Dekan FEB UI Beberkan 5 Poin Terkait Kiprah di Dunia Nyata, Keterampilan Dasar Manusia, Pesan Hidup untuk Wisudawan di Yudisium Semester Genap 2022/2023 Jenjang S-1, S-2, S-3, dan Profesi

Dekan FEB UI Beberkan 5 Poin Terkait Kiprah di Dunia Nyata, Keterampilan Dasar Manusia, Pesan Hidup untuk Wisudawan di Yudisium Semester Genap 2022/2023 Jenjang S-1, S-2, S-3, dan Profesi

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ‚Äď (16/9/2023)¬†Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan Yudisium¬†Semester Genap 2022/2023 Jenjang S-1, S-2, S-3, dan Profesi di Taman FEB UI, Sabtu (16/9).

Yudisium dibagi dalam 2 sesi, yaitu Sesi 1 (Program Pascasarjana, Magister & Profesi), Sesi 2 (Program S-1 Reguler, KKI, Paralel & RPL), dimulai dengan laporan dari Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI, Arief Wibisono Lubis, Ph.D., menyatakan FEB UI secara resmi meluluskan 1.229 wisudawan, yang terdiri dari 507 lulusan S-1 Reguler, 10 lulusan S-1 Paralel, 126 lulusan S-1 KKI, 38 lulusan S-1 RPL, 526 lulusan S-2 (6 di antaranya lulusan program International Joint-Degree / Lingkage), 11 lulusan S-3, dan 12 lulusan P­­rofesi.

Pada semester genap ini, predikat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi untuk jenjang S-1 diraih oleh Gabriella Caryn Nanda yang berasal dari program studi (prodi) Ilmu Ekonomi (IE) dengan IPK 3,98. Dari jenjang S-2 diperoleh oleh Timuthy Ey Maharani & Farah Diba Ariyanti yang berasal dari Prodi PPIM dengan IPK 3,98, lalu Shinta Ayu Sri Yunindhar yang berasal dari Prodi MAKSI dengan IPK 3,98. Sementara, untuk jenjang S-3 dicapai oleh Nareswari Sumarsono dari Prodi PPIM. Sedangkan, untuk lulusan program Profesi yang berasal dari prodi PPAk., dengan IPK tertinggi adalah Garry Christ Himawan dengan IPK 3,85.

Wisudawan, masa studi tercepat dari jenjang S-1, yaitu Everine Jeaquin Lo dari Prodi Manajemen dengan masa studi 3 tahun 5 bulan. Sedangkan, untuk jenjang S-2 yakni Rio Christanto dari prodi MAKSI dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Selain itu, jenjang S-3 yaitu Nareswari Sumarsono dari prodi PPIM dengan masa studi 3 tahun 5 bulan. Terakhir, program Profesi yang berasal dari prodi PPAk., yakni Muhammad Andi Mubarok dengan masa studi 11 bulan.

Wisudawan usia termuda dari jenjang S-1, yakni Desvida Luna Nidra Fadilah dari prodi Akuntansi dengan usia 20 tahun 2 bulan. Sedangkan, untuk jenjang S-2 yaitu Fadhilah Rania dari MM dengan usia 22 tahun 7 bulan. Sementara, jenjang S-3 yaitu Gerardia Gadisvania Sibbald dari PPIE dengan usia 31 tahun 1 bulan. Dan, jenjang Profesi yaitu Monica Priski Cahya Maulidya dari PPAk. dengan usia 24 tahun 10 bulan.

Wisudawan usia paling senior dari jenjang S-1 ialah Ni Putu Ayu Saraswati Sumada dengan usia 31 tahun 9 bulan dari RPL/Ekstensi-Manajemen. Sedangkan, jenjang S-2 yaitu Dahlan dengan usia 52 tahun 3 bulan dari MAKSI. Selain itu, jenjang S-3 yakni Muh. Arifuddin Budiman dengan usia 49 tahun 2 bulan dari PPIM. Terakhir, jenjang Profesi yaitu Dasnin J Lahay dengan usia 48 tahun 9 bulan dari PPAk.

