Dosen Akuntansi FEB UI Luncurkan Buku Akuntansi Manajemen Zakat dan Akuntansi Manajemen Wakaf

Dosen Akuntansi FEB UI Luncurkan Buku Akuntansi Manajemen Zakat dan Akuntansi Manajemen Wakaf

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Dosen pada Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia meluncurkan dua buah buku di kampus UIN Jakarta yang merupakan salah satu daerah sasaran roadshow, pada (23/5/2019).

Kedua karya buku tersebut masing-masing berjudul Akuntansi dan Manajemen Zakat karya Sri Nurhayati dan Akuntansi dan Manajemen Wakaf karya Dodik Siswantoro. Buku tersebut adalah program kerja dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) kepada dosen akuntansi syariah.

Menurut Dodik Siswantoro buku Akuntansi dan Manajemen Zakat membahas bahwa zakat dalam sistem ekonomi Islam menjadi salah satu sistem keuangan yang berorientasi sosial. Hal tersebut menyebabkan diperlukannya kajian khusus terkait pengelolaan, khususnya kajian mengenai keuangan sosial Islam yang dianggap mampu menjadi salah satu alternatif untuk menanggulangi kemiskinan dan menciptakan keuangan inklusif yang memberikan bantuan kepada masyarakat miskin.

Buku ini sangat penting untuk dibaca oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi pengelola zakat di Indonesia. Selain konsep dasar terkait zakat, infak, dan sedekah, di dalam buku ini akan diberikan informasi terkait konsep akuntabilitas organisasi pengelola zakat di Indonesia, baik akuntabilitas keuangan maupun akuntabilitas kepatuhan syariah.

Kemudian, buku Akuntansi dan Manajemen Wakaf membahas segala hal yang terkait dengan Akuntansi dan Manajemen Wakaf secara tuntas dari A sampai Z. Selain itu, terdapat pembahasan mengenai kemungkinan pengembangan model wakaf ke depan yang tentunya memiliki karakteristik yang sesuai dengan negara Indonesia.

Buku tersebut terbit sebagai respon para penulis terhadap kekosongan referensi mengenai wakaf dan semangat untuk ikut andil memberikan kontribusi dalam perkembangan praktik wakaf di Indonesia. Buku yang didesain untuk mata kuliah yang memiliki pembahasan mengenai wakaf ini tentunya merujuk pada sejumlah teori dan regulasi terkait wakaf yang berlaku di Indonesia.

“Masing-masing buku terdiri dari tim dosen yang proses review dilakukan secara berjenjang. Dan tiap bab merupakan rangkaian yang saling terkait. Oleh karena itu, Kementerian Agama tertarik untuk membeli buku Akuntansi dan Manajemen Zakat untuk disebarkan ke pelosok Kemenag,” jelas Dodik. (Des)