MEKK FEB UI Gelar Kuliah Umum Globalisasi dan Demografi di Era Ekonomi Digital

MEKK FEB UI Gelar Kuliah Umum Globalisasi dan Demografi di Era Ekonomi Digital

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK (16/10/2018) ─ Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MEKK FEB UI) menyelenggarakan kuliah umum yang berlangsung di ruang PGN, Departemen Ilmu Ekonomi, pada Selasa (16/10/2018).

Pemateri dalam kuliah umum ini ialah Prof. DR. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D., selaku Guru Besar FEB UI. Di dalam kuliah umum kali ini Prof. DR. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Ph.D., membahas mengenai “Isu Globalisasi dan Demografi dalam Masa Ekonomi Digital” terkait bagaimana strategi Indonesia dalam mengkombinasikan variabel-variabel ekonomi agar mendapatkan suatu gerakan ekonomi yang diinginkan.

Indonesia saat ini masuk kedalam kelompok emerging market. Emerging market economy adalah negara dengan ekonomi rendah menuju ke level menengah pendapatan per kapita. Negara tersebut 80% dari populasi global dan mewakili sekitar 20% dari ekonomi dunia.

“Salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk menilai apakah suatu negara dapat disebut emerging market adalah level of income. Dimana negara emerging market memiliki level of income antara low sampai middle,” tutur Dorodjatun.

Indonesia perlu memperhatikan human resource development, karena saat ini masyarakat Indonesia masih banyak yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD). Rasio sekolah terhadap murid kita termasuk bagus namun yang bisa mencapai jenjang kuliah masih sedikit. “Jika Indonesia ingin keluar dari middle income trap harus mengembangkan kualitas pendidikannya, karena tidak mungkin keluar dari middle income trap tanpa pendidikan tersier,” tutupnya. (Des)