ILUNI FEB UI Berikan Bantuan untuk Korban Gempa di Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju dan Majene

0

ILUNI FEB UI Berikan Bantuan untuk Korban Gempa di Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju dan Majene

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (20–27/1/2021) Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) melalui Direktorat Giving Back memberikan bantuan kepada korban gempa di pengungsian Sulawesi Barat (Sulbar), khususnya Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, berupa tenda, sembako, masker, obat-obatan dan kebutuhan bayi.

Bantuan tersebut diperoleh dari donasi para alumni FEB UI, yang jika ditotal  senilai Rp14.305.000 pada tahap satu dan Rp15.000.000 pada tahap dua. Donasi nantinya disalurkan kepada para korban untuk meringankan beban musibah yang dihadapi dan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Pemberian bantuan dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap 1 di beberapa daerah  di Kabupaten Mamuju, seperti Kelurahan Rimuku dan Simboro, dan Desa Dayang Inna yang dilaksanakan pada 20 Januari dengan menyumbangkan tenda berukuran besar, sembako, dan sebagainya. Tahap 2 dilakukan di Kabupaten Majene pada 27 Januari, dengan memberikan tenda, obat-obatan, sembako, selimut, kebutuhan bayi (susu, selimut dan pakaian). Dan tahap 3 akan dilakukan di akhir Januari ini di daerah mayoritas non-Muslim di Kabupaten Mamuju,  agar bantuan ILUNI FEB UI terbagi merata ke setiap lapisan masyarakat tanpa ada perbedaan agama.

Muh. Ridwan, mahasiswa Bisnis Islam FEB UI Angkatan 2016, bertempat tinggal di Polewali Mandar, Sulbar, yang mewakili pemberian bantuan ILUNI FEB UI, menceritakan bahwa kondisi di sana cukup memprihatinkan, karena masyarakat mengungsi ke pegunungan untuk mengamankan diri. Selain itu, banyak desa yang terisolir, sehingga sulit untuk dijangkau, seperti Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene. Akses ke desa-desa di kecamatan ini sangat sulit dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Jalan Poros, 10 kilometer masih bisa dilalui kendaraan bermotor, namun 20-25 kilometer harus dilalui dengan jalan kaki. Untuk mengakses bantuan ke kecamatan tersebut, tim ILUNI berkordinasi dengan perangkat desa untuk memudahkan proses penyaluran.

“Senang rasanya bisa ikut menyalurkan langsung bantuan dari para senior FEB UI, dan tentunya buat saya ini sebuah panggilan hati, apalagi saya bagian dari masyarakat asli Sulbar. Saya berharap ke depannya dapat terus memberikan manfaat bagi banyak orang di seluruh Indonesia, terutama saat sekarang ini banyak daerah yang mengalami bencana, baik di Sulawesi, Jawa, maupun Kalimantan. Semoga ke depannya, ILUNI FEB UI melalui Direktorat Giving Back tetap tanggap akan hal-hal seperti ini,” tutup Muh. Ridwan saat diwawancarai melalui Whatsapp. (hjtp)