Senat Akademik FEB UI Bahas Perkembangan Terkini Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan

Senat Akademik FEB UI Bahas Perkembangan Terkini Bidang
Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan

Kamis (16/4/2020) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan rapat Senat Akademik Fakultas dan diskusi secara daring mengenai perkembangan terkini bidang pendidikan, penelitian dan kemahasiswaan bersama Ketua Senat Akademik UI, Ketua Senat Akademik FEB UI, beserta para anggota senat dan Ketua Program Studi FEB UI.

Pada diskusi itu dibahas pula hasil survey yang telah dilaksanakan selama dua pekan sebelumnya tentang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), berdasarkan jumlah kelas dan media yang digunakan. Mayoritas dosen menggunakan Google Meet, Microsoft Teams dan Zoom. Sedangkan media lain yang juga digunakan dalam prosentase yang lebih kecil adalah EMAS UI, Skype, Youtube dan Google Classroom. Setiap dosen juga ditunjang dengan Whatsapp group kelas.

Dukungan FEB UI
Untuk memperlancar jalannya PJJ, FEB UI memberikan dukungan yang telah dilaksanakan yaitu pertama, membentuk ‘FEBUI-PJJ Helpdesk’ yang beranggotakan Wakil Dekan 1, Sekretaris Pimpinan, Para Kepala Departemen, Kepala Program Studi Magister Akuntansi-PPAk., Biro Pendidikan, SBA S1 Ekstensi, SBA Kelas Khusus Internasional, SBA Pascasarjana, LKJ, AMU SI, Humas, serta Perwakilan Dosen. Kedua, membentuk tim Helpdesk UTS Online, yang terdiri dari para SBA S1 Reguler dan Biro Pendidikan. Ketiga, memberikan dana bantuan internet dari ILUNI kepada mahasiswa bidik misi dan kurang mampu.

Dalam hal memitigasi resiko perkuliahan daring, FEB UI juga mengeluarkan panduan perkuliahan jarak jauh dan bantuan Tim helpdesk yang selalu siap berjaga untuk membantu para dosen dan juga mahasiswa.

Penyelenggaraan UTS secara daring.
UTS secara daring dapat terlaksana dengan lancar karena adanya koordinasi antara tim Dekanat, Biro Pendidikan , tim Assurance of Learning (AOL) dan Kepala Program studi. Kordinasi ini penting mengingat perlunya pendataan jenis ujian untuk setiap kelas dan jumlah mahasiswa yang bentrok harus dapat diberikan solusi. Demi menjaga integritas dalam mengerjakan UTS secara daring, mahasiswa diminta mengakui pakta integritas sebelum mengerjakan soal. Mitigasi Ujian Susulan secara daring juga disiapkan, berlaku untuk mahasiswa yang mengalami sakit/kematian anggota keluarga dan kesulitan mengakses internet.

Ujian Sidang Karya Akhir
Pada Teknis Ujian Sidang Karya Akhir, mahasiswa dapat mendaftar dengan membawa 8 jenis dokumen untuk dikirimkan ke Program Studi dan mengunduh pendaftaran sidang melalui laman FEB UI. Sedangkan Program Studi mengatur jalannya sidang dan menyerahkan kartu perkembangan mahasiswa kepada tim penguji.
Ujian sidang karya akhir dilakukan secara daring. Ketua penguji atau salah satu anggota tim penguji akan menjadi host dan Prodi/SBA akan mengawasi sidang. Setelah selesai, berkas akan diberikan oleh ketua penguji kepada program studi.

Layanan Daring (On line)
Dalam masa pencegahan Covid-19, bagi yang membutuhkan, pengurusan dokumen akademik tetap dilayani dengan selalu memperhatikan prosedur pencegahan covid-19. Layanan dapat dipesan melalui bit.ly/LayananOnlineFEBUI.

Layanan daring Pusat Sumber Belajar (PSB) FEB UI juga tersedia untuk permintaan akses database ekonomi dan bisnis Reuters (Eikon dan Datastream) secara mandiri, dengan mengunduh panduan instalasi dan menghubungi pustakawan operator dengan menujukan bukti sebagai dosen dan mahasiswa aktif. Bagi mahasiswa yang akan menjalankan ujian karya akhir, ESAC juga menyediakan Ujian CET Online dengan memodifikasi soal TOEFL sebagai syarat ujian karya akhir. Mahasiswa menyerahkan nilai Bahasa Inggris, kemudian melaksanakan ujian CET online mulai tanggal 21 April 2020.
Di sisi penerimaan mahasiswa baru, sementara proses masih berjalan normal untuk SNMPTN, PPKB, dan SIMAK UI S2/S3. Namun, kedepannya akan ada penyesuaian.

Dalam pertemuan daring tersebut juga Senat Akademik mendapat informasi terkini tentang Hibah, Penelitian dan Akreditasi Internasional yang persiapannya sedang berlangsung. (hjtp)