Indonesia dan COVID-19

Indonesia dan COVID-19

Indonesia, negara dengan populasi terpadat keempat di dunia dan rumah bagi wilayah perkotaan terbesar kedua di dunia, Jabodetabek, tentu saja menghadapi tantangan yang sangat besar. Pentingnya menyeimbangkan ekonomi dan kesehatan masyarakat juga merupakan ketegangan yang terasa lebih akut di negara-negara berkembang, ketika penurunan ekonomi dirasakan lebih kuat.

Walaupun negara ini jelas menghadapi tantangan besar saat ini, orang Indonesia telah mengatasi banyak cobaan besar sebelumnya: bencana alam yang menghancurkan, pemerintahan kolonial selama berabad-abad, perjuangan untuk kemerdekaan, konflik sipil, dan kekacauan yang terjadi setelah krisis keuangan Asia 1998, yang menyebabkan kejatuhannya kediktatoran dan reformasi sistem politik dan ekonomi negara.

Bukti menunjukkan, melalui semua ini, bahwa pertama orang Indonesia telah belajar untuk bersatu ketika masa-masa sulit. Kedua, orang Indonesia merasakan tanggung jawab dan mengambil sukacita besar dalam membantu satu sama lain saat dibutuhkan.

Dalam Legatum Prosperity Index 2019, Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia untuk modal sosial dan pertama untuk partisipasi sipil dan sosial, dengan tingkat sukarela tertinggi di negara mana pun. Dalam Indeks Charities Aid Foundation tahun 2018, Indonesia juga menduduki peringkat teratas dalam frekuensi sumbangan dan kesukarelaan.

Karena itu tidak mengherankan melihat banyak kampanye crowdfunding yang telah diluncurkan pada platform lokal seperti kitabisa.com untuk membantu mereka yang membutuhkan. Ini termasuk mengumpulkan dana untuk mendukung pekerja sektor informal, seperti penjual jajanan, pemulung, dan pengemudi ojek, dan untuk membeli alat pelindung diri untuk petugas kesehatan. Pada akhir Maret, 15.000 mahasiswa kedokteran dari 158 universitas juga telah mendaftar untuk menjadi sukarelawan.

Tingkat inovasi di Indonesia antara universitas dan perusahaan berteknologi, berkontribusi besar terhadap perjuangan negara melawan COVID-19. Sebagai contoh, Universitas Indonesia telah mengembangkan stan desinfeksi berbasis ultraviolet untuk peralatan medis, dan sedang melanjutkan penelitian dan pengembangan  Personal Protection Equipment, instrumen pengujian cepat COVID-19, dan perawatan. Universitas Indonesia juga mulai berperan dalam memproduksi ventilator.

Indonesia juga merupakan rumah bagi startup dan sektor digital yang berkembang pesat. E-commerce, pendidikan, kesehatan, dan perusahaan perjalanan lokal telah memungkinkan orang untuk mempertahankan kemiripan hidup normal. Fitur pengiriman barang dan pengiriman makanan Gojek dan Grab membuat pengemudi dan penjual makanan mempertahankan pendapatan, sementara banyak platform e-commerce lokal, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli, telah memungkinkan  juga untuk  pembelian dan pengiriman barang dan bahan makanan.

Telemedicine juga telah meningkat, ketika pemerintah mencari sektor untuk membantu sistem perawatan kesehatan. Alodokter, salah satu aplikasi telemedicine paling populer menyita 900.000 pengguna untuk layanan konsultasi COVID-19 online barunya dalam waktu seminggu peluncurannya di bulan Maret. Selain menyediakan konsultasi  kesehatan daring reguler, aplikasi Halodoc juga telah berkolaborasi dengan lebih dari 20 rumah sakit di Jabodetabek dan Karawang, Jawa Barat, untuk tes COVID-19.

Sementara pemerintah Indonesia, seperti halnya semua pemerintah, terus berjuang dengan besarnya tantangan. Inisiatif-inisiatif dari bawah ke atas ini menunjukkan sisi lain dari tanggapan COVID-19 negara tersebut. Orang Indonesia akan menghadapi krisis COVID-19 dengan rasa percaya diri bersama, dan itu adalah sesuatu yang patut disoroti. (hjtp)

Sumber: https://thediplomat.com/2020/04/indonesia-and-covid-19-what-the-world-is-missing/?fbclid=IwAR0owNLVytF8z7bPPq5MKw3HUwiKG0UkSqtRtM7NBpTKIMsQiHNDTuHjtBw

Sumber gambar :riau1.com