Inilah Tiga Komunikasi Bisnis Organisasi IGOs dan NGOs yang Harus Dipelajari Mahasiswa FEB UI

Inilah Tiga Komunikasi Bisnis Organisasi IGOs dan NGOs yang Harus Dipelajari Mahasiswa FEB UI

Depok- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Kuliah Umum dengan tema Intergovernmental organization (IGOs) dan Nongovernmental organizations (NGOs) yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, Rabu, (30/10/2019)

Kuliah umum ini diselenggarakan dalam rangka kuliah kelas gabungan mata kuliah Pengantar Komunikasi Bisnis dan Teknik Penulisan Akademik (PKBTPA). Selain itu, juga dihadiri oleh berbagai  mahasiswa S-1.

Roy Andy Panjaitan, MBA selaku Koordinator Program di OXFAM sekaligus pembicara pada kuliah umum kali ini, mengatakan dalam komunikasi perlu pengaturan bicara yang baik dengan orang lain dan tidak berfokus pada diri sendiri ataupun tidak dengan sedang melakukan hal-hal lain (multitasking). Perbedaan komunikasi juga terdapat dari perbedaan generasi antara generasi milenials, generasi X dengan generasi Y.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi yaitu pertama community terkait kepada siapa kita berkomunikasi, karakter dari lawan komunikasi kita, dan hal apa saja yang mereka sukai atau tidak. Kedua, content terkait apa yang disuguhkan dan disukai atau tidak dari lawan komunikasi kita. Ketiga, communication terkait bagaimana cara kita menyampaikan pesan dengan bahasa yang tepat.

Dalam parannya, Roy Andy juga memperlihatkan contoh-contoh kasus komunikasi antar individu dalam organisasi diberbagai negara untuk dapat memahami, bahwa setiap negara punya gaya komunikasi dalam mengekspresikan tujuannya. (Des)