PPIM FEB UI Adakan Company Visit ke BRI untuk Pelajari Inovasi Banking 4.0

0

PPIM FEB UI Adakan Company Visit ke BRI untuk Pelajari Inovasi Banking 4.0

 

Banuratih ~ Humas PPIM FEB UI

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Dalam rangka pembelajaran terhadap mata kuliah Lingkungan Pasar dan Moneter, mahasiswa dengan kekhususan Keuangan Reguler Pagi PPIM FEB UI melakukan Company Visit ke PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang berlangsung di Gedung BRI 1, Jalan Jenderal Sudirman, pada Senin (17/2/2020).

Kunjungan ini dipandu oleh Rofikoh Rokhim selaku dosen sekaligus Ketua Program Studi MM FEB UI. Kegiatan ini diawali dengan melihat ruangan Digital Learning Center. Pada ruangan tersebut mahasiswa mendapatkan sambutan dan penjelasan presentasi mengenai topik ‘Radical Innovation in Banking 4.0 and Industry 4.0’ yang disampaikan oleh Kaspar Situmorang selaku Executive Vice President Digital Center of Excellence.

Pada kesempatan tersebut, Kaspar Situmorang menjelaskan produk-produk inovasi yang dilakukan oleh BRI dalam menghadapi era industri 4.0. Inovasi tersebut dibutuhkan untuk menyikapi persaingan seiring pesatnya pertumbuhan financial technology (fintech).

“BRI juga masih melihat peluang-peluang dari perkembangan digital di Indonesia yang berkembang sangat cepat dibandingkan negara-negara lain di dunia,” pungkasnya.

Dilanjutkan dengan presentasi mengenai sumber daya manusia PT. BRI (Persero) Tbk., dengan topik ‘Asyiknya Bergabung Bersama Bank BRI’ yang disampaikan oleh Wahid Wijaya selaku BRI Corporate Culture Head.

Wahid Wijaya mengatakan bahwa budaya kerja dan inovasi yang diperuntukkan bagi karyawan yang berprestasi akan dikirim ke luar negeri untuk jalan-jalan. Selain itu, ada yang diberikan kuliah ke luar negeri.

“Salah satu bentuk kompetisi inovasi untuk karyawan bentuknya BRI Got Talent dan juga diberikan kesempatan untuk short course di MIT dan Harvard untuk meningkatkan kemampuan dibidang inovasi dan digital,” tuturnya.

Pada acara presentasi, mahasiswa juga mendapatkan kunjungan dari Haru Koesmahargyo yang merupakan Direktur Keuangan PT. Bank BRI (Persero). Tbk. Beliau juga saat ini sedang menjalani kuliah program Doktor di PPIM FEB UI dengan kekhususan Manajemen Stratejik.

Setelah mendengarkan presentasi mahasiswa diajak berkeliling lingkungan BRI. Dan diarahkan ke ruangan BRILiaN berada dilantai 9 gedung parkir BRI yang dipergunakan untuk karyawan sebagai sarana diskusi, olahraga, dan hiburan. Pada ruangan BRILiaN terdapat auditorium, restaurant, gym, thinking room (ruang untuk diskusi, musik, makan siang dan televisi). Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat serta suvenir dari FEB UI kepada para pembicara. (Des)