Penyampaian Rekomendasi dan Diskusi Publik Bersama 3 Calon Dekan FEB UI

0

Penyampaian Rekomendasi dan Diskusi Publik Bersama 3 Calon Dekan FEB UI

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (3/11/2021) Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UI mengadakan “Penyampaian Rekomendasi dan Diskusi Publik Bersama 3 Calon Dekan” secara daring, pada Rabu (3/11). Menghadirkan Calon Dekan FEB UI periode 2021-2025, yakni Dr. Dodik Siswantoro, Siti Nuryanah, Ph.D., dan Teguh Dartanto, Ph.D., sebagai pembicara.

Mengawali acara, Ketua BEM FEB UI Satya Rifansyah Batubara, berterima kasih kepada para calon dekan, lembaga, ikatan keluarga mahasiswa FEB UI yang telah meluangkan waktu untuk berpartisipasi di acara tersebut. Menurut Satria, meski tidak memiliki hak pilih bersama, mahasiswa adalah pemangku kepentingan utama dari fakultas. 

Kegiatan merupakan upaya keterlibatan mahasiswa pada Pemilihan Calon Dekan FEB UI Periode 2021-2025. Ia menjelaskan, “BEM UI sebagai fasilitator menginisiasi kegiatan terkait penyampaian rekomendasi kebijakan dan komitmen yang disusun oleh beberapa himpunan, yakni BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa), MSS (Management Students Society), IBEC (Islamic Business and Economics Community), Kanopi (Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia), SPA (Studi Profesionalisme Akuntan), dan EIS (Economics International Society), serta dibersamai lembaga se-FEB UI.”

Dalam kegiatan ini, mahasiswa menyampaikan rekomendasi atas beberapa poin komitmen terkait isu kemahasiswaan kepada Calon Dekan FEB UI. Sejatinya, beberapa poin isu telah menjadi pembicaraan rutin tahunan di Dialog Interaktif (DIARI), sejak 2018 hingga 2021.

“Pada dasarnya, banyak sekali perkembangan yang patut menerima pujian. FEB UI sudah menerapkan beberapa usulan dari kegiatan DIARI. Namun, masih banyak isu yang belum terselesaikan, oleh karenanya kita perlu terus mengawal,” ungkapnya.

Mengingat FEB UI selalu terdepan dalam permasalahan finansial mahasiswanya, para mahasiswa berharap FEB UI terus menerapkan dan mempertahankannya. Akhir kata, ia berharap seluruh angkatan aktif mahasiswa FEB UI mampu lebih aktif menyampaikan aspirasinya.

Sesi berikutnya, perwakilan mahasiswa menyampaikan rekomendasi kebijakan dan komitmen terkait isu kekerasan seksual, kesehatan mental, akademis, dan fasilitas di lingkup kampus FEB UI.

Menanggapi hal tersebut, setiap calon dekan memaparkan penindakan terdahulu dan perencanaan mendatang untuk mencegah atau memperbaiki isu tersebut. Terakhir, mahasiswa boleh mengajukan pertanyaan melalui kolom percakapan untuk para calon dekan.