FEB UI dan O’Neill School Indiana University Dorong Studi Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan

FEB UI dan O’Neill School Indiana University Dorong Studi Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan

 

Depok, 30 April 2024. Sebagai wujud implementasi kerja sama Universitas Indonesia (UI) dan Indiana University (IU), Amerika Serikat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI berkolaborasi dengan O’Neill School of Public and Environmental Affairs IU dalam upaya menyediakan pendidikan yang inklusif terkait perencanaan ekonomi dan kebijakan pembangunan. Kolaborasi keduanya ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FEB UI, Arief Wibisono Lubis, Ph.D, dan Executive Associate Dean, O’Neill School of Public and Environmental Affairs IU, Bradley Heim.

Program Master of Public Affairs (MPA) O’Neill secara konsisten menduduki peringkat puncak di Amerika Serikat berdasarkan US News & World Report, dan beberapa bidang keilmuan di O’Neill School menduduki peringkat 1, yakni Public Finance and Budgeting, Nonprofit Management, Environmental Policy and Management, dan Public Management and Leadership. Selain itu, bidang keilmuan lainnya, seperti Public Policy Analysis, Health Policy and Management, Social Policy, dan Local Government Management masuk dalam peringkat 10 besar untuk kelompok bidang keilmuan masing-masing.

Melalui kolaborasi FEB UI dan O’Neill School, terdapat beberapa program yang akan dijalankan bersama, salah satunya adalah Joint Degree Program antara Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (MPKP) FEB UI dan MPA O’Neill School. Mahasiswa MPKP dapat memilih berbagai bidang konsentrasi di O’Neil, seperti Public Finance, Economic Development, Policy Analysis, dan Health Policy. Selain itu, FEB UI dan O’Neill School akan menjalankan Double Degree Program yang memungkinkan mahasiswa S1 program Kelas Khusus Internasional (KKI) untuk berkuliah di UI dan O’Neill masing-masing selama 2 tahun sesuai konsentrasi yang dipilih.

Dalam kolaborasi ini, Accelerated Master Program direncanakan dilaksanakan di O’Neill School. Mahasiswa S1 FEB UI melanjutkan kuliah di O’Neill School pada tahun ke-4 dan langsung menyelesaikan program master. Mereka berkuliah S1 selama 3 tahun di FEB UI, kemudian mengambil mata kuliah S2 selama 2 tahun di O’Neill, sehingga diperoleh gelar S1 dan S2 sekaligus. Selain pembahasan degree program, kerja sama ini memfasilitasi penyelenggaraan Summer Program in Public Finance di UI pada 2025, yang melibatkan pengajar dari O’Neill dan FEB UI. Program Faculty Exchanges dan Visiting Professorship juga akan dijalankan oleh kedua pihak.

Wakil Dekan Arief menyebut bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari langkah strategis untuk memperluas kerja sama internasional. “Langkah ini bertujuan untuk mendukung upaya perolehan akreditasi EQUIS sebagai the last crown akreditasi internasional sekolah ekonomi dan bisnis terkemuka di dunia bagi FEB UI,” ujarnya pada penandatanganan Letter of Intent, Kamis (18/4), di Bloomington.

Diskusi kerja sama antara FEB UI dan O’Neill School turut dihadiri oleh perwakilan masing-masing kampus. Dari UI turut hadir Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Vid Adrison, Ph.D; Ketua Departemen Akuntansi, Yulianti Abbas, Ph.D; dan Ketua Program Kelas Khusus Internasional, Dr. Isfandiarni. Adapun perwakilan dari O’Neill terdiri atas Associate Dean for Educational Programs, R.J. Woodring, dan Director Master of Public Affairs Program and O’Neill Online MPA Program, Jill Nicholson-Crotty.

###

Dra. Amelita Lusia, M.Si., CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media Contact: Finda Salsabila, M.A.

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id: 08151500-0002)