Visitasi Akreditasi PPIM FEB UI Dapatkan Penilaian Positif dari Tim Asesor

Visitasi Akreditasi PPIM FEB UI Dapatkan Penilaian Positif dari Tim Asesor

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEB UI melaksanakan visitasi akreditasi yang diasesori oleh Prof. Dr. Marwan Asri (Guru Besar UGM) dan Prof. Dr. Made Sudarma (Guru Besar UnBraw) yang berlangsung di ruang Prof. MR. Djokosoetono, Gedung Dekanat dan Gedung Pascasarjana, lantai 3, pada Jumat (24/5/2019).

Dekan FEB UI, Ari Kuncoro memaparkan bahwa kampus FEB UI memperoleh 3 akreditasi, yaitu BAN-PT dengan keseluruhan terakreditasi A (kecuali 2 Prodi baru), Assessment AUN QA terkatagori baik, nilai 4,7-4,9 untuk prodi S-1 Ilmu Ekonomi, S-1 Akuntansi, dan S-1 Manajemen. Kemudian, akreditasi ABEST (excellent) dan AMBA untuk S-2 MM.

“Saat ini, FEB UI sedang menempuh perjalanan akreditasi Assurance of Learning (AoL) untuk AACSB. Dimulai dari penguploadan AoL Assessment to ISER and Revised ISER yang dibuat oleh AACSB sebagai laporan ISER dengan menggunakan 10 Prodi, antara lain untuk S-1 yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi. S-2 MM, PPIM, Maksi, PPIA, dan MPKP. S-3 PPIM dan PPIA. Kedepannya, sedang proses pembuatan AoL Assessment Update yang akan dikirim pada 15 Agustus 2019 dengan menggunakan penambahan 2 Prodi, di antaranya S-1 Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam,” tutur Ari Kuncoro.

Ketua Program Studi S-2 & S-3 PPIM, Irwan Adi Ekaputra mengatakan PPIM FEB UI mempunyai 4 tujuan, pertama menyelenggarakan kegiatan pengajaran agar menghasilkan lulusan yang mampu mengevaluasi permasalahan manajemen dengan memilih teori dan metode yang sesuai, baik untuk tujuan praktis maupun tujuan pengembangan keilmuan. Kedua, menyiapkan sarana dan prasana untuk mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas.

Ketiga, bekerjasama dengan berbagai asosiasi keilmuan, institusi, dan para pakar ilmu manajemen, guna meningkatkan kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa. Dan terakhir, menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berkomitmen untuk menjaga integritas dan kejujuran akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Berdasarkan hasil penilaian tim asesor, secara umum data yang disajikan oleh tim PPIM FEB UI tidak banyak perubahan terutama yang kualitatif-kualitatif, hanya saja yang berubah ialah data kuantitatif yang tadinya tidak terbaca oleh sistem dan setelah diperbaiki bisa terbaca oleh sistem serta mengalami kenaikan nilai. “Kemudian, dari hasil peninjauan kita tidak menjadwalkan secara khusus tetapi secara langsung kita sudah melakukan peninjauan,” jelas Marwan Asri.

Dari hasil wawancara bersama dosen, kita berbincang-bincang mengenai pelaksanaan pengajaran pendidikan semua berjalan lancar dan tidak adanya masalah. Sedangkan hasil wawancara dengan mahasiswa ada beberapa masukan bahwa mereka ingin adanya penambahan international explousure untuk diberikan kesempatan dalam bentuk apapun terhadap academic collaboration yang dibangun oleh Fakultas untuk bisa dinikmati oleh mereka dalam bentuk yang konkrit.

Kemudian, hasil wawancara dengan para alumni bahwa selama menempuh pendidikan di PPIM FEB UI, mereka mendapatkan pengajaran yang sesuai dengan didukung oleh fasilitas memadai. Selain itu, gelar doktor yang diperoleh sangatlah bermanfaat dalam berdiskusi dengan pihak pembuat kebijakan.

“Dan terakhir, hasil wawancara dengan pengguna mendapatkan feedback positif terutama yang diuji budaya riset baik dari kualitas maupun productivity untuk memberikan kemampuan mereka menempati posisi tertentu,” tutupnya. (Des)