Rencanakan Student Mobility Program, FEB UI Sambut Hangat Kunjungan UiTM Melaka

Rencanakan Student Mobility Program, FEB UI Sambut Hangat Kunjungan UiTM Melaka

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (09/07/2024) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menerima kunjungan dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Melaka, Malaysia pada Selasa (9/7). Kedatangan Wakil Rektor Bidang Akademik UiTM Cawangan Melaka, Dr. Mohammad Nor Afandi beserta jajarannya di Ruang Rapat Gedung Akuntansi Lantai 2, FEB UI Depok ini disambut oleh Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D. dan para pimpinan bidang terkait.

Wakil Rektor Bidang Akademik UiTM Cawangan Melaka, Dr. Mohammad Nor Afandi menjelaskan agenda utama kunjungannya bertujuan membahas potensi kolaborasi antar kedua institusi karena melihat kesamaan budaya Indonesia dan Malaysia. Kerja sama pendidikan ini berfokus pada kegiatan student mobility program, “Kami tertarik menyambut mahasiswa FEB UI untuk merasakan pengalaman belajar di UiTM Melaka selama dua minggu hingga satu semester.”

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D. dengan senang menyambut usulan tersebut, mengingat FEB UI pun telah memiliki hubungan erat dengan berbagai cabang UiTM. Harapannya, pertemuan ini membuahkan ide dan tindakan konkret menghasilkan sinergi positif, mendorong inbound maupun outbound student melalui skema program pertukaran mahasiswa (student exchange) dan program bergelar (study abroad). Tak terbatas pada mahasiswa, kerja sama pun dapat mencakup kolaborasi penelitian dan pertukaran staf.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Departemen Akuntansi Yulianti, Ph.D., “Kami berharap setelah pertemuan ini, baik FEB UI maupun UiTM Melaka dapat segera merumuskan kurikulum dan struktur program yang tepat. Setelah adanya kesepakatan bersama, kita dapat segera meresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Agreement.”

 

Ketua Program Kelas Khusus Internasional Dr. Isfandiarni menjelaskan bahwa FEB UI sangat terbuka dengan mahasiswa asing. Selain program kelas khusus internasional dengan jalur single degree dan double degree, FEB UI telah memiliki program internship exchange bersama National University of Singapore (NUS) yang sudah berjalan sejak 2023, “Pada program ini mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah di FEB UI, lalu merasakan pengalaman kerja nyata di perusahaan pilihannya di seluruh penjuru Indonesia. Terakhir, kami menerima 20 mahasiswa dari NUS.”

Sementara terkait riset, Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Dwi Nastiti Danarsari mengungkapkan, “Dalam hal hibah penelitian di tingkat kementerian dan universitas, kolaborasi dengan peneliti internasional sangat diperlukan untuk menerbitkan artikel. Saat ini, masih berjalan kerja sama hibah penelitian antara UI dan UiTM untuk memberikan dana kepada peneliti.”

Menutup paparan, Ketua Program Studi Magister Akuntansi-PPAk. Nureni Wijayati, Ph.D., C.A. mengenalkan program profesi milik FEB UI yang mendidik sarjana akuntansi untuk memperoleh gelar profesi Akuntan (Ak.), “FEB UI sebagai penyelenggara PPAk yang pertama dan terbesar di Indonesia menyusun kurikulum PPAk. berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KERPPA. Nantinya, mahasiswa yang telah lulus dari PPAk akan menerima ijazah dari Universitas Indonesia. Kemudian, dapat mendaftarkan diri ke Departemen Keuangan untuk mendapatkan nomor register Akuntan dan berhak menyandang gelar profesi Akuntan (Akt).”