Open House S2 dan S3 PPIE FEB UI 2021

0

Open House S2 dan S3 PPIE FEB UI 2021

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (5/6/2021) Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIE FEB UI), mengadakan “Open House S2 dan S3 PPIE FEB UI 2021” secara daring, pada Sabtu (5/6). Menghadirkan Vid Adrison, Ph.D. (Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI) sebagai pembuka, Diah Widyawati, Ph.D. (Ketua prodi PPIE FEB UI) sebagai pemateri, dan Dr. Djoni Hartono (Sekretaris PPIE FEB UI) sebagai pemandu acara.

     

Diah mem aparkan materinya, “Program magister ilmu ekonomi (S2) PPIE telah menerima akreditasi terbaik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A yang berlaku hingga 2022. Sementara itu, program doktor (S3) PPIE menerima peningkatan status akreditasi menjadi akreditasi unggul pada 15 Desember 2020 yang berlaku hingga 25 Agustus 2025.”

Saat ini, PPIE FEB UI menempati posisi ke-16 pada Eduniversal Master Ranking 2019/2020 kategori Far East Asia Master’s Degree Program in Economics. Terlebih, PPIE menjadi satu-satunya master program magister dari Indonesia dari 30 program yang terpilih pada kategori tersebut.

Program ini memiliki sumber daya pengajar yang berpengalaman dan berpotensi, kombinasi akademisi dan praktisi profesional untuk menunjang penerapan kurikulum. Seluruh pengajar telah menyandang gelar pendidikan S3. Khusus program joint degree, pengajar telah menyandang gelar pendidikan S3 dari luar negeri. 

Rancangan kurikulum bertujuan mencapai kompetensi utama, yaitu (1) mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu ekonomi makro dan mikro, (2) mampu mengembangkan teori ekonomi dan metode empiris dengan pengembangan interdispliner, multidisipliner, dan transdisipliner untuk memecahkan masalah sosial ekonomi, (3) mampu menyusun analisis ekonomi dengan landasan kerangka teoritis dan metode empiris yang tepat dan terkini, (4) mampu mengelola riset ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan hingga mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

Ia menerangkan, “PPIE terdiri dari program magister dan program doktor. Mahasiswa yang mengikuti program magister akan menjalani masa studi maksimal 6 semester, memiliki beban studi 40 SKS, dan meraih gelar Magister Sains Ekonomi (MSE). Mahasiswa magister reguler mengambil semua kredit di Universitas Indonesia, tetapi mahasiswa magister linkage, split site, atau joint degree mengambil kredit di Universitas Indonesia dan universitas mitra sehingga akan menerima 2 gelar terpisah.”

“Kemudian, mahasiswa yang mengikuti program doktor akan menjalani masa studi 6 semester secara penuh waktu dengan batas selama-lamanya 10 semester di luar program matrikulasi, memiliki beban studi 42 SKS, dan meraih gelar Doktor (Dr). Mahasiswa dapat memilih program S3 jalur riset atau program S3 jalur kuliah dan riset. Terhitung PPIE telah meluluskan 123 doktor ilmu ekonomi,” imbuhnya.

     

Hingga 2021, PPIE telah bekerja sama dengan 12 universitas mitra, yakni 6 universitas di Jepang (Kobe University, Hiroshima University, Yokohama National University, Ritsumeikan University, International University of Japan, dan National Graduate Institute for Policy Studies); 2 universitas di Australia (The University of Adelaide dan Australian National University); 3 universitas di Belanda (International Institute of Social Studies, University of Groningen, dan Vrije Universiteit Amsterdam) ; serta 1 universitas di USA (Duke University).

Pada Gedung Pascasarjana tersedia 1 auditorium kapasitas 160 mahasiswa, 12 ruang kelas besar kapasitas 40 mahasiswa per kelas, 5 ruang kelas kecil kapasitas 8-10 mahasiswa, 2 laboratorium komputer kapasitas 40 mahasiswa, dan akses internet tak terbatas.

“PPIE FEB mengharapkan para lulusan dapat bekerja sebagai tenaga ahli dan profesional yang andal melakukan kajian ekonomi di bidang makro dan mikro untuk menjawab kebutuhan akademik, pemerintahan, dan sektor swasta. Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini dapat melihat informasi selengkapnya di laman ppie.feb.ui.ac.id dan mendaftar di laman penerimaan.ui.ac.id,” ujarnya mengakhiri.(hjtp)