FEB UI dan University of Melbourne Rayakan Dua Dekade Kemitraan

FEB UI dan University of Melbourne Rayakan Dua Dekade Kemitraan

 

JAKARTA (28/6/2024) International Undergraduate Program Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (IUP FEB UI) bekerjasama dengan University of Melbourne (Unimelb) dengan bangga merayakan dua dekade (20 tahun) menjalin kemitraan yang berlangsung di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (27/6). Acara ini menyoroti kemitraan yang telah berlangsung lama dan keunggulan akademik yang dicapai melalui program double degree yang ditawarkan oleh kedua institusi.

Acara ini dihadiri oleh 66 alumni yang telah berhasil menyelesaikan program double degree, dan tamu VIP dari University of Melbourne yang hadir dalam perayaan ini termasuk di antaranya Professor Jennifer Grafton (Associate Dean in Global Engagement), Professor Bill Harley (Former Associate Dean in Global Engagement), Professor David Pitt (FBE – BCom Program Director & Director of the Center for Actuarial Studies), dan Jordie Sertic (Global Engagement and Partnership Officer).

Hadir pula dalam acara ini adalah mantan Wakil Dekan FEB UI, Prof. Benedictus Raksaka Mahi, Ph.D., mantan Ketua IUP Isfandiary Djafaar, S.E., M.Soc.Sc, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Vid Adrison, Ph.D., Ketua Program IUP Isfandiarni, Ph.D., dan Wakil Ketua Program IUP Fanny Martdianty, Ph.D., serta Putu Geniki L. Natih, D.Phil., Kepala Kantor Internasional Ventura & Kerja Sama.

Acara secara resmi dibuka langsung oleh Professor Grafton dengan pidato inspiratif yang menekankan pencapaian dan aspirasi masa depan dari kemitraan ini. Dalam sambutannya, Professor Grafton menekankan bahwa perayaan ini menandai awal dari serangkaian kegiatan kolaboratif yang menarik dengan UI. Dia mengumumkan bahwa sekitar 20 mahasiswa dari program FBE – BCom di University of Melbourne akan datang ke Indonesia untuk berpartisipasi dalam serangkaian workshops dan cultural immersion activities.

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D., memberikan sambutan penutup yang menyoroti esensi dari kemitraan selama dua dekade terakhir. Teguh mengatakan “Over the past two decades, our partnership has blossomed into a beacon of academic excellence and international cooperation. This enduring relationship has brought forth numerous opportunities for our students and faculty, including dual degree programs, exchange initiatives, joint research endeavors, and the esteemed presence of visiting fellows.”

Teguh melanjutkan, kemitraan ini menjadi simbol keunggulan akademik dan kerja sama internasional yang menghasilkan berbagai peluang bagi mahasiswa dan dosen, yang terus diperkuat melalui program-program inovatif dan forum seperti engaging with Indonesia 2020-2024.

Acara dilanjutkan dengan testimoni dari alumni Delbert Lim (Ilmu Ekonomi 2024), Nasya Kainama (Manajemen 2015), dan Karian Amanda Kurniawan (Akuntansi 2013), yang membagikan pengalaman mereka ketika berkuliah di kedua institusi serta perjalanan karier mereka setelah lulus. Pengalaman mereka menggambarkan bagaimana program double degree ini telah mempersiapkan mereka untuk berkarier dengan sukses di bidang masing-masing. Acara ditutup dengan dinner, bingo game, dan sesi foto.