FEM UNIDA Gontor Benchmarking Kurikulum ke Program Studi IEI dan BI FEB UI untuk Implementasi Kurikulum Baru 2025

FEM UNIDA Gontor Benchmarking Kurikulum ke Program Studi IEI dan BI FEB UI untuk Implementasi Kurikulum Baru 2025

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (16/7/2024) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menerima kunjungan studi banding dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam (FEM UNIDA) Gontor dalam rangka curriculum benchmarking ke program studi Ilmu Ekonomi Islam (IEI) dan Bisnis Islam (BI) FEB UI pada Selasa (16/7) di ruang rapat Prof. MR. Djokosoetono, Gedung Dekanat FEB UI.

Dekan FEM UNIDA Gontor Dr. Hartomi Maulana menjelaskan maksud dan tujuan melakukan curriculum benchmarking ke program studi IEI dan BI FEB UI bahwa FEM UNIDA Gontor akan melakukan review kurikulum yang kedua pada tahun 2024. Review kurikulum pertama sudah dilakukan pada 2021. Dalam hal ini, FEM UNIDA ingin menyelaraskan mata kuliah yang terintegrasi dengan perspektif islam sesuai prodi IEI dan BI terapkan.

Tomi melanjutkan, tujuan curriculum benchmarking ini ialah belajar, sharing knowledge, bertukar informasi untuk menggali informasi yang dimiliki prodi IEI dan BI FEB UI berupa kurikulum, profil lulusan, capaian pembelajaran lulusan, persebaran-persebaran mata kuliah, program kelas internasional, hingga proposal akreditasi internasional AACSB.

“Hasil dari curriculum benchmarking ke IEI dan BI FEB UI akan direview di internal kami untuk dilakukan analisis terhadap kurikulum baru yang ingin diterapkan ke mahasiswa dan dosen serrta akan dimplementasikan atau digunakan mulai tahun 2025,” kata Tomi.

Tomi mengungkapkan akan terus bekerja sama dengan FEB UI khususnya prodi IEI dan BI melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi di level fakultas dengan mengggunakan Memorandum of Agreement (MoA) lalu diturunkan menjadi implementasi kerja sama. Selain itu, menjalin kerja sama juga dalam Tri Dharma bidang penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

Turut hadir dari pihak FEB UI, yaitu Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Arief Wibisono Lubis, Ph.D.; Ketua Departemen Manajemen Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra; Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Tika Arundina Aswin, Ph.D.; Ketua Program Studi Bisnis Islam Nur Dhani Hendranastiti, Ph.D.; dan Lisa Listiana, Ph.D., Dr. Risna Triandhari, Ronald Rulindo, Ph.D., Nurzaman, Ph.D. Selain itu, dari pihak FEM UNIDA Gontor, yakni Dekan Dr. Hartomi Maulana; Wakil Dekan II M. Kurnia Rahman Abadi, Ph.D.; Ketua Program Studi Ekonomi Islam Dr. Mufti Afif; Ketua Program Studi Manajemen Dr. Yayan Firmansah; dan Ahmad Setiyono, M.M., Ahmad Suminto, M.E., M. Zen Nasrudin Fajri, M.Ec.