Promosi Doktor PPIA FEB UI, Teliti Aspek Lingkungan Audit Terhadap Judgment Bias Auditor

0

Promosi Doktor PPIA FEB UI, Teliti Aspek Lingkungan Audit Terhadap Judgment Bias Auditor

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (27/1/2021) Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan sidang terbuka, Promosi Doktor R. Nelly Nur Apandi (1406590822) secara daring, pada Rabu (27/1/2021).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. Budi Frensidy, dengan pembimbing, Hilda Rossieta, Ph.D. (Promotor), Dr. Fitriany (Ko-Promotor 1), Dr. Ludovicus Sensi (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Dr. Sylvia Veronica NPS (Ketua Penguji), Prof. Dr. I Made Narsa, Dr. Soemarso Slamet Rahardjo, Dr. Vera Diyanty, dan Dr. Aria Farah Mita.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovenda, berjudul “Aspek Lingkungan Audit terhadap Judgment Bias Auditor: Bukti Empiris dari Riset Eksperimen.” Auditor diwajibkan menggunakan judgment profesionalnya dalam menilai risiko salah saji material judgment audit atas penilaian risiko. Salah saji merupakan pertimbangan yang dilakukan secara profesional terhadap kemungkinan adanya kesalahan dalam laporan keuangan, yang terjadi karena kesalahan biasa (error) dan kesalahan karena tindakan kecurangan (fraud). Judgment auditor dipengaruhi oleh aspek lingkungan audit.

Aspek lingkungan audit dapat dilihat dari 2 (dua) sisi, yaitu lingkungan auditee dan lingkungan Auditor. Auditor multiple client, yang mendapatkan penugasan pada lingkungan auditee yang kontras, dapat menyebabkan judgment auditnya bersifat bias. Efek kontras tersebut terhadap judgment bias dapat berkurang, jika lingkungan auditor mengedepankan proses diskusi antar tim melalui metode brainstorming. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan audit terhadap judgment bias auditor. Sedangkan tujuan secara spesifik penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Pengaruh interaksi antara faktor lingkungan auditee dan faktor lingkungan auditor terhadap judgment bias; 2) Pengaruh utama faktor lingkungan auditee terhadap judgment bias; 3) Pengaruh utama faktor lingkungan auditor terhadap judgment bias. Penelitian ini juga melakukan pengujian untuk mengetahui perbedaan judgment audit dari masing-masing treatment yang berbeda.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×3. Partisipan penelitian eksperimen ini adalah mahasiswa program studi akuntansi pada 21 perguruan tinggi di Jakarta dan Jawa Barat yang berjumlah 623 orang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan uji beda Kruskal-Wallis H.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh interaksi antara faktor lingkungan auditee dan faktor lingkungan auditor terhadap judgment bias; 2) Tidak terdapat pengaruh utama antara faktor lingkungan auditee terhadap judgment bias; 3) Terdapat pengaruh utama faktor lingkungan auditor terhadap judgment bias.

Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa faktor lingkungan auditor melalui proses brainstorming memiliki peran utama dalam mengurangi judgment auditor. Pada semua kondisi lingkungan auditee yang kontras dan tidak kontras, brainstorming lisan memiliki pengaruh yang konsisten untuk mengurangi judgment bias.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, R. Nelly Nur Apandi (1406590822) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-81 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. R. Nelly Nur Apandi! (hjtp)