Tingkatkan Kompetensi Olah Data, Tenaga Kependidikan FEB UI Dibekali Pelatihan Macro dan Visual Basic Application

Tingkatkan Kompetensi Olah Data, Tenaga Kependidikan FEB UI Dibekali Pelatihan Macro dan Visual Basic Application

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) FEB UI mengadakan Pelatihan Macro and Visual Basic Application (VBA) Microsoft Excel, Business Programming for Office Automation bagi para staf kependidikan yang berada di lingkungan UI khususnya FEB dan berlangsung di Laboratorium B, Gedung A, selama tiga hari (8,11,12/11/2019).

Pelatihan ini merupakan bentuk pelatihan yang terkait penggunaan spread sheet pada microsoft excel yang dipakai pada dunia perkantoran. Kemudian, dibuatkan fitur yang lebih advance seperti visual basic application. Selain itu, pelatihan ini baru dijalankan dan menjadi angkatan pertama yang nantinya bisa menjadi trainer sesama staf kependidikan di unit kerjanya.

Manajer Umum FEB UI sekaligus pemateri dalam pelatihan ini, Malik mengatakan semua pekerjaan yang berulang dan memakan waktu apapun unitnya yang berada di lingkungan UI khususnya FEB seperti keuangan, penggajian, Biro Pendidikan, Program Studi, dan sebagainya bisa dibuat secara otomatis dengan mengunakan aplikasi Macro and VBA pada microsoft excel.

Contohnya saja, pada unit Biro Pendidikan, apabila ingin mengirim berkas/amplop sebelum ujian dengan label otomatis sehingga memudahkan pemberian nama berkas/amplop secara otomatis pada saat ujian telah selesai. Dengan menggunakan VBA cukup menekan satu tombol, maka semua nama di dalamnya akan menerima notifikasi.

Selain itu, automasi juga salah satu yang diajarkan dalam pelatihan ini untuk membuat pekerjaan mereka menjadi mengalir, dinamis, dan agak otomatis tetapi didesain/dirancang sendiri. “Misalkan, saya bekerja setiap hari seperti ini mengulang pekerjaan secara terus-menerus, sehingga menyebabkan human error. Sekarang bagaimana saya menggunakan komputer dengan coding sederhana yang tersedia di menu VBA atau Macro Recorder pada microsoft excel. Nantinya bisa meminimalisir/menghilangkan kesalahan, karena kita sudah merekam yang terbaik saja. Rekaman-rekaman pekerjaan yang berulang akan diedit dan hanya ditampilkan langkah-langkah penyelesaian yang terbaik,” ungkap Malik.

Dengan demikian, diharapkan staf kependidikan di lingkungan UI khususnya FEB bisa mengoptimalkan penggunaan microsoft excel dalam pekerjaannya sehari-hari agar lebih produktif, balance, dan memanage pekerjaannya seefisien mungkin. Sehingga, data-data yang sudah ada di lingkungan pekerjaan mereka bisa diolah untuk pengambilan keputusan dan memberikan sudut pandang yang baru terhadap cara mereka bekerja. (Des)