Pengaruh Aktivitas di Dalam Virtual Community terhadap Brand Loyalty: Sebuah Pendekatan Theory of Planned Behavior dan Model of Goal-Directed Behavior

Pengaruh Aktivitas di Dalam Virtual Community terhadap Brand Loyalty: Sebuah Pendekatan Theory of Planned Behavior dan Model of Goal-Directed Behavior

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Rindradana Rildo (1106045456), di gedung Pascasarjana ruang 401-403, pada Jumat (25/5/2018).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Dr. Ign. Heruwasto (Ko- Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Sofjan Assauri (Ketua Penguji), Prof. I.G.N Agung, Ph.D., Harryadin Mahardika, Ph.D., Dr. Nurdin Sobari, dan Dr. Putu Saroyeni

Judul disertasi yang diangkat mengenai Pengaruh Aktivitas di Dalam Virtual Community terhadap Brand Loyalty: Sebuah Pendekatan Theory of Planned Behavior dan Model of Goal-Directed Behavior

Penelitian ini bertujuan memperkaya kajian tentang komunitas virtual dan hubungannya dengan loyalitas seseorang terhadap sebuah merk, dengan meneliti faktor-faktor aktivitas individu di dalam sebuah komunitas virtual. Penelitian ini dilakukan juga dengan tujuan untuk mengurangi gap persepsi mengenai loyalitas dan anteseden pembentuk loyalitas, khususnya dari segi proses pencarian infromasi dan perilaku hedonisme. Adapun pendekatan teroritis utama di dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior dan Modell of Goal Directed Behavior dan mengaplikasikannya dalam model yang mengkaji bagaimana perilaku individu di dalam sebuah komunitas virtual mempengaruhi preferensi konsol video game.

Penelitian kuantitatif dilakukan dalam bentuk survei, dengan unit analisis komunitas merek dan non merek di media sosial. Sampel penelitian diambil dari 3 komunitas video game (2 non-merek, 1 merek) dengan jumlah 220 responden. Pengujian hipotesis memakai Structural Equation Modeling (SEM) dengan menguji bersama-sama model yang terdiri dari variabel independen dan dependen. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa perilaku hedonisme seorang individu di dalam komunitas virtual tidak berpengaruh signifikan dalam membentuk loyalitas. Di sisi lain, penelitian ini menunjukan anteseden yang membentuk loyalitas terhadap suatu merek adalah perilaku mencari informasi.

Kontribusi manajerial dari penelitian ini adalah  menunjukan bahwa di dalam aktivitasnya di sebuah komunitas virtual, seorang individu lebih terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnya rasional yang dalam penelitian ini dicerminkan melalui proses pencarian infomasi. Selain itu, variabel norma subjektif dan kontrol terhadap perilaku tidak menunjukan pengaruh signifikan terhadap perilaku yang mencerminkan loyalitas.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Rindradana Rildo (1106045456) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-251 dengan kekhususan Ilmu Manajemen Pemasaran. (Des)