Apresiasi diberikan kepada wisudawan yang telah publikasi di Jurnal Internasional terindeks scopus, yaitu (1) Asri Setiarini dari S-3 PPIA yang berhasil publikasi di Jurnal Q1 (Business Strategy and Development); (2) Muh Arifuddin Budiman dari S-3 PPIM yang berhasil publikasi di Jurnal Q1 (Heliyon); (3) Witri Indriyani dari S-3 PPIE yang berhasil publikasi di Jurnal Q1 (SSM-Population Health); (4) Dewi Kartika Sari dari S-3 PPIA yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (Cogent Business & Management); (5) Nareswari Sumarsono dari S-3 PPIM yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (Renewable Energy Focus); (6) Deon Montasser dari S-3 PPIM yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (SAGE Open); (7) Ribut Nurul Tri Wahyuni dari S-3 PPIE yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (Economies); (8) Nurlatifah dari S-3 PPIE yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (Economies); dan (9) Timuthy Ey Maharani dari S-2 PPIM yang berhasil publikasi di Jurnal Q2 (Informatics in Medicine Unlocked).

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, Ph.D., memberikan sambutan dengan menyampaikan 5 nilai dalam berkiprah di dunia nyata bagi para wisudawan FEB UI, yaitu pertama memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan, kejujuran & ketulusan. Kedua, memperjuangan keadilan & kesetaraan. Ketiga, lakukan inovasi & kreativitas. Keempat, jadilah pelajar sejati untuk terus belajar hal-hal baru. Kelima, bertransformasi di lingkungan kerja dengan membawa semangat perubahan, collaborative & friendly, artinya janganlah berkompetisi dengan orang tetapi berkompetisilah dengan standar sehingga tidak saling menjatuhkan dan saling kolaborasi satu sama lain.

Di satu sisi, Teguh memberikan 5 keterampilan dasar manusia untuk menghadapi ketidakpastian dunia bagi para wisudawan FEB UI agar survive dan unggul di masa depan, antara lain (1) Keterampilan menyelesaikan masalah (berpikir kritis & kreativitas); (2) Keterampilan resilience (tidak mudah menyerah & tidak berputus asa, sehingga Anda mudah beradaptasi, gigih, dan tidak takut gagal); (3) Keterampilan understand to world the better (berani menantang kebiasaan, kesadaran sosial, curiosity); (4) Keterampilan work with others (saling komunikasi & kolaborasi, serta mengerti orang lain); dan (5) Keterampilan to have societed impact (hidup meninggalkan kenangan).

Teguh menambahkan, 5 pesan hidup yang harus dimiliki bagi para wisudawan FEB UI, yakni memiliki growth mindset, selalu menganggap diri kita tidak penting sehingga bisa menghargai dan belajar dari orang lain, biasakan untuk menertawakan diri sendiri, melawan diri sendiri untuk maju, dan muliakan orang tua serta sesama dengan penuh tulus ikhlas.

Setelah lulus dari FEB UI, Anda akan berpisah jalan menempuh titian ke cita-cita dan tujuan masing-masing. Setiap orang memiliki jatah rejeki, perjalanan karier dan hidup yang berbeda-beda, tidak perlu kuatir, karena semua sudah digariskan oleh Allah. Mewakili segenap Pimpinan FEB UI, ‚ÄúSaya mengucapkan selamat kepada para pimpinan departemen/prodi/sekretaris prodi, dosen, para pembimbing (promotor, ko-promotor), tendik, cleaning service yang telah membantu para wisudawan belajar di FEB UI dengan nyaman dan mudah beradaptasi, sehingga wisudawan bisa lulus dari FEB UI,‚ÄĚ demikian Teguh menutup sambutannya.

Mahasiswa perwakilan wisudawan sesi pagi dengan IPK tertinggi dari Program Studi S-2 PPIM FEB UI, Timuthy Ey Maharani mengucapkan selamat atas keberhasilan teman-teman semua dalam menyelesaikan studi di FEB UI dengan berbagai tantangan dan rintangan yang berbeda-beda. Namun, tentu saja dengan keberhasilan kita hari ini, datang tanggung jawab yang jauh lebih besar. Kita memiliki peran untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar dan mencapai tujuan besar lainnya. Kami berjanji untuk menggunakan pengetahuan dan segala hal yang kami peroleh selama studi di FEB UI dengan bijaksana, untuk memberikan kontribusi positif dimanapun kami berkarya setelah ini.

