LM FEB UI bersama JMUI Gelar Forum Ilmiah: Menjembatani Ilmu dan Praktik Manajemen Indonesia

0

LM FEB UI bersama JMUI Gelar Forum Ilmiah: Menjembatani Ilmu dan Praktik Manajemen Indonesia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ‚Äď (28-29/9/2021) Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) bekerjasama dengan Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia menyelenggarakan Forum Ilmiah, dengan topik ‚ÄúMenjembatani Ilmu dan Praktik Manajemen Indonesia‚ÄĚ secara daring, pada Selasa-Rabu (28-29/9/2021). Forum Ilmiah ini sebagai rangka memperingati Dies Natalis 71 FEB UI dan 50 tahun Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia.

Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia (JMUI) merupakan forum diseminasi ilmu bisnis multi-disiplin yang bertujuan untuk menjembatani ilmu dan praktik manajemen dan kewirausahaan di Indonesia. JMUI menerbitkan hasil-hasil penelitian yang berdampak tinggi terhadap teori dan praktik manajemen dan kewirausahaan, baik yang berbentuk makalah konseptual, studi kasus, maupun laporan penelitian empiris. Selain itu, JMUI mengutamakan artikel ilmiah yang mengangkat kearifan lokal dan aplikasi konsep-konsep manajemen untuk memecahkan permasalahan dan isu yang dihadapi praktisi usaha di Indonesia.

Sejarah perkembangan JMUI lahir pada 1971. Di masa puncak kejayaannya tahun 1990-2000, JMUI memiliki oplah mencapai 15.000 eksemplar sekali terbit. JMUI terdistribusi di berbagai perpustakaan di seluruh Indonesia bahkan tersimpan di perpustakaan universitas di luar negeri. Tahun 2000, JMUI memperoleh akreditasi A skala ilmiah nasional. Akan tetapi, di tahun 2010 JMUI kehilangan akreditasi pada tahun 2010 dan berhenti terbit sementara tahun 2014. Pada akhirnya, tahun 2018 JMUI kembali untuk bisa bangkit. dan dilanjutkan terbit secara berkala mulai tahun 2020. Pada tahun 2021, JMUI terbit 3 edisi dan akan terbit edisi ke-4 di November 2021. Ke depannya, JMUI berencana untuk memperoleh SINTA pada tahun 2022.

Forum Ilmiah ini digelar selama 2 hari dengan 6 sesi bidang ilmu manajemen, yaitu (1) Hari Pertama meliputi Pemasaran, Operasi, Sumber Daya Manusia (SDM); (2) Hari Kedua terdiri dari Keuangan, Kewirausahaan, dan Stratejik. Forum ilmiah dibuka oleh sambutan dari Editor in Chief JMUI, Imam Salehudin, Ph.D., Pj. Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D., Ketua Departemen Manajemen FEB UI, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, dan Kepala LM FEB UI, Dr. Willem Makaliwe.

Narasumber pada hari pertama (28/9), yakni (1) Sesi Pemasaran diisi oleh Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Hj. Ratih Hurriyati, M.P., membahas Tantangan Penelitian Bisnis dan Manajemen di Era Digital‚ÄĚ, Guru Besar Universitas Presiden, Prof. Dr. Ir. Chairy, S.E., M.M., membahas The Future of Autonomous Vehicle: Personal Control Perspective, Guru Besar Universitas Mataram, Prof. Sulhaini, Ph.D. bahas Perilaku Konsumen Muda Indonesia Ditinjau dari Consumer Culture Theory; (2) Sesi Operasi diisi oleh Rektor Institut Teknologi Del-Sumatera Utara, Prof. Ir. Togar M. Simatupang, Ph.D., mengangkat topik Isu Kontemporer dalam Manajemen Operasi; (3) Sesi SDM diisi oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung, Prof. Olivia Fachrunnisa, Ph.D., bahas Workplace Flexibility and Multigenerational Research in HRM, dan Dosen FEB UI, Riani Rachmawati, Ph.D., bahas Working but Unemployed: Evaluating the Working Conditions of Online ‘Ojek’ Drivers in Indonesia.

Selain itu, terdapat pula dosen penanggap, diantaranya Imam Salehudin, Ph.D., Dosen FEB UI, Dr. Ignatius Heruwasto, Senior Consultant LM FEB UI, Ir. Rizqiah Insanita, S.T., MM., Senior Consultant LM FEB UI, Fanny Martdianty, Ph.D., Dosen FEB UI, dan Mone S. Andrias, Dosen FEB UI.

Rekaman hari pertama bisa disaksikan melalui: https://us02web.zoom.us/rec/share/Et1EzNKayBbXuRb68LvYrisXJUZMCvJ6K4480l42XicpvSHveCCzbAWIBBoxumUW.7e0rdNuBpbSkB_TV

 

Narasumber hari kedua (29/9), yaitu (1) Sesi Keuangan diisi oleh Guru Besar FEB UI, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra membahas Stablecoins and ASEAN-5 Flat Currencies – Diversifier, Hedger, Safe Havens?, Dosen FEB UI, Dr. Buddi Wibowo bahas Current Issues of Business and Management; (2) Sesi Kewirausahaan diisi oleh Guru Besar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Hj. Meutia bahas Potensi Pariwisata Religi, Guru Besar UGM, Prof. Nurul Indarti, Ph.D. mempresentasikan mengenai Penelitian Terkini Bidang Kewirausahaan: Fokus Amatan Kewirausahaan Berbasis Etnik dan Agama; (3) Sesi Stratejik diisi oleh Dosen FEB UI, Budi W. Soetjipto, Ph.D. bahas Current Issues in Strategic Management, dan Dosen FEB UI, Sari Wahyuni, Ph.D., membahas Current Issue in Strategic Management.

Terdapat juga dosen penanggap, yaitu Dr. R. Nugroho Purwantoro, Konsultan LM FEB UI, Ruslan Prijadi, Ph.D., Dosen FEB UI, Aswin Hadi Sumarto, S.E., M.PIA., Dosen FEB UI, Imo Gandakusuma, dan Lisa Fitriyani Akbar.

Rekaman hari kedua bisa disaksikan melalui: https://us02web.zoom.us/rec/share/bOnEhi_aIBmS4TimOZVWKkDRUPiT5AMNno91EZnw-A6dnOWbgYohPgmwrAmkKayo.K2VNk3TYA88Lrjoa

 

Hari Pertama


Hari Kedua