Diananda Fitria Pitari Teliti Integrasi Intensi dan Resistensi dalam Adopsi Inovasi NFC-Based Mobile Payment

0

Diananda Fitria Pitari Teliti Integrasi Intensi dan Resistensi dalam Adopsi Inovasi NFC-Based Mobile Payment

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Diananda Fitria Pitari (1406590740) yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana, Gedung Pascasarjana, pada Selasa (14/1/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Sofjan Assauri (Promotor), Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1), dan Dr. Asnan Furinto (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Sari Wahyuni, Ph.D. (Ketua Penguji), Arnold Japutra, Ph.D., Daniel Tumpal Hamonangan Aruan, Ph.D., Dr. Rizal Edi Halim, dan Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D.

Disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Integrasi Intensi dan Resistensi dalam Adopsi Inovasi NFC-Based Mobile Payment”. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruhintensi dan resistensi mengadopsi inovasi terhadap perilaku odopsi inovasi, dimana pada penelitian-penelitian sebelumnya, intensi dan risestensi mengadopsi inovasi cenderung diteliti secara terpisah padahal keduanya merupakan bentuk reaksi konsumen terhadap hadirnya inovasi.

Mengintegrasikan keduanya mampu memberikan analisis yang komperhensif dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat agar inovasi dapat diadopsi oleh konsumen. “Di sisi resis tensi mengadopsi inovasi, penelitian ini tidak hanya meneliti mengenai risestensi yang disebabkan oleh hasil evaluasi terhadap atribut inovasi (active innovation resistance), melainkan juga meneliti mengenai resistensi yang disebabkan kecenderungan seseorang untuk tidak mau berubah dan mempertahankan status quo- nya,” tutur Diananda Fitria Pitari.

Pengaruh karakteristik konsumen dan network exterenality terhadap perilaku adopsi inovasi juga diteliti dalam penelitian ini guna mendapatkan analisis yang lebih komperhensif. Penelitian ini melibatkan data dari 300 responden yang dipilih secara non probabilistic sampling dengan metode purposive sampling, bedaasarkan kareteria target pasar NFC-based mobile payment sebagaimana konteks dari penelitian ini.

Berdasarkan hasil pengelolahan data yang dilakukan menggunakan Structural Equation Model, penelitian ini mendukung bahwa intensi dan resistensi mengadopsi inovasi memiliki peran yang bersamaan terhadap perilaku adopsi inovasi, dimana intesi mempengaruhi adopsi inovasi secara positif, sebaiknya resistensi mempengaruhi perilaku adopsi inovasi secara negatif.

Tidak hanya active innovation resistance, passive innovation resistance pun memiliki peran terhadap perilaku adopsi inovasi. Sebagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi, penelitian ini mengusulkan berbagai upaya menumbuhkan tingkat adopsi inovasi. Selain itu, mengusulkan berbagai upaya untuk meningkatkan intensi mengadopsi inovasi, menekan resistensi mengadopsi inovasi, meningkatkan persepsi network externality dan membedakan upaya tersebut berdasarkan karakteristik konsumen.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan Sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Diananda Fitria Pitari (1406590740) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-282 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Diananda Fitria Pitari! (Des)