Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) menyelenggarakan program S2 bergelar Magister Sains Manajemen (MSM) yang terdiri dari empat bidang peminatan: (1) Keuangan dan Perbankan, (2) Digital Marketing and Analytics, (3) Human Capital Management, dan (4) Manajemen Strategi. PPIM menyusun kurikulum keempat bidang tersebut dengan tujuan agar para lulusannya mampu memberi kontribusi signifikan dalam era bisnis digital saat ini. Para lulusan Program S2 PPIM telah menunjukkan kiprahnya di berbagai bidang, baik sebagai praktisi, akademisi, maupun pengambil kebijakan. PPIM juga menawarkan Program S2 gelar ganda (dual-degree) dengan perguruan mitra di luar negeri, seperti The University of Melbourne, Australia.

Program Studi Magister Ilmu Manajemen memiliki Akreditasi UNGGUL berdasarkan No. SK No. 129/DE/A.5/AR.10/XII/2022 (29 Desember 2022 – 29 Desember 2027).

Visi

Menjadi Program Studi Magister berbasis pengajaran dan penelitian dalam ilmu manajemen dan bisnis yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional.

Misi

  1. Melaksanakan pengajaran berlandaskan perkembangan ilmu manajemen dan bisnis terkini terutama pada era ekonomi digital;
  2. Melaksanakan penelitian bertaraf nasional atau regional yang relevan pada era ekonomi digital;
  3. Menghasilkan lulusan yang berkomitmen untuk menjaga integritas dan kejujuran akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Peminatan

Reguler/Pagi dan Khusus/Malam

  • Keuangan dan Perbankan
  • Digital Marketing and Analytics
  • Human Capital Management
  • Manajemen Strategi*
  • DUAL DEGREE PROGRAM (Master of International Business-The University of Melbourne dan Magister Sains Manajemen-FEB Universitas Indonesia)

Note * :  Hanya ada untuk kelas Khusus/Malam

Informasi Peminatan

  • Keuangan dan PerbankanProgram studi menawarkan mata ajar yang berkaitan erat dengan dasar-dasar pemahaman teori keuangan dan perbankan serta penerapannya secara empirik untuk isu-isu terkini baik di Indonesia maupun di dunia.
  • Digital Marketing and AnalyticsProgram studi menawarkan pendekatan berbasis digital untuk menganalisis serta memformulasikan respon yang diperlukan dalam pengembangan pemasaran serta aspek yang relevan dalam industri.
  • Human Capital Management Program studi menawarkan teori pengelolaan Human Capital dalam suatu entitas dengan mempertimbangkan aspek perkembangan teknologi.
  • Manajemen StratejikProgram studi menawarkan pembahasan teoretis dan empiris yang berkaitan dengan isu-isu stratejik yang mempengaruhi lingkup operasional perusahaan. Termasuk didalamnya adalah implikasi perkembangan teknologi dalam manajemen.

Mata Kuliah dan Kurikulum

Keuangan dan Perbankan

Semester 1 :
Keuangan Perusahaan (3 SKS)
Analitika dan Pembentukan Portfolio (3 SKS)
Metode Penelitian dalam Manajemen (3 SKS)
Metode Kuantitatif Keuangan dan Perbankan (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 2 :
Analisa Laporan Keuangan (3 SKS)
Bank dan Perantara Keuangan Non-Tradisional (3 SKS)
Ekonometrika Keuangan Terapan (3 SKS)
Pendapatan Tetap, Derivatif, dan Efek Beragun Aset (3 SKS)

Semester 3 :
Manajemen Stratejik (3 SKS)
Mata Kuliah Pilihan (Pilih 1 MK atau 3 SKS) :
Pemodelan Risiko (3 SKS)
Mata Ajar di MM FEB UI (3 SKS)

Semester 4 :
Publikasi Hasil Riset (2 SKS)
Tesis (4 SKS)

Digital Marketing and Analytics

Semester 1 :
Perilaku Konsumen di Era Digital (3 SKS)
Riset Pemasaran di Era Digital (3 SKS)
Strategi Branding di Era Digital (3 SKS)
Metode Penelitian dalam Manajemen (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 2 :
Analitik Pemasaran (3 SKS)
Pemasaran Sosial di Era Digital (3 SKS)
Pemasaran Omni Channel (3 SKS)
Komunikasi Pemasaran Terpadu di Era Digital (3 SKS)

Semester 3 :
Manajemen Stratejik (3 SKS)
Mata Kuliah Pilihan (Pilih 1 MK atau 3 SKS) :
Pemasaran Jasa dan Hospitality (3 SKS)
Mata Ajar di MM FEB UI (3 SKS)

Semester 4 :
Publikasi Hasil Riset (2 SKS)
Tesis (4 SKS)

Human Capital Management

Semester 1 :
Kepemimpinan Strategis (3 SKS)
Manajemen SDM untuk Keunggulan Daya Saing (3 SKS)
Perilaku Organisasi dan Proses Perubahan (3 SKS)
Metode Penelitian dalam Manajemen (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 2 :
Metode Kuantitatif Untuk SDM (3 SKS)
Pengembangan Talent (3 SKS)
Manajemen Kinerja (3 SKS)
Strategi staffing and outsourcing (3 SKS)

Semester 3 :
Manajemen Stratejik (3 SKS)
Strategi Kompensasi dan Benefit (3 SKS)

Semester 4  :
Publikasi Hasil Riset (2 SKS)
Tesis (4 SKS)

Manajemen Strategi

Semester 1 :
Metode Penelitian dalam Manajemen (3 SKS)
Proses Strategi (3 SKS)
Perilaku Organisasi dan Proses Perubahan (3 SKS)
Lingkungan Bisnis Dinamis (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 2 :
Seminar Etika Bisnis dan Kapital Sosial (3 SKS)

Metode Kuantitatif Untuk Manajemen Stratejik (3 SKS)
Restrukturisasi Perusahaan (3 SKS)
Manajemen Stratejik (3 SKS)

Semester 3 :
Mata Kuliah Pilihan (Pilih 2 MK atau 6 SKS) :
Kepemimpinan Strategis dan Kompetensi (3 SKS)
Kewirausahaan dan Strategi (3 SKS)
Manajemen SDM untuk Keunggulan Daya Saing (3 SKS)
Mata Ajar di MM FEB UI (3 SKS)

Semester 4 :
Publikasi Hasil Riset (2 SKS)
Tesis (4 SKS)

Lama Studi

  • Kelas Reguler (4 Semester)
  • Kelas Khusus (4 Semester)

Profil Lulusan

Magister Sains Manajemen (MSM) yang mampu mengevaluasi permasalahan Manajemen Bisnis dengan memilih teori manajemen dan metode empiris terkini, serta menghasilkan dan mendiseminasikan kajian ilmiah yang bersifat kritis dan memuat pemecahan masalah melalui pendekatan inter- atau multidisipliner.

Informasi

Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Manajemen
Gedung Pascasarjana Lantai 2 – FEB UI
Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo
16424, Depok, Jawa Barat
Telp. (+62 21) 7270 164
HP (WA) : +62 81 3846 60299
Website : https://ppim.feb.ui.ac.id/
Email     : gsm.feb@ui.ac.id
Instagram : @ppimfebui
Microsite : s.id/ppimfebu