Metode pembelajaran dengan studi kasus sangat umum digunakan di berbagai sekolah bisnis di seluruh dunia, terutama pada program magister yang berorientasi praktis. Namun demikian, karena terbatasnya jumlah kasus dengan konteks Indonesia, sekolah bisnis-sekolah bisnis di Indonesia kebanyakan menggunakan studi kasus perusahaan-perusahaan di luar negeri, yang terkadang kurang relevan dengan kondisi lingkungan bisnis di Indonesia. Sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan jumlah studi kasus dengan konteks Perusahaan/organisasi di Indonesia, FEB UI mengembangkan berbagai studi kasus dengan konteks Indonesia, sehingga dapat meningkatkan relevansi antara teori yang dipelajari di kelas dengan aplikasinya di industri, dan para mahasiswa dapat menarik pelajaran dari masalah-masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Penerbitan studi kasus ini merupakan bagian dari usaha FEB UI untuk secara berkesinambungan mencetak inclusive, relevant & reputable leaders. Penerbitan studi kasus diharapkan juga dapat meningkatkan engagement dengan industri, memberikan solusi yang inovatif, serta berdampak signifikan baik bagi industri ataupun bagi pendidikan ekonomi dan bisnis di Indonesia, yang juga merupakan requirement dari berbagai akreditasi internasional yang telah dimiliki oleh FEB UI, yaitu Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), Association of MBAs (AMBA), dan The Alliance of Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21).
Studi kasus ini merupakan kontribusi FEB UI bagi pengembangan pendidikan ekonomi dan bisnis di Indonesia, yang diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi berbagai pihak yang tertarik untuk memahami kompleksitas dunia ekonomi dan bisnis di Indonesia.
Untuk Teaching note kasus ini bisa didapatkan di CELEB FEB UI melalui email celeb-febui@ui.ac.id
Gedung Departemen Ilmu Ekonomi Lantai 2
Kampus UI Depok