Kuliah Umum MM FEB UI: Pengambilan Keputusan dalam Mengatasi Masalah

0

Kuliah Umum MM FEB UI: Pengambilan Keputusan dalam Mengatasi Masalah

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (4/9/2020) Magister Manajemen FEB UI mengadakan Kuliah Umum secara webinar dengan tema grow your career, bertajuk “Decision Making as a Leader.” Acara ini diisi oleh narasumber Grandhis Helmi Harumansyah, MBA, Group Head Commercial Risk 1 PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, dengan moderator Melia Retno Astrini, M.Sc., Dosen Departemen Manajemen FEB UI, pada Jumat (4/9/2020).

Grandhis Helmi Harumansyah memaparkan, saat ini kita sedang dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak secara global dengan potensi risiko sangat besar dan belum dapat dipastikan waktu berakhirnya. Perbankan juga terkena dampak signifikan, seperti biaya operasional menjadi tinggi, potensi laba tertekan, penurunan pendapatan bunga, penurunan pertumbuhan kredit, potensi peningkatan non performing loan (NPL) dan kolektibilitas, dan peningkatan kebutuhan likuiditas.

Semua ini adalah masalah (problem) yang harus kita identifikasi untuk diambil keputusan agar menemukan solusi dan barulah dimonitoring. Secara umum, masalah bisa klasifikasikan dalam tiga bentuk, yaitu sudah terjadi, ada di depan, dan ingin dicegah agar tidak terjadi.

Selain itu, hal penting untuk mendefinisikan masalah, di antaranya menyusun ulang masalah, mengungkap dan menantang asumsi, menggunakan fakta, mengembangkan pemikiran, mempraktikkan berbagai perspektif, membingkai masalah menjadi hal positif dan menemukan solusi.

Pengambilan keputusan sudah menjadi bagian integral dari manajemen modern yang esensial, rasional, atau baik diambil sebagai manajemen utama. “Peran seorang pemimpin (leader) sangat diharapkan dalam mengambil suatu keputusan yang didasarkan pada fakta, pengetahuan, pengalaman, analisis, dan penilaian,” tutur Grandhis.

Sambung Grandhis, pada dasarnya, bahan untuk pengambilan keputusan yang baik, seperti fokus pada hal yang paling penting, jangan memutuskan sampai Anda siap, cari hasil positif yang bisa datang, pertimbangkan hasil negatifnya, lihat ke depan (coba lihat keputusan Anda akan berarti seiring waktu, ubah keputusan besar menjadi serangkaian keputusan kecil, jangan merasa terkurung hanya pada satu atau dua alternatif, dapatkan sesuai yang dibutuhkan untuk merasa aman).

“Model pengambilan keputusan adalah dengan identifikasi masalah (mengidentifikasi masalah yang tampak, mencari dan menganalisis penyebab, menentukan masalah yang sebenarnya), pengambilan keputusan (mengidentifikasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik), perencanaan dan pengorganisasian (merencanakan tindakan dan melaksanakan),” jelas Grandhis di akhir pemaparan materinya. (hjtp)