FEB UI Punya 3 Program Pascasarjana Unggulan untuk Jadi Ekonom Profesional

FEB UI Punya 3 Program Pascasarjana Unggulan untuk Jadi Ekonom Profesional

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

Jakarta – Menjadi seorang profesional yang mendalami suatu bidang keahlian tentu menjadi nilai tambah bagi seseorang. Sebab, hidup tidak hanya sekedar mencari kesejahteraan dan pengembangan diri untuk terus menjadi lebih baik perlu menjadi pertimbangan.

Profesional eksekutif muda turut menjadi hal yang diidamkan banyak anak muda yang memiliki visi besar dalam hidupnya. Termasuk menjadi ekonom profesional yang kini sangat dibutuhkan Indonesia agar dapat memberikan kontribusi dan sinergi pada pertumbuhan ekonomi.

Maka salah satu kampus terkemuka di Indonesia, Universitas Indonesia menawarkan program unggulannya melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Berikut pilihannya.

 

Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIE FEB UI)

Program yang ditawarkan oleh PPIE FEB UI terdiri dari dua kategori, yaitu program dalam negeri, menawarkan peminatan pada 7 bidang, di antaranya Ekonomi Moneter & Keuangan, Ekonomi Internasional, Ekonomi Regional & Perkotaan, Ekonomi Publik, Ekonomi Industri, Ekonomi Tenaga Kerja, dan Ekonomi Pembangunan. Sedangkan, Program Magister Joint Degree, bekerja sama dengan beberapa universitas asing, seperti dari Jepang, Australia, Belanda dan Amerika Serikat.

Beragam prestasi telah ditorehkan dari PPIE FEB UI, seperti menjadi peringkat 1 Master Program in Economics di Indonesia berdasarkan Eduniversal Master Ranking. Prospek kerja dari lulusan PPIE FEB UI bila dilihat dari persentase, didominasi oleh institusi pemerintahan atau PNS sebesar 80%.

Kemudian, Pengajar sebesar 10%, BUMN 5%, Perusahaan Swasta 3%, dan Entrepreneur 2%. Program ini, menargetkan lulusannya untuk mampu mampu menyusun analisis ekonomi dengan landasan kerangka teoritis dan metode empiris yang tepat dan terkini dan mengelola riset ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapatkan pengakuan nasional.

Keunggulan PPIE FEB UI antara lain mahasiswa S-2 dan S-3 bisa menjadi bagian dari sivitas akademika yang berkesempatan interaksi dengan para prominent scholar dari dalam maupun luar negeri.

 

Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIM FEB UI)

Program ditawarkan oleh PPIM FEB UI untuk Jenjang S-2 menawarkan 5 kekhususan, meliputi Keuangan, Perbankan, Pemasaran, Stratejik Korporasi, dan Sumber Daya Manusia dengan melalui sistem perkuliahan dan penulisan tesis selama 3 semester untuk kelas regular dan 4 semester untuk kelas khusus.

Sedangkan untuk Jenjang S-3 (Doktor), meliputi Stratejik Korporasi, Pemasaran, dan Keuangan & Perbankan dengan melalui sistem perkuliahan selama 2 semester dan masa penelitian dalam waktu 4 semester.

Prestasi yang pernah dimiliki oleh PPIM FEB UI, baik mahasiswa S-2 atau S-3 telah meraih Best Paper Awards dalam ajang seperti ICBMR 2017, IFA 2017, maupun seminar tingkat nasional lainnya. Selain itu, beberapa mahasiswa juga melakukan presentasi paper tingkat internasional, seperti di University of Malaya dan Thammasat University.

PPIM FEB UI telah menjadi yang terbaik nomor satu di Indonesia berdasarkan peringkat UI di Asia ke-54 dengan skor 78,2 dari 426 universitas di Asia. Prospek kerja atau lulusan dari PPIM FEB UI bila dilihat dari persentase masih didominasi oleh pengajar (dosen atau guru) sebesar 40%. Kemudian, diikuti oleh BUMN sebesar 15%, perusahaan swasta sebesar 15%, institusi pemerintahan atau PNS sebesar 10%, dan entrepreneurship sebesar 10%.

Setelah lulus, alumni juga dapat bergabung dengan asosiasi sesuai kekhususan, seperti IMSA (Indonesia Marketing Scholars Association), AFI (Asosiasi Finansial Indonesia), dan Indonesia Strategic Management Society (ISMS) untuk dapat memperoleh jaringan penelitian maupun karier. Selain itu, memiliki jaringan dengan Dosen Tetap FEB UI untuk dapat melanjutkan di bidang penelitian atau untuk mengajar sebagai dosen.

 

Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIA FEB UI)

Jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah S-2 dan S-3 yang berfokus menyiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli akuntansi dengan kualitas yang tinggi dan diakui secara internasional. Selain itu, diharapkan dapat menduduki posisi strategis di institusi-institusi terkemuka, terutama institusi penelitian dan pendidikan.

Mahasiswa diharapkan mampu untuk merancang, mengembangkan, dan melaksanakan ide dan penelitian orisinil dalam bidang akuntansi, sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan pemikiran dan profesi akuntansi. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Adapun prestasi yang pernah diraihnya, yaitu Beberapa mahasiswa S-2 dan S-3 mendapatkan Best Paper Award dari konferensi yang diselenggarkan di tingkat national amaupun internasional. PPIA FEB UI memiliki gelar akademik doktor dengan track record penelitian internasional, resources yang tersedia untuk kegiatan penelitian sangat lengkap dibandingkan entitas pendidikan Pascasarjana secara umum. Selain itu, Program S-2 PPIA memiliki Program Joint Degree dan Double Degree dengan universitas Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda dan The University of Queensland, Australia.

Kegiatan belajar mengajar di program ini juga dilengkapi dengan riset-riset terkini yang relevan, tersedianya sumber referensi untuk jurnal atau lainnya yang sangat lengkap, terdapat Forum Riset Akuntansi sebagai wadah untuk mahasiswa dalam berdiskusi suatu penelitian dalam meningkatkan keterampilan riset.

Prospek kerja atau lulusan dari PPIA FEB UI bila dilihat dari persentase masih didominasi oleh pengajar (dosen atau guru) sebesar 45%. Kemudian, diikuti oleh institusi pemerintahan atau PNS sebesar 35%, dan perusahaan swasta sebesar 15%. Setelah lulu, alumni juga berpotensi bekerja di lingkungan akademis, entitas bisnis, maupun entitas nirlaba.

Daftarkan diri Anda untuk MENJADI mahasiswa Pascasarjana antara tiga Program Studi yang ada di FEB UI (PPIE, PPIM, dan PPIA) melalui www.penerimaan.ui.ac.id atau simak.ui.ac.id dan mengikuti tes SIMAK UI untuk Jenjang Pascasarjana yang akan dibuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2019 pada Februari 2019. (Des)