Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) menyelenggarakan program S3 bergelar Doktor (Dr) dalam bidang Ilmu Manajemen. Program Doktor PPIM terdiri dari tiga bidang peminatan: (1) Finance and Banking, (2) Marketing, dan (3) Strategic Management. PPIM menyusun kurikulum program S3 agar para lulusannya mampu memberi kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu manajemen melalui penelitian dan publikasi ilmiah bertaraf internasional. Publikasi internasional yang dihasilkan Program Doktor PPIM telah dimuat di berbagai jurnal internasional bereputasi baik di bidangnya. Para lulusan Program Doktor PPIM telah berkarya dan menjadi pemimpin di berbagai bidang, baik sebagai akademisi, praktisi, pengusaha, maupun pengambil kebijakan. PPIM juga sedang merintis Program Doktor bersama (joint-degree) dengan perguruan mitra di luar negeri, seperti The University of Western Australia. 

Program Studi Doktor Ilmu Manajemen memiliki Akreditasi A berdasarkan No. SK BANPT : 1774/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2019 (27-Mei-2019 s.d 27-Mei-2024.

Visi

Menjadi Program Studi Doktoral yang berkontribusi pada ilmu manajemen dan bisnis melalui pengajaran dan penelitian yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional.

Misi

  1. Mengembangkan pengajaran ilmu manajemen dan bisnis yang dapat diterapkan baik untuk tujuan pengembangan keilmuan maupun tujuan praktis, terutama pada era ekonomi digital;
  2. Melaksanakan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang bertaraf internasional dan berkontribusi pada perkembangan ilmu manajemen dan bisnis, terutama pada era ekonomi digital;
  3. Menghasilkan lulusan yang berkomitmen untuk menjaga integritas dan kejujuran akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Tujuan Profil Lulusan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di PPIM adalah menghasilkan lulusan dengan karakter sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengajaran agar menghasilkan lulusan yang mampu mengevaluasi permasalahan manajemen dengan memilih teori dan metode yang sesuai, baik untuk tujuan praktis maupun tujuan pengembangan keilmuan.
  2. Menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas.
  3. Bekerja sama dengan berbagai asosiasi keilmuan, institusi, dan para pakar ilmu manajemen, guna meningkatkan kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa.
  4. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berkomitmen untuk menjaga integritas dan kejujuran akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Profil Lulusan

Doktor Ilmu Manajemen yang mampu merumuskan permasalahan manajemen; menggunakan teori dan metode empiris terkini secara komprehensif dan terintegrasi; memimpin kegiatan penelitian melalui pendekatan inter-, multi- dan trans-disiplin; guna menghasilkan karya yang kreatif, orisinal, teruji, dengan menjaga kejujuran dan integritas akademik, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Peminatan

  • Keuangan
  • Pemasaran
  • Manajemen Stratejik

Seluruh perkuliahan S3 diselenggarakan di Gedung Pascasarjana FEB UI, Depok. Matrikulasi diwajibkan 1 semester sebelum lanjut ke Semester 1. Desain studi perkuliahan S3 adalah 6 semester diluar Matrikulasi.

Lama Studi

Kelas Reguler (6 Semester/3 tahun).

Kurikulum

Matrikulasi

Matrikulasi
Metodologi Kuantitatif untuk keuangan dan perbankan (3 sks)
Analitika dan Konstruksi Portofolio (3 sks)
Penulisan Tesis (1 sks)
Semester 1 
Filsafat Ilmu dan Metodologi Riset
Seminar Keuangan Perusahaan
Ekonometri Keuangan
Semester 2
Seminar Asset Pricing
Seminar Perbankan & Keuangan
Matakuliah Pilihan (Pilih 1 matakuliah)
Seminar Keuangan Empiris
Seminar Struktur Mikro dari Pasar 
Semester 3
Ujian Proposal Riset (4 sks)
Semester 4
Ujian Hasil Riset (6 sks)
Semester 5
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 sks)
Konferensi Ilmiah Nasional (2 sks)
Semester 6
Ujian Promosi Doktor (8 sks)

Pemasaran

Matrikulasi 
Strategi Branding di Era Digital (3 sks)
Perilaku konsumen di Era Digital (3 sks)
Penulisan Tesis (1 sks)
Semester 1 
Filsafat Ilmu dan Metodologi Riset (2 sks)
Teori Pemasaran (2 sks)
Riset Pemasaran Lanjutan ( 2 sks)
Data Analysis for Management Research ( 2 sks)
Semester 2
Seminar Teori Pemasaran (3 sks)
Seminar Perilaku Konsumen (3 sks)
Seminar Topik Pilihan dalam Pemasaran (2 sks)
Semester 3
Ujian Proposal Riset (4 sks)
Semester 4
Ujian Hasil Riset (6 sks)
Semester 5
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 sks)
Konferensi Ilmiah Nasional (2 sks)
Semester 6
Ujian Promosi Doktor (8 sks)

Manajemen Stratejik

Matrikulasi
Manajemen Stratejik (3 sks)
Lingkungan Bisnis Dinamis (3 sks)
Penulisan Tesis (1 sks)
Semester 1
Filsafat Ilmu dan Metodologi Riset (2 sks)
Seminar Industri dan Dinamika Persaingan (2 sks)
Teori Inovasi dan Perubahan (2 sks)
Data Analysis for Management Research (2 sks)
Semester 2
Seminar Strategi Perusahaan (3 sks)
Seminar Digital, Institusi, dan Network (3 sks)
Seminar Organisasi dan Perilaku Stratejik (2 sks)
Semester 3
Ujian Proposal Riset (4 sks)
Semester 4
Ujian Hasil Riset (6 sks)
Semester 5
Publikasi Artikel Ilmiah Internasional (6 sks)
Konferensi Ilmiah Nasional (2 sks)
Semester 6
Ujian Promosi Doktor (8 sks)

Informasi

Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo
Kampus UI Depok
Kota Depok, Jawa Barat
Telp. (021) 7270164, 3901568
Fax. (021) 788491555

WA        : 081384660299

email     : gsm.feb@ui.ac.id

website : http://ppim.feb.ui.ac.id/