Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Tetap FEB UI, Prof. Viverita Soroti Peran Penciptaan Likuiditas dalam Meningkatkan Stabilitas Bank

Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Tetap FEB UI, Prof. Viverita Soroti Peran Penciptaan Likuiditas dalam Meningkatkan Stabilitas Bank

 

DEPOK – (17/7/2024) Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor R 48500/M/07/2024, Prof. Viverita, S.E., M.M., Ph.D. resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) di bidang Ilmu Manajemen, Prosesi pengukuhan digelar pada Rabu (17/7) di Balai Sidang, Kampus Universitas Indonesia Depok.

Pada prosesi pengukuhannya, Prof. Viverita membawakan pidato yang bertajuk ‘Peran Penciptaan Likuiditas dalam Meningkatkan Stabilitas Bank’. Melalui pidatonya tersebut, Prof. Viverita mengupas tuntas teori modern intermediasi keuangan dengan fokus pada dua peran utama bank dalam perekonomian: sebagai kreator perekonomian melalui transformasi kewajiban likuid menjadi aset tidak likuid dan sebagai pelaku transformasi risiko melalui pengubahan simpanan berisiko rendah menjadi pinjaman berisiko tinggi. Prof. Viverita menyoroti pentingnya tingkat likuiditas perbankan sebagai indikator utama dalam perekonomian dan dampaknya terhadap penyaluran kredit serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Prof. Viverita juga menguraikan berbagai metode pengukuran penciptaan likuiditas perbankan, termasuk penggunaan skema on-balance sheet dan off-balance sheet. Studi yang dilakukan menunjukkan perbedaan dalam tingkat penciptaan likuiditas antara bank syariah dan bank konvensional, serta peran signifikan bank milik pemerintah dalam menciptakan likuiditas terutama saat krisis pandemi.

Lebih lanjut, Prof. Viverita juga memaparkan risiko yang terkait dengan penciptaan likuiditas dan stabilitas bank karena melibatkan proses pendanaan aset tidak lancar dengan liabilitas lancar. Beberapa hal yang patut diperhatikan adalah pentingnya kehati-hatian dalam pengawasan dan pengelolaan bank karena adanya the ongoing effect dan delayed effect, Selanjutnya, regulasi yang memudahkan serta bantuan yang diberikan saat masa krisis terbukti mampu meningkatkan stabilitas bank secara temporer. Kemudian, pentingnya pengetatan persyaratan penyaluran likuiditas untuk membatasi perilaku pengambilan risiko yang berlebihan oleh manajemen bank, serta meningkatkan kerangka manajemen risiko perbankan yang bisa memastikan penciptaan likuiditas tidak meningkatkan profil risiko bank.

Dalam perjalanan kariernya, Prof. Viverita telah memegang berbagai jabatan penting, termasuk Sekretaris Departemen Manajemen, Sekretaris Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen, anggota Senat Akademik Universitas dan sebagai Ketua Senat Akademik FEB UI sejak Juni 2024. Dedikasinya dalam bidang akademik diakui dengan berbagai penghargaan bergengsi, seperti Best Paper Award di berbagai konferensi internasional sampai dengan tahun 2024 dan Sadli Endowed Professorship Award 2021. Atas dedikasinya tersebut, Prof. Viverita resmi diangkat sebagai Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), dengan spesialisasi dalam ilmu keuangan dan perbankan.