ANTAM dan UKMC buat Pelatihan Digital Marketing

Untuk mengembangkan pasarnya, UMKM harus mampu terjun ke dalam dunia maya dan memiliki trik-trik khusus untuk dapat memikat lebih banyak pelanggan untuk membeli produknya. Namun, terdapat masalah pokok yang dihadapi oleh para UMKM ini yaitu kebanyakan dari mereka masih belum mengenal teknologi atau gaptek (gagap teknologi). Oleh karena itu, pada tanggal 12 November 2016 bertempat di Hotel Santika Depok, UKM Center FEB UI bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang (ANTAM), Tbk. mengadakan event Workshop Digital Marketing“.

Event ini diikuti oleh 40 mitra binaan bersama UKM Center FEB UI dan PT. ANTAM, Tbk. dan turut dihadiri oleh Ir. Agus Yulianto, M.M. selaku VP CSR PT. ANTAM, Tbk., T.M. Zakir Machmud, Ph.D. selaku Kepala UKM Center FEB UI dan Dr. Rambat Lupiyoadi selaku Wakil Kepala UKM Center FEB UI. Sebagai pembuka, T.M. Zakir Machmud membahas mengenai pentingnya peran UMKM dalam pasar global dan mengapa mereka harus mulai memasuki dunia digital sebagai langkah baru untuk pengembangan usaha. Senada dengan itu, Agus Yulianto menyampaikan bahwa untuk dapat lebih berkembang, UMKM perlu mempelajari teknologi sehingga tidak tertinggal, terus bertahan dan menjadi usaha yang besar.

Dalam sesi pertama, workshop ini menghadirkan Isparmo, seorang pakar internet marketing yang sudah lama malang melintang di dunia marketing melalui dunia maya. Isparmo mengajarkan bagaimana mengolah Facebook yang digunakan sehari-hari agar menjadi salah satu alat untuk memasarkan produk yang dimiliki oleh UMKM. Mulai dari membuat halaman untuk promosi produk, hingga sampai trik dan tips berjualan menggunakan Facebook.

Dalam sesi kedua menghadirkan seorang praktisi dan juga pelaku usaha dari Bukalapak yaitu Teguh Awee. Teguh Awee sendiri merupakan seorang pelapak yang beberapa tahun terakhir menggeluti dunia perdagangan melalui platform yang disediakan oleh Bukalapak. Teguh menceritakan keuntungan dalam berjualan online dan memberikan tips untuk bisa lebih mudah memenangkan persaingan dalam berjualan di dunia maya. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang dilakoni selama melapak, Teguh memberitahu cara untuk dapat menyiasati agar produk dapat selalu muncul di dalam pencarian produk oleh Bukalapak. Salah satu yang menarik adalah dengan menggunakan kata kunci yang pas dengan apa yang dibutuhkan oleh orang.