Promosi Doktor PPIM FEB UI,Ilisa Fajriyati, Teliti Pengaruh Generic dan Islamic Attributes terhadap Kepuasan Wisatawan

0

Promosi Doktor PPIM FEB UI,Ilisa Fajriyati, Teliti Pengaruh Generic dan Islamic Attributes terhadap Kepuasan Wisatawan

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (5/8/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Ilisa Fajriyati (1506771110) secara daring, pada Rabu (5/8/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, dengan pembimbing, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor), Gita Gayatri, Ph.D. (Ko-Promotor 1), Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D. (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Firmanzah, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Asnan Furinto, Dr. Ignatius Heruwasto, Dr. Rizal Edy Halim, dan Dr. T. Ezni Balqiah.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovenda, berjudul “Pengaruh Generic dan Islamic Attributes terhadap Kepuasan Wisatawan serta Konsekuensinya pada Pariwisata Ramah Muslim: Penerapan Three-Factor Theory of Customer Satisfaction”.

Agar dapat menyediakan pariwisata ramah-Muslim serta menarik wisatawan Muslim sebagai target utama, pemasar destinasi tidak hanya harus mempertimbangkan atribut umum (generik) yang tersedia pada destinasi, namun mereka juga harus memastikan ketersediaan atribut yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim, yaitu atribut Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan atribut generik dan Islam ke dalam basic, performance dan excitement factors sesuai dengan three-factor theory of customer satisfaction yang disebutkan dapat memiliki dampak yang berbeda terhadap kepuasan wisatawan.

Selanjutnya, penelitian ini menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan wisatawan dan konsekuensinya pada behavioral dan attitudinal loyalty serta konsekuensi negatif pada complaint dan churn intention. Selain itu, pengujian juga dilakukan terhadap pengaruh moderasi religiusitas Islam pada hubungan antara atribut Islam dan kepuasan wisatawan. Survei dilakukan dengan total sampel 835 wisatawan Muslim yang mengunjungi destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara destinasi mayoritas non-Muslim dan destinasi mayoritas Muslim terletak pada anteseden pembentuk kepuasan (dalam penelitian ini atribut-atribut destinasi yang terdiri dari atribut generik dan atribut Islam). Sementara konsekuensi dari kepuasan tersebut ditemukan sama  pada kedua jenis destinasi.

Untuk destinasi mayoritas non-Muslim, semua atribut generik ditemukan berpengaruh pada kepuasan wisatawan, di sisi lain untuk atribut Islam, hanya klasifikasi dari excitement factor yang secara signifikan mempengaruhi kepuasan mereka. Sedangkan untuk destinasi mayoritas Muslim, dari atribut generik ditemukan performance dan excitement factor serta basic factor dari atribut Islam yang berpengaruh pada kepuasan wisatawan.

Konsekuensi kepuasan wisatawan pada kedua destinasi ditemukan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada behavioral dan attitudinal loyalty serta secara negatif mempengaruhi complaint dan churn intention. Hasil penelitian juga menemukan bahwa efek moderasi dari religiusitas tidak signifikan pada kedua jenis destinasi.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Ilisa Fajriyati (1506771110) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-285 Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Selamat kepada Dr. Ilisa Fajriyati! (hjtp)