Tim Horay dan Arjuna FEB UI Juara Shopee Ultimate Case Challenge

0

Tim Horay dan Arjuna FEB UI Juara Shopee Ultimate Case Challenge

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (29/5/2021) Tim Horay dan Tim Arjuna mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2017, 2018, 2019 berhasil memperoleh Juara 1 dan 2dalam ajang Shopee Ultimate Case Challenge yang diselenggarakan oleh Shopee Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh 655 tim dari universitas dalam negeri (Universitas Indonesia, ITB) dan universitas luar negeri di Singapura, Hongkong, Australia, Amerika Serikat. Pengumuman pemenang berlangsung secara virtual pada Sabtu (29/5/2021).

Juara 1 diraih oleh Tim Horay, terdiri dari Gabrielle Angela Christie (S-1 Akuntansi FEB UI, 2018), Tasya Salensia (S-1 Ilmu Ekonomi FEB UI, 2019), Prudence Koelomotang (S-1 Hubungan Internasional FISIP UI, 2018). Tim Horay berhasil memperoleh Juara 1 karena memberikan solusi suatu kasus yang berjudul “Dari Lokal untuk Global Incubation Program: Paving the Way for Shopee Indonesia’s Export Program to Latin America”. Data yang diperoleh diolah dari berbagai sumber research paper dan artikel terpercaya seperti JP Morgan, Deloitte, dan Statista. Selain itu, banyak melakukan analisis internal dan regresi STATA.

Juara 2 diraih oleh Tim Arjuna, terdiri dari Aurora Anisha Zafira (S-1 Manajemen FEB UI, 2017), Belinda Azzahra (S-1 Akuntansi FEB UI, 2018), Verenne Tanara (Binus – Cybersecurity, 2018), dan Marvel Tanara (Universitas Parahyangan – Hubungan Internasional, 2018). Tim Arjuna berhasil memperoleh Juara 2 karena memberikan solusi kasus yang berjudul “Strategi Business Development, Marketing, dan Operations dalam Pengembangan Export Program Seller Shopee Indonesia di Brazil. Data yang diperoleh dari berbagai sumber eksternal seperti World Bank, Euromonitor, Shopee Indonesia, dan SEA group report.

Manfaat ajang ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan terstruktur dalam menjawab kasus bisnis dan memberikan solusi yang dapat diterapkan terhadap permasalahan nyata di perusahaan. Selain itu, peserta juga belajar melihat secara helicopter view dari berbagai aspek, yaitu pengembangan bisnis, pemasaran dan operasional. Sedangkan, tujuannya diharapkan peserta bisa menjadi talent pool bagi Shopee, untuk mencari talenta terbaik dalam mengisi kesempatan magang atau kesempatan kerja penuh.

Gabrielle Angela Christie dari Tim Horay menceritakan, “Pelajaran paling mendukung yang saya peroleh selama kuliah di FEB UI untuk berkompetisi pada ajang ini ialah Pengantar Manajemen Operasi, karena kasusnya berupa ekspor produk Indonesia sehingga membutuhkan analisis rantai pasok  yang kuat. Selain itu, Akuntansi Manajemen dan Manajemen Keuangan sangat membantu dalam menentukan bisnis model dan anggaran untuk menemukan solusi. Saya bersyukur dan senang atas prestasi ini, karena bisa membawa nama baik almamater FEB UI di antara kontestan yang menempuh pendidikan di luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa UI, khususnya FEB, sangat berkualitas dan mampu bersaing dengan modal kerja keras. Semoga pencapaian ini bisa menjadi inspirasi dan dorongan untuk teman-teman lainnya di FEB UI agar bisa mengharumkan almamater.”

Tasya Salensia mahasiswa FEB UI juga mengatakan, “Tim Horay diberikan beberapa sesi mentoring, baik oleh Jian Wei Low, Director of Operations Shopee Indonesia beserta timnya. Saat mentoring, kami banyak diberikan kritik dari mentor. Tim Horay hanyalah mahasiswa dengan ilmu yang terbatas. Maka, kami tak pernah merasa keberatan apabila diminta untuk mengubah deck dan memilih untuk berkembang dari kritik-kritik yang diberikan. Oleh karenanya, kemenangan ini benar-benar terasa seperti berkat dari Tuhan. Tetapi, banyak hal lainnya yang saya peroleh dari perlombaan ini, yaitu persahabatan dengan anggota tim saya dan pelajaran dari mentor-mentor hebat.”

