Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPA FEB UI) didirikan oleh Dirjen Dikti dan Pengelolaannya diserahkan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada tahun 1988 dengan SK No. 53/DIKTI/Kep/1988. Tujuan pembentukan PPA FEB UI pada awal pendiriannya adalah untuk meningkatkan pendidikan akuntansi di Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu PPA FEB UI juga memberikan jasa pelatihan dan konsultasi di bidang akuntansi, keuangan, serta bidang-bidang terkait lainnya. Untuk memperkuat kompetensi di bidang penyelenggaraan jasa pelatihan dan konsultasi yang diberikan, pada Juli 2009 dilakukan penggabungan antara PPA FEB UI dengan Laboratorium Akuntansi Departemen Akuntansi FEB UI.
PPA FEB UI terdiri dari tiga divisi, yakni divisi pelatihan reguler, divisi in-house training, workshop, & seminar, serta divisi konsultasi dan kajian. Divisi pelatihan reguler bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelatihan reguler. Jenis pelatihan reguler yang diselenggarakan PPA FEB UI dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pelatihan sertifikasi dan non-sertifikasi. Pelatihan sertifikasi diselenggarakan setiap hari Sabtu di PPA FEB UI Salemba, sedangkan untuk pelatihan non-sertifikasi diselenggarakan setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu, bertempat di PPA FEB UI Salemba dan FEB UI Depok. Untuk merespon tuntutan akan tenaga kerja yang profesional dan handal, maka PPA FEB UI terus mengembangkan pelatihan-pelatihan baru. Beberapa tahun terakhir, PPA FEB UI membuka beberapa pelatihan baru, seperti Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Manajemen. Untuk tahun 2016, PPA FEB UI membuka pelatihan Microsoft Office dan TPA Review. Salah satu keunggulan dari pelatihan PPA FEB UI adalah karena didukung oleh tim pengajar yang tidak hanya brilian dalam ilmu, tetapi juga memiliki pengalaman yang teruji di bidangnya. Selain itu, PPA FEB UI juga berprinsip memberikan pelayanan yang prima bagi semua peserta pelatihan, sehingga PPA FEB UI terus membuat terobosan pelayanan yang memudahkan peserta dalam mengikuti pelatihan.
Divisi kedua yaitu divisi in-house training, workshop, & seminar juga bertanggung jawab dalam mengelola pelatihan, namun jenis pelatihannya tidak bersifat reguler. Divisi ini bertanggung jawab untuk melaksanakan In-House Training (IHT) untuk klien. Pelatihan reguler yang dimiliki oleh PPA FEB UI dapat diselenggarakan dalam bentuk IHT. PPA FEB UI juga dapat menyelenggarakan IHT sesuai permintaan klien, misalnya IHT akuntansi syariah dan PSAK series. Selain penyelenggaraan pelatihan reguler dan IHT, PPA FEB UI juga menyelenggarakan kegiatan workshop dan seminar. Hal ini dilakukan PPA FEB UI untuk merespon munculnya peraturan baru atau isu terkini seputar akuntansi dan bidang terkait lainnya. PPA FEB UI berkeinginan untuk terus memfasilitasi