Perayaan Puncak Dies Natalis Ke-71 FEB UI: Living a Legacy, dengan Inspirational Speech dari Menteri BUMN Erick Thohir

0

Perayaan Puncak Dies Natalis Ke-71 FEB UI: Living a Legacy, dengan Inspirational Speech dari Menteri BUMN Erick Thohir

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (8/12/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) merayakan ke-71 tahun usianya dengan menggelar acara Puncak Dies Natalis bertajuk “Living a Legacy” secara hybrid, pada Rabu (8/12).

Mengawali acara, yang juga dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir secara daring, Dekan Terpilih FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D. mengatakan, “Kami beserta segenap tim akan membangun FEB UI, rumah kita semua, yang inklusif, relevan, dan bereputasi. Inklusif, artinya memberikan kesempatan yang setara dan seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk belajar dan bekerja di FEB UI. Relevan, berarti selalu bersama para pemangku kepentingan untuk berkontribusi terhadap solusi bagi permasalahan bangsa dan negara. Terakhir, bereputasi, FEB UI terkenal, baik di bidang akademik maupun non akademik, di dalam dan luar negeri.”

Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro mengutarakan, “FEB UI sebagai fakultas yang telah mencapai 71 tahun dan melahirkan banyak pemimpin di bidang ekonomi, baik dalam sektor pemerintahan maupun swasta, tentu sudah banyak bakti yang FEB UI berikan bagi negara dan bangsa. Dies Natalis dapat menjadi momentum untuk memulai kembali jejak FEB UI yang terus berperan dan berkontribusi untuk menciptakan legacy baru di masa yang akan datang.”

“FEB UI harus mampu menerapkan kiprah para pendahulunya dengan melakukan berbagai penyesuaian sesuai tuntutan zaman, perubahan demografi, dan perubahan lingkungan global, misalnya FEB UI harus berperan aktif dalam mendukung Presidensi Indonesia di G20, baik melalui T20, S20, maupun working group lainnya, serta mengambil banyak manfaat dari pelaksanaan G20 di Indonesia untuk kemajuan FEB UI,” imbuh Ari.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir menyampaikan inspirational speech yang antara lain menyatakan bahwa transformasi bisnis dan digital tak ada artinya jika tidak melakukan transformasi sumber daya manusia. Ia menilai perekrutan SDM berkualitas dan berusia muda di BUMN merupakan modal utama menuju Indonesia Maju 2045. Erick mengaku BUMN menyiapkan karpet merah bagi anak muda bertalenta hebat dari perguruan tinggi di Indonesia, termasuk FEB UI, untuk mengikuti program magang mahasiswa bersertifikat atau mencari kerja di BUMN.

“Saya sangat berharap para mahasiswa bisa berkarir karena saya sudah membuktikan kepemimpinan muda di BUMN. Alhamdulilah, pada Desember ini sudah mencapai 5 persen dan kami akan dorong ke 10 persen,” ujar Erick.

Pasalnya, perekrutan anak muda di BUMN juga bertujuan untuk mengubah struktur kepemimpinan. “Generasi muda Indonesia harus diberi kesempatan, tetapi tentu kesempatan itu dapat tercapai kalau punya kompetensi,” tandasnya.

Ketua ILUNI Periode 2022 – 2024, Alexandra Askandar mengungkapkan bahwa suatu kebanggaan baginya untuk mewakili seluruh alumni FEB UI pada Perayaan Akbar Dies Natalis Ke-71 FEB UI. 

“Berbagai gagasan dan prestasi yang membanggakan telah lahir dari FEB UI sejak 71 tahun lalu. Ke depan, ILUNI FEB UI perlu memperkuat sinergi dan soliditas dengan FEB UI untuk mewujudkan FEB UI yang inklusif, relevan, dan bereputasi,” ujarnya.

Rangkaian Dies Natalis Ke-71 FEB UI mulai pada 28 September dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi FEB UI hingga 1 Desember 2021.

Di bidang ilmiah, webinar bertemakan ekonomi dan bisnis diadakan setiap Rabu sore berjudul ‘Bincang Sore’ bersama lembaga di FEB UI: (1) Departemen Manajemen pada 29/9: Indonesia 4.0 through Social Entrepreneurship (2)  MM FEB UI pada 2/10: Creating Opportunities with Communication Skill in Digital Era; (3) LM FEB UI pada 6/10: Perkembangan Riset LM terkait BUMN, Korporasi Terbuka, dan Climate Change; (4)  PPA FEB UI pada 13/10: Sustainability Reporting: Compliance Activity or Strategic Activity?; (5) Departemen Ilmu Ekonomi dan Lembaga Demografi pada 21/10: Partisipasi Ekonomi dan Kesejahteraan Wanita dalam Keluarga; (6) SDM FEB UI dan LPT UI pada 26/10: Mindfulness at Work; (7) PEBS dan UKM Center FEB UI pada 27/10; (8) Departemen Akuntansi FEB UI pada 3/11: Business Contribution to SDGs: Challenges and Roles of Accounting; (9) LPEM FEB UI pada 10/11: Presidensi G20 dan Pemulihan Ekonomi: Peluang dan Tantangan Pemulihan Pasca-Pandemi; (10) LovePink pada 17/11,  Pink Talk: Deteksi Dini Kanker Payudara; (11) Oxford University pada 1/12: Economics and Business Solutions for Sustainable Fashion.