‚ÄúSaya mewakili para wisudawan S-2, S-3, dan Profesi, mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan FEB UI beserta jajaran, yang sudah menciptakan lingkungan akademik, tidak hanya suportif namun juga menyenangkan sehingga kami bisa mengeluarkan potensi terbaik dari diri masing-masing. Selanjutnya, terima kasih kepada seluruh dosen yang telah mendorong dan membimbing kami selama perkuliahan, hingga dosen pembimbing dan penguji yang telah mengorbankan waktu dan tenaga. Terima kasih juga kepada seluruh tenaga kependidikan FEB UI yang sangat kami repotkan selama masa studi. Terakhir, kami ucapkan terima kasih untuk keluarga & sahabat terdekat atas doa dan dukungan selama perjuangan menyelesaikan masa studi di FEB UI,‚ÄĚ tutur Timuthy.

Hal senada juga disampaikan oleh mahasiswa perwakilan wisudawan sesi siang dengan IPK tertinggi dari Program Studi S-1 Ilmu Ekonomi FEB UI, Gabriella Caryn Nanda menuturkan bahwa hari ini adalah hari yang sangat istimewa, bukan hanya bagi kami tetapi juga bagi keluarga, teman-teman, dan dosen yang telah mendukung perjalanan kami selama bertahun-tahun. Sekarang, mari kita merenungkan sejenak tentang perjalanan panjang yang telah kita lalui bersama. Empat tahun yang lalu, kita memulai perjalanan ini dengan semangat dan rasa ingin tahu yang besar. Kita belajar tentang teori ekonomi, akuntansi, manajemen, dan banyak konsep-konsep yang seringkali membingungkan. Namun, dengan kerja keras dan tekad yang tinggi, kita berhasil melewati semua tantangan itu. Ini semua adalah bukti nyata dari kerja keras kita.

Gabriella mengungkapkan perjalanan ini tidak akan mungkin tanpa bimbingan dan dukungan dari para dosen yang luar biasa. Terima kasih atas ilmu, nasihat, dan kesabaran yang telah diberikan kepada kami. Kami juga berterima kasih kepada orang tua dan keluarga kami atas cinta, dukungan, dan pengorbanan yang telah diberikan sepanjang perjalanan kami.

Sekretaris Jenderal & Ketua Bidang Alumni Network ILUNI FEB UI, Freddy Hendradjaja & Juanita A. Luthan, mengatakan bahwa setelah Anda lulus dari FEB UI, Anda mempunyai wadah komunitas atau perkumpulan para alumni FEB UI untuk saling bersilaturahmi, berjejaring, bersinergi, dan berkolaborasi bernama Ikatan Alumni (ILUNI) FEB UI, yang dapat mendukung aspirasi dan menginspirasi Anda ke depannya. ILUNI FEB UI terdiri dari orang-orang yang memiliki peran sangat besar atas perekonomian Indonesia melalui karya-karyanya dalam sektor pemerintahan maupun swasta.

Kami mengajak para wisudawan untuk menjadi bagian dari ILUNI FEB UI. Kunjungi www.ilunifebui.org (Alumni FEB UI Hub) serta media sosial @ilunifebui Sekali lagi, kami ucapkan selamat atas pencapaian Anda. Selamat bergabung dalam keluarga ILUNI FEB UI, kami tunggu partisipasinya dalam kegiatan kegiatan ILUNI FEB UI.

Yudisium FEB UI Semester Genap 2022/2023 Jenjang S-1, S-2, S-3, dan Profesi didukung oleh beberapa mitra yang telah menjalin kerjasama yang baik, di antaranya dari PT. Bank Jago Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT. Bank Syariah Indonesia Tbk, PT. Frisian Flag Indonesia, PT. Bank Mandiri Tbk, Sociall, Roast Kuy, dan PT. Coca-Cola Indonesia.