Juara 2, Aurora Anisha Zafira (FEB UI) menuturkan “Analisis paling bermanfaat selama berkompetisi ialah melihat potensi pasar di Brazil sebagai kesempatan untuk produk Indonesia, baik UMKM maupun skala factory dapat bersaing dan masuk ke pasar Brazil melalui e-commerce. Tim Arjuna banyak belajar mengenai e-commerce dari praktisi  di Shopee. Selain itu, lomba ini, kami sebagai tim dan individu dapat belajar dan push our limit.”  Sementara Belinda Azzahra menambahkan, “Tantangan terbesar berupa komitmen dan kemauan untuk tetap menganalisis kasus secara maksimal sampai akhir, karena proses lomba ini cukup lama sekitar 1,5 bulan dan banyak sekali waktu kosong untuk merancang solusi dalam presentasi. Tim Arjuna melakukan persiapan latihan bersama mentor yang kami pilih berupa cara menganalisis kasus bisnis, strukturisasi jawaban bisnis, presentasi dan menjawab pertanyaan juri. Saya beserta tim merasa bahwa semua tim memiliki kelebihan masing-masing dalam bersaing pada lomba ini. Saya pribadi juga merasa sangat bersyukur karena hadiah atas kemenangan ini berupa kesempatan berkarier di Shopee Indonesia.”

Ketua Program Studi S-1 Reguler Ilmu Ekonomi FEB UI, Chaikal Nuryakin, Ph.D., menyampaikan “Kami apresiasi sekali prestasi mahasiswa FEB UI khususnya S-1 Ilmu Ekonomi. Semoga ke depannya, kompetisi dan kolaborasi semakin meningkat. Kami juga selalu mendukung mahasiswa untuk aktif berkegiatan, berkompetisi, dan berkolaborasi. Selain itu, mendukung apapun yang bisa kami bantu, baik dari sisi materi, pembimbing, maupun perizinan perkuliahan.”

Ketua Program Studi S-1 Regular Manajemen FEB UI, Maria Ulpah., Ph.D., mengatakan “Selamat kepada Aurora, mahasiswa FEB UI dalam Tim Arjuna, yang berhasil mencetak prestasi sangat membanggakan atas kerja kerasnya selama ini. Semoga ini bisa menjadi motivasi mahasiswa FEB UI lainnya. Kami dari prodi sangat mendukung dan siap memfasilitasi apabila ada mahasiswa yang ingin ikut kompetisi, baik akademik maupun non-akademik di tingkat nasional ataupun internasional yang membawa nama FEB UI. Jadi, kami sangat mendorong mahasiswa yang hendak berkompetisi apabila butuh dukungan seperti mentoring dan coaching untuk bisa menghubungi prodi.”

Dr. Dyah Setyaningrum, Ketua Program Studi S-1 Akuntansi FEB UI, menuturkan “Saya sangat bangga dan mengucapkan apresiasi atas pencapaian Tim Horay dan Tim Arjuna, khususnya para mahasiswa FEB UI. Mereka membuktikan  mampu menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik dengan menyelesaikan kasus yang diberikan, serta memberi rekomendasi yang out of the box. Kemampuan komunikasi dan bekerjasama yang ditunjukkan dua tim ini juga luar biasa. Pencapaian ini juga menjadi bukti pentingnya kolaborasi multidisiplin, karena anggota berasal dari jurusan yang berbeda bahkan universitas yang berbeda. Kolaborasi dan multidisiplin ini selaras dengan kebijakan kampus merdeka, agar lulusan kita nanti menjadi adaptif dengan dunia kerja. Prodi memberikan kontribusi dalam bentuk support bagi tim yang membutuhkan coaching/mentor jika ingin mengikuti lomba. Support juga diberikan oleh kakak tingkat yang sudah berpengalaman mengikuti kompetisi sejenis baik level nasional maupun internasional.”

Shopee Ultimate Case Challenge merupakan sebuah kompetisi business case challenge terdiri dari 4 tahap, yakni Preliminary Stage (penentuan top 15), Mentor Matching Session (penentuan top 6), Semi Final (penentuan top 3), dan Grand Final (perebutan juara 1). Setiap tahap tersebut memberikan case baru yang lebih mendalam. Tahun ini, kasus dari case Shopee mengenai optimisasi program ekspor Shopee Indonesia ke Amerika Latin. Pada ajang ini, peserta diberikan sebuah kasus bisnis oleh Shopee Indonesia yang harus diselesaikan dalam bentuk pitch deck (presentasi). Selanjutnya, pitch deck ini dipresentasikan langsung oleh peserta tim kepada C-Level Shopee Indonesia.

Syarat untuk mengikuti kompetisi ini peserta termasuk warga negara Indonesia yang berstatus sebagai mahasiswa atau non-mahasiswa (S-1 dan S-2), dari universitas dalam maupun luar negeri, dengan pengalaman bekerja kurang dari 2 tahun, dan peserta harus berbentuk tim yang terdiri dari 3-4 orang. (hjtp)