Mahasiswa S-1 Akuntansi FEB UI Sabet Empat Penghargaan dalam APA FEST 2020

0

Mahasiswa S-1 Akuntansi FEB UI Sabet Empat Penghargaan dalam APA FEST 2020

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (10/11/2020) Mahasiswa S-1 Program Studi Akuntansi FEB UI angkatan 2017, 2018, dan 2019 berhasil memperoleh 4 juara, pada Ajang Aspiring Professional Accountant (APA) FEST 2020, yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bekerja sama dengan IFAC, One Young World, dan Chartered Accountant Worldwide secara daring melalui streaming Youtube, pada Selasa (10/11/2020). Keempat juara tersebut, yaitu Juara 1 APA Award (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Akuntansi), APA Best Paper, Team Work e-APA CHAMP, dan Juara 1 HIMA Challenge (Himpunan Mahasiswa)

APA FEST 2020 terdiri dari beberapa mata lomba, di antaranya level individu (Award dan Best Paper), level tim (e-APA CHAMP), dan level himpunan mahasiswa (HIMA Challenge). Peserta yang ikut selain dari Universitas Indonesia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), juga dari UGM, UNPAD, Unibraw, UNPAR, UNAIR, UNDIP, PKN STAN, Trisakti, dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia.

Perhargaan Pertama dan Kedua diraih oleh Belinda Azzahra Irwan Putri (S-1 Akuntansi FEB UI angkatan 2018), yang dinobatkan sebagai Juara 1 APA Award (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Akuntansi) dan APA Best Paper. Belinda membahas paper, mengenai paradigma baru akuntan dalam membuat intergrated reporting yang berisi sustainability report. Paper ini menjelaskan bahwa akuntan harus bisa menggunakan profesionalitasnya, tidak hanya menganalisis transaksi keuangan, namun juga melihat dampak dari transaksi keuangan tersebut dan menjadikan modal lingkungan, sosial, dan ekonomi perusahaan sebagai strategi sustainability di masa depan. Data yang diperoleh berasal dari IFAC Report, KPMG Report, Data BPS, Peraturan OJK dan Kementerian, serta beberapa Jurnal Internasional yang terstandardisasi.

“Saya sangat senang dapat membanggakan UI khususnya FEB di kancah perlombaan prestigious seperti ini dan berharap kemenangan ini dapat menjadi motivasi bagi para junior saya untuk bisa meneruskan legasi ini di tahun depan. Saya juga tak lupa berterima kasih kepada seluruh bagian Departemen Akuntansi FEB UI yang telah mendukung dengan sangat baik,” ucap Belinda.

Penghargaan Ketiga diraih oleh Nadila Filza Rahmalina, Ainun Nisa Fitri, Catherine Nathasya Agnes Tobing, Maria Feliciana Fayola, Ramiza Yasmin Zahira yang merupakan mahasiswa S-1 Akuntansi FEB UI angkatan 2017, sebagai Team Work e-APA CHAMP. Pada perlombaan ini, tim FEB UI menganalisis perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan industri ritel. Pada masing-masing tahap perlombaan ini, tim  harus memberikan analisis dan rekomendasi untuk 3 studi kasus bisnis dengan background, challenges, dan risks masing-masing. Disini tim berperan sebagai konsultan, dengan banyak melakukan analisis pada persaingan dan opportunity di pasar, competitive advantage, marketing approach, pertimbangan investasi, dan risiko yang dihadapi perusahaan.

Menurut Nadila Filza Rahmalina, “Saya mendapatkan banyak learning experiences dalam mengikuti e-APA Champ. Memang keseluruhan acara diadakan secara online, namun tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk rutin latihan business case dalam mengasah kemampuan berpikir cepat, kritis, dan strategis. Berawal dari keberanian, menapaki lika-liku bersama, hingga berhasil menjadi yang terbaik! Precious stones are nothing if they don’t get polished.”

Ainun Nisa Fitri, mengatakan “Lomba ini mengajarkan banyak hal, terutama arti kerja keras, pentingnya feedback, dan kerjasama tim. Latihan rutin dan feedback yang diberikan oleh berbagai pihak membuat saya terus mengevaluasi diri dan berusaha meningkatkan performa, sehingga ketika semua usaha itu terbayar, saya pribadi merasa lega dan Bahagia.  Hasil memang tidak akan mengkhianati usaha.”

Catherine Nathasya Agnes Tobing, menyampaikan “All I have to say is, that this was hard work. We started with nothing. Itulah yang membuat tim kami terdorong untuk bekerja lebih keras lagi. Pengalaman ini mengajarkan banyak hal, terutama untuk percaya diri, bekerja sama dalam tim, dan berusaha tenang dalam menghadapi tekanan. We may not be the best at first, but we do our best in the moment.”

Maria Feliciana Fayola, menyambungkan “Bagi saya, pengalaman mengikuti kompetisi APA CHAMP mengajarkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dan tetap optimis. Saya mendapatkan pembelajaran yang berharga, from nothing to become something.

Ramiza Yasmin Zahira, menambahkan “In life, sometimes we win and sometimes we learn, but we’re lucky enough to do both in APA Champ. Saya percaya, tim yang baik bukan hanya memiliki skill dan kompetensi yang tinggi, tetapi juga saling memahami, penuh adaptasi dan perjuangan, dan harus sama-sama bahagia.”

Penghargaan Keempat diraih oleh himpunan mahasiswa Akuntansi UI – Studi Profesionalisme Akuntansi (SPA) FEB UI, yang dinobatkan sebagai Juara 1 HIMA Challenge. Menurut Akmal Haidar Nusantara, Chief Executive SPA FEB UI angkatan 2017, Hima challenge ini merupakan lomba dalam bentuk video, yang berisi tentang kebutuhan seorang akuntan di masa depan. Materi lombanya disiapkan oleh tim publikasi SPA FEB UI dari Biro Media Visual and Communication dan Biro External Affairs. Tim publikasi tersebut terdiri dari Thalia Nafa Fahira (2017), Linda Ariyani (2018), Lucia Deananta Ayudhya Graciela (2018), Nafis Danasagraha (2018), Anindita Rosamistika (2019), Clara Ardelia Putri (2019), Gerald Oktavianus Hugo (2019), Jocelyn Gwenfil (2019), Michael Hezekia (2019), Muhammad Zaki A (2019), dan Ni Putu Ayu Kartika Diva Putri (2019).

“Selama tiga tahun berkecimpung di organisasi ini, rasanya baru kali ini SPA FEB UI mendapat award dari pihak eksternal. Hal tersebut terasa sangat spesial dan membanggakan, karena prestasi tersebut terjadi ketika saya menjadi Chief Executive di SPA FEB UI. Harapannya, lomba ini menjadi langkah awal organisasi untuk terus berprestasi di ajang-ajang selanjutnya,” tutur Akmal. (hjtp)