PPIM FEB UI Gelar Kuliah Tamu Visiting Professorship, “Strategi Branding di Era Digital”

0

PPIM FEB UI Gelar Kuliah Tamu Visiting Professorship, “Strategi Branding di Era Digital”

 

DEPOK – (11/11/2020) Rabu, 11 November 2020 merupakan awal dari rangkaian pelaksanaan acara Visiting Professorship oleh Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) FEB UI. Acara tersebut diisi oleh kuliah tamu, bertopik “Strategi Branding di Era Digital” dengan pembicara Dr. Heather Stewart dari The University of Queensland, Australia.

Heather Stewart adalah akademisi yang telah mempublikasi penelitian terkait topik work-integrated learning (WIL), jurnalisme, media digital, dan ilmu komunikasi. Selain itu, Stewart juga memiliki pengalaman sebagai pemimpin dalam beberapa proyek penelitian, di antaranya melibatkan suku asli Australia (Aborigin). Hasil kerjanya telah mendapat penghargaan, seperti TAFE QLD Peer Innovation Nomination atas kerjasamanya dengan UMKM di Brisbane, Australia, Trail Blazer High Commendation dan Vice Chancellor’s Equity Award atas keterlibatannya dalam proyek Indigenous Voice, dan Teaching and Learning Excellence Award atas model WIL yang ia kembangkan dalam penelitiannya.

Sesi kuliah tamu Dr. Stewart menjelaskan mengenai dasar-dasar branding, penerapannya oleh perusahaan besar di dunia nyata, serta bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan brand mereka. Pembahasan tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Imam Salehudin, S.E., M.Si., dosen Departemen Manajemen FEB UI.

Mahasiswa S-2 Pemasaran kelas Reguler, PPIM FEB UI, juga berpartisipasi dalam sesi tanya jawab yang membahas mengenai topik yang beragam, mencakup kaitan antara strategi branding dengan ekspresi politik suatu perusahaan, langkah-langkah menciptakan brand bagi UMKM, mengomunikasikan brand value di tengah disrupsi ekosistem digital, dan pentingnya fokus penciptaan brand dalam kondisi adanya produk yang memiliki kemiripan.

Kuliah tamu tersebut juga dihadiri oleh Dosen Pengajar mata kuliah Strategi Branding di Era Digital, yaitu Dr. M. Gunawan Alif yang memberikan kuliah penutup mengenai brand yang dikaitkan dengan isu sosial dan politik terkini. (hjtp)

Penulis: Elvina Sorta Setyawati ~ Asisten Dosen Departemen Manajemen FEB UI.

 

Untuk video dari kuliah tamu dapat dilihat pada link Youtube berikut: https://youtu.be/EVJZDqu6yco atau pada channel Youtube PPIM FEB UI.