Pembangunan Berkelanjutan: Implikasi bagi Indonesiaā, Prof. Mari Elka Pangestu, Ph.D. menyampaikan bahwa ekonomi kreatif adalah kekuatan baru ekonomi Indonesia untuk menjawab tantangan globalisasi dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Mari menguraikan bahwa tren pertumbuhan ekonomi global akan beralih dari sektor produksi dan komoditas menjadi pertumbuhan ekonomi yang berbasis nilai tambah yang inovatif dan kreatif.
Menurut Mari, definisi ekonomi kreatif adalah bagaimana kreativitas memperoleh imbalan ekonomi yang layak sehingga kreatifitas tersebut dapat terus berkembang. Bidang ekonomi kreatif terdiri dari 15 bidang, yaitu; kuliner, kerajinan, mode, penerbitan dan percetakan, seni rupa, penelitian dan pengembangan, arsitektur, periklanan, tv dan radio, musik, seni pertunjukan, desain, teknologi informasi, permainan interaktif, film, video, dan fotografi.
Ekonomi kreatif Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar bila dilihat dari angka statistik yang ada. Di tahun 2014, laju pertumbuhan ekonomi kreatif mencapai 5,8 % . Angka ini lebih besar dari angka pertumbuhan nasional saat itu, yaitu hanya sebesar 5,2 %.
Indonesia memiliki keunggulan karena mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar sebagai bahan dasar dari ekonomi kreatif. Sumber daya manusia Indonesia unggul dalam hal usia karena sebagian besar terdiri dari usia produktif sehingga ide-ide inovatif dapat tercipta dengan cepat. Namun, jika hanya mengandalkan hal tersebut, Indonesia akan dengan mudah tertinggal.
Menurut Mari, untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Indonesia dibutuhkan perubahan paradigma ekonomi yang tidak hanya berfokus pada modal ekonomi, tapi juga berfokus pada modal non-ekonomi seperti modal budaya, modal sosial, dan modal kreatif. Peran pemerintah juga besar dalam menciptakan lingkungan pasar, proses ekonomi kreatif, dan pengarsipan yang baik dalam mengembangkan ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif penting untuk dikembangkan agar pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berbudaya dapat terwujud. Ekonomi kreatif juga penting untuk dikembangkan agar Indonesia tidak tertinggal dalam tren globalisasi saat ini.
Penulis: Wanda Ayu