Acara pra-puncak merupakan bagian dari mengenang sejarah FEB UI dengan mengundang berbagai tokoh, yakni Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti (Menteri Koordinator Perekonomian Periode 2001-2004), Prof. Dr. Bambang P. S. Brodjonegoro (Menteri Riset dan Teknologi Periode 2019-2021), dan Ira Noviarti (Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk.) sesuai dengan tema Living a Legacy.

FEB UI pun merawat kejayaan masa kini dengan mengundang tokoh ekonomi dan bisnis saat ini, yaitu Alfatih Timur (CEO KitaBisa.com), Febrio Nathan Kacaribu, Ph.D. (Kepala Badan Kebijakan Fiskal di Kementerian Keuangan RI), Windy Natriavi (Co-Founder and CPO Awan Tunai), dan Dyota Marsudi (Presiden Direktur PT Bank Aladin Syariah Tbk.), dalam rangka mempersiapkan bright future.

Di luar acara webinar, FEB UI pun mengadakan kegiatan penghargaan atas (1) Penghargaan Top 10 Citations (2) Penghargaan Top 10 Publications (3) Penghargaan Dosen Terbaik berdasarkan Pengabdian Masyarakat dan Publikasi (4) Penghargaan Dosen Berkinerja Pengajaran Terbaik (5) Penghargaan Tenaga Kependidikan FEB UI Terbaik (6) Kompetisi Desain Presentasi untuk Bisnis (7) Lomba Pantun Jenaka.

Pada acara puncak ini, FEB UI mengumumkan Top 10 Citations diraih oleh Teguh Dartanto (Ilmu Ekonomi – 134 sitasi), Sylvia Veronica NPS (Akuntansi – 94 sitasi), Zaafri Ananto Husodo (Manajemen – 68 sitasi), Irwan Adi Ekaputra (Manajemen – 59 sitasi), Ratih Dyah Kusumastuti (Manajemen – 54 sitasi), Siddharta Utama (Akuntansi – 53 sitasi), Ari Kuncoro (Ilmu Komunikasi – 52 sitasi), Djoni Hartono (Ilmu Ekonomi – 46 sitasi), Desi Adhariani (Akuntansi – 35 sitasi), dan Lindawati Gani (Akuntansi – 33 sitasi).

Sementara Top 10 Publications diraih oleh M. Halley Yudhistira (Ilmu Ekonomi), Abdillah Ahsan (Ilmu Ekonomi), Sylvia Veronica NPS (Akuntansi), Teguh Dartanto (Ilmu Ekonomi), Irwan Adi Ekaputra (Manajemen), Djoni Hartono (Ilmu Ekonomi), Desi Adhariani (Akuntansi), Sri Rahayu Hijrah Hati (Manajemen), Miranti Kartika Dewi (Akuntansi), dan Ratih Dyah Kusumastuti (Manajemen).

Penghargaan Dosen Terbaik berdasarkan berdasarkan Pengabdian Masyarakat diraih oleh Dr. Dwini Handayani, S.E., M.Si. (Ilmu Ekonomi), Dr. Rambat Lupiyoadi, S.E., M.E. (Manajemen), dan Dr. Dodik Siswantoro, S.E., M.Sc. Acc. (Akuntansi).

Penghargaan Dosen Terbaik berdasarkan Publikasi diraih oleh Teguh Dartanto, Ph.D. (Ilmu Ekonomi), Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, M.M. (Manajemen), dan Dr. Sylvia Veronica Nalurita Purnama Siregar, S.E. (Akuntansi). Penghargaan The Most Outstanding Publication diraih oleh Dr. Muhammad Chatib Basri, S.E., M.Ec.Dev. (Ilmu Ekonomi).

Penghargaan Dosen Berkinerja Pengajaran Terbaik pada Jenjang S-1 diraih oleh Dr. Elok Savitri Pusparini, S.E., M.M. (S1 Manajemen), Dr. Yulianti, S.E., M.M. (S1 Akuntansi), dan Dr. Irfani Fithria Ummul Muzayanah, S.E., M.S.E. (S1 Ilmu Ekonomi). Pada Jenjang Pascasarjana diraih oleh Dr. Sri Rahayu Hijrah Hati, S.E., M.Si. (Pascasarjana Manajemen), Dr. Ludovicus Sensi W., S.E., M.M. (Pascasarjana Akuntansi), dan Dr. Beta Yulianita G. Laksono, S.E., M.E. (Pascasarjana Ilmu Ekonomi)

Terakhir, Penghargaan Tendik Terbaik, diraih oleh Siti Juhanah, A.Md. (MPKP), Wasjid, S.Pd. (S-1 Ekstensi), dan Yuniati, S.A.B. (PPIE).

Perayaan yang berlangsung sangat meriah ini dihadiri oleh 1.000 partisipan di Zoom dan hampir 700 orang melalui siaran langsung YouTube. Jumlah partisipasi yang sangat besar selama acara daring yang pernah dilaksanakan oleh FEB UI.

Acara dimeriahkan juga dengan adanya pengundian doorprize yang didukung oleh para mitra FEB UI, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Samudera Indonesia Tbk., PT Bank Jago Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Central Asia Tbk., ILUNI FEB UI, ILUNI MM FEB UI, Lembaga Penyelidikan dan Ekonomi Masyarakat FEB UI, Lembaga Manajemen FEB UI, Lembaga Demografi FEB UI, Pusat Pengembangan Akuntansi FEB UI, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI, UKM Center FEB UI, dan UI Corpora. (hjtp)