Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) menyelenggarakan program S3 bergelar Doktor (Dr) dalam bidang Ilmu Manajemen. Program Doktor PPIM terdiri dari tiga bidang peminatan: (1) Keuangan/Perbankan, (2) Pemasaran, dan (3) Stratejik. PPIM menyusun kurikulum program S3 agar para lulusannya mampu memberi kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu manajemen melalui penelitian dan publikasi ilmiah bertaraf internasional. Publikasi internasional yang dihasilkan Program Doktor PPIM telah dimuat di berbagai jurnal internasional bereputasi baik di bidangnya. Para lulusan Program Doktor PPIM telah berkarya dan menjadi pemimpin di berbagai bidang, baik sebagai akademisi, praktisi, pengusaha, maupun pengambil kebijakan. PPIM juga sedang merintis Program Doktor bersama (joint-degree) dengan perguruan mitra di luar negeri, seperti The University of Western Australia.

Program Studi Magister Ilmu Manajemen memiliki Akreditasi A berdasarkan No. SK No. 1774/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2019 (27 Mei 2019 – 27 Mei 2024).

Visi

Menjadi Program Studi Doktoral yang berkontribusi pada ilmu manajemen dan bisnis melalui pengajaran dan penelitian yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional.

Misi

  1. Mengembangkan pengajaran Ilmu Manajemen yang dapat diterapkan baik untuk tujuan pengembangan keilmuan maupun tujuan praktis, terutama pada era ekonomi digital.;
  2. Melaksanakan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang bertaraf internasional dan berkontribusi pada perkembangan Ilmu Manajemen, terutama pada era ekonomi digital.;
  3. Menghasilkan lulusan yang berkomitmen untuk menjaga integritas dan kejujuran akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Peminatan

JALUR KULIAH DAN JALUR RISET
  • Keuangan/Perbankan
  • Pemasaran
  • Stratejik

Informasi Peminatan

  • Keuangan/PerbankanKekhususan ini menawarkan pemahaman yang mendalam mengenai teori-teori keuangan dan perbankan yang relevan dengan perkembangan keilmuan terkini. Pembahasan mengenai metode empiris yang fokus pada pendekatan kuantitatif menjadi pokok bahasan untuk kekhususan Keuangan dan Perbankan.
  • PemasaranKekhususan ini menawarkan pembahasan teori-teori Pemasaran sebagai bekal kuat untuk mewujudkannya menjadi formulasi studi empiris yang solid dan valid.
  • StratejikKekhususan ini membahas kaitan antara teori dengan praktik-praktik di lapangan. Isu-isu stratejik yang berkaitan dengan operasional perusahaan dibahas melalui studi kasus dengan latar belakang pembahasan teoretis yang kuat.
  • Jalur RisetJalur riset untuk Program S3 menawarkan kekhususan yang sama yaitu Keuangan/Perbankan, Pemasaran dan Stratejik. Perbedaan mendasar dengan program reguler adalah fokus pada riset telah dimulai sejak Semester I tanpa perlu mengambil mata kuliah terstruktur.

MATA KULIAH DAN KURIKULUM

Keuangan/Perbankan

Matrikulasi :
Quantitative Methods in Finance and Banking (3 SKS)
Portfolio Construction and Analytics (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 1 :
Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian (2 SKS)
Seminar Keuangan Perusahaan (3 SKS)
Ekonometri Keuangan (3 SKS)

Semester 2 :
Seminar Asset Pricing (3 SKS)
Seminar Perbankan & Keuangan (3 SKS)
Mata Kuliah Pilihan (Pilih 1 MK atau 3 SKS):
Seminar Keuangan Empiris (2 SKS)
Seminar Struktur Mikro dari Pasar (2 SKS)

Semester 3 :
Ujian Proposal Penelitian (6 SKS)

Semester 4 :
Ujian Hasil Penelitian (6 SKS)

Semester 5 :
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 SKS)

Semester 6 :
Ujian Promosi Doktor (8 SKS)

Pemasaran

Matrikulasi :
Strategi Branding di Era Digital (3 SKS)
Perilaku Konsumen di Era Digital (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 1 :
Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian (2 SKS)
Teori Pemasaran (2 SKS)
Riset Pemasaran Lanjutan (2 SKS)
Data Analysis for Management Research (2 SKS)

Semester 2 :
Seminar Teori Pemasaran (3 SKS)
Seminar Perilaku Konsumen (3 SKS)
Seminar Topik Pilihan dalam Pemasaran (2 SKS)

Semester 3 :
Ujian Proposal Penelitian (6 SKS)

Semester 4 :
Ujian Hasil Penelitian (6 SKS)

Semester 5 :
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 SKS)

Semester 6 :
Ujian Promosi Doktor (8 SKS)

Manajemen Stratejik

Matrikulasi :
Manajemen Stratejik ( 3 SKS)
Lingkungan Bisnis Dinamis (3 SKS)
Penulisan Tesis (1 SKS)

Semester 1 :
Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian (2 SKS)
Seminar Industri dan Dinamika Persaingan (2 SKS)
Teori Inovasi dan Perubahan (2 SKS)
Data Analysis for Management Research (2 SKS)

Semester 2 :
Seminar Strategi Perusahaan (3 SKS)
Seminar Digital, Institusi, dan Network (3 SKS)
Seminar Organisasi dan Perilaku Stratejik (2 SKS)

Semester 3 :
Ujian Proposal Penelitian (6 SKS)

Semester 4 :
Ujian Hasil Penelitian (6 SKS)

Semester 5 :
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 SKS)

Semester 6 :
Ujian Promosi Doktor (8 SKS)

Jalur Riset (Keuangan/Perbankan, Pemasaran dan Stratejik)

Matrikulasi :
Non Matrikulasi

Semester 1 :
Seminar Kajian Literatur (6 SKS)

Semester 2 :
Ujian Proposal Riset (5 SKS)

Semester 3 :
Konferensi Ilmiah Internasional (4 SKS)
Publikasi Artikel Ilmiah 1 (5 SKS)

Semester 4 :
Ujian Hasil Riset (8 SKS)

Semester 5 :
Publikasi Artikel Ilmiah 2 (6 SKS)

Semester 6 :
Ujian Promosi Doktor (8 SKS)

Lama Studi

Jalur Kuliah dan Riset (6 Semester/3 tahun ditambah Matrikulasi 1 Semester).

Profil Lulusan

Doktor Ilmu Manajemen yang mampu merumuskan permasalahan manajemen; menggunakan teori dan metode empiris terkini secara komprehensif dan terintegrasi; memimpin kegiatan penelitian melalui pendekatan inter-, multi- dan trans-disiplin; guna menghasilkan karya yang kreatif, orisinal, teruji, dengan menjaga kejujuran dan integritas akademik, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Informasi

Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Manajemen
Gedung Pascasarjana Lantai 2 – FEB UI
Jl. Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo
16424, Depok, Indonesia
Telp  : +62 21 7270 164
HP (WA)   : +62 81 3846 60299
Email    : gsm.feb@ui.ac.id
Website : https://ppim.feb.ui.ac.id
Instagram : @ppimfebui
Microsite : s.id/ppimfebui