Sambut Mahasiswa Baru 2020, Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI Berikan Bekal Menempuh Perkuliahan

0

Sambut Mahasiswa Baru 2020, Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI Berikan Bekal Menempuh Perkuliahan

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK – Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) FEB UI menyambut Mahasiswa Baru Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 menggunakan aplikasi zoom, pada Senin dan Selasa (7 – 8 September 2020).

Mahasiswa Baru Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB UI tahun ini secara keseluruhan berjumlah 22 mahasiswa, Jenjang S-2 sebanyak 13 mahasiswa, Jenjang S-3 sebanyak 11 mahasiswa dan mahasiswa Credit Earning Program (CEP) sebanyak 8 mahasiswa.

Penyambutan ini dibuka oleh Ibu Dr. Ancella Anitawati Hermawan, MBA., CA., ACMA., CGMA selaku Ketua Departemen Akunatnsi FEB UI, kemudian dilanjutjkan oleh Yulianti Abbas, Ph.D Kegiatan diawali dengan pengenalan Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi seperti sistem akademik, staf & pimpinan, peraturan akademis, fasilitas serta keunggulan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi PPIA, diikuti  testimoni atau sharing dari alumni PPIA  Staf ahli PPIA Siti Chafrani Pratiwi, M. Ak kemudian memandu sesi perkenalan dengan sesama mahasiswa baru (seangkatan) dan cara menggunakan beberapa platform selama melakukan perkuliahan jarak jauh yakni Microsoft Team dan Microsoft One Drive.sebagai pembicara pertama pada hari kedua Nanda Ayu Wijayanti memberikan  strategi dalam menulis paper untuk mahasiswa PPIA, dengan pertama ketahui dahulu apa yang ingin dibaca. Hal ini, berarti membutuhkan referensi yang tersedia di Jurnal bereputasi, seperti Jurnal Clarivate dengan indeks ilmu-ilmu sosial, Jurnal ABDC, dan Jurnal Scimago. Kedua, mengenal lapangan dengan cara diskusi dengan dosen ataupun sesama mahasiswa di ruang kelas saat belajar, forum riset Akuntansi, dan invited speaker. Ketiga, ikuti workshop, pelatihan ekonometrika, dan bagaimana melakukan riset agar efisien. Terakhir, bekerjasama untuk membaca dan membahas makalah dalam kelompok. Bicaralah dengan senior, mereka memiliki wawasan tentang bagaimana cara bertahan di kelas, dan jadikan rekan Doktoral sumber informasi yang baik ketika ingin berbicara tentang ide atau metodologi penelitian.Pemaparan fasilitas layanan Pusat Sumber Belajar (PSB) seperti pencarian literatur & database, strategi penelitian, cara membaca jurnal, penggunaan Endnote, dan panduan menulis menurut UI agar terhindar dari plagiarism juga disampaikan

Research & Subject Specialist Librarian Perpustakaan UI, Luluk Tri Wulandari menyampaikan bahwa berdasarkan data perpustakaan UI tentang sumber referensi jurnal penelitian, 64% masalah dalam pencarian literatur online ialah keyword dan hasil tidak sesuai. Sementara itu, 92% bermasalah dalam pencarian literatur online pada skill pencarian. Maka tips  dari Luluk, di antaranya tentukan topik berdasarkan analisis, kata kunci, sinonim/jargon/istilah, dan konteks. Kemudian, lakukan penelusuran dengan proses pencarian, AND or NOT, dan membuat sitasi artikel. “Terakhir, gunakan batasan-batasan dari sisi jangka waktu, jenis literatur, gender, umur, populasi, dan bahasa,” jelas Luluk.

IT and References Librarian UI, Maruf Patimura memaparkan Endnote, suatu aplikasi untuk membuat database literatur yang bisa dimanfaatkan sebagai manajemen sitasi dan daftar pustaka. Endnote bisa di install dan download di laman endnote.com. Aplikasi tersebut memiliki berbagai macam style untuk memperoleh dokumen dan referensi.

“Pada dasarnya, keuntungan dari menggunakan Endnote ialah kita mempunyai backup data dari literatur-literatur yang sudah dicari dan bisa dipergunakan untuk penulisan sitasi dan bibliografi. Selain itu, mencegah tindakan plagiarism, yang dilakukan  dengan alasan mahasiswa tidak sengaja dan lupa mencantumkan sumbernya, hanya copy-paste serta mengutip karya orang lain,” tutupnya. hjtp)