LPEM FEB UI Rayakan Hari Jadi Ke-65 dengan Resmikan Taman Diklat

LPEM FEB UI Rayakan Hari Jadi Ke-65 dengan Resmikan Taman Diklat

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia merayakan hari jadi ke-65 tahun sekaligus meresmikan Taman Diklat LPEM FEB UI yang berlangsung di Gedung Diklat LPEM FEB UI, pada Jumat (14/12/2018).

Kepala LPEM FEB UI, Riatu M. Qibthiyyah, Ph.D., memberikan sambutan bahwa di hari jadi LPEM FEB UI ke-65 tahun diharapkan seluruh staf peneliti, struktur organisasi, dan karyawan semakin kuat dan tangguh dalam bekerjasama dalam menunjang dan melakukan penelitian. Selain itu, kita juga resmikan Taman Diklat yang berada di Gedung Diklat ini diharapkan agar adanya eksternalitas positif antara LPEM FEB UI, peneliti, maupun lingkungan sekitar.

Guru Besar FEB UI, Prof. Dorodjatun Kuntjoro Jakti, Ph.D., mengatakan sepanjang perjalanan LPEM FEB UI dari dahulu sampai sekarang sudah banyak mencetak lulusan-lulusan yang berkarier di perusahaan besar seperti Medco. Selain itu, selama berkarier di LPEM FEB UI, Ia merasa asik dan nyaman. Sampai saat ini, Ia juga masih mempergunakan semua ilmu yang diperoleh dari LPEM FEB UI untuk mengendalikan perusahaan.

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D., menambahkan bahwa tantangan LPEM FEB UI saat ini berbeda dengan zaman dahulu, tetapi semangatnya selalu terdepan. Apapun perubahan lingkungan yang terjadi kita berharap bahwa LPEM FEB UI tetap menjadi terdepan di Negara ini sebagai lembaga penyelidikan. Selain itu, terdepan juga dari sisi volume penghasilan, kontribusi, dan dapat menularkan semangat juang ke lembaga-lembaga lainnya di FEB UI.

 

Cerita di Balik Peresmian Renovasi Taman Diklat LPEM FEB UI

Ide dari merenovasi Taman Diklat berawal dari kondisi taman yang berada di Gedung Diklat kurang terawat dan banyaknya rumput liar. Selain itu, apabila peniliti atau tamu lainnya yang berkunjung ke LPEM FEB UI ingin melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan agak bingung mengambil background atau spot foto yang bagus di LPEM FEB UI. Dari situ barulah terpikir untuk merenovasi taman tersebut sebagai ikon atau kawasan hijau di LPEM FEB UI tepatnya berada di Gedung Diklat.

Menurut Christine Tjen (Wakabid Administrasi dan Keuangan LPEM FEB UI), renovasi Taman Diklat ini dilakukan pada tahun 2018. Dana renovasi yang digunakan berasal dari anggaran pribadi milik LPEM FEB UI dengan menghabiskan dana sekitar 30 juta rupiah.

Peresmian Taman Diklat ini dilakukan tepat pada perayaan hari jadi LPEM ke-65 tahun. “Ini dilakukan sekaligus mengajak dan mengundang para peneliti untuk melihat dan mengenalkan Taman Diklat ini, karena selama ini para peneliti belum meIihat isi dari Gedung Diklat dan hanya melihat gedung utama saja,” tutup Christine Tjen dalam keterangannya saat di wawancara di Lobi Utama LPEM FEB UI. (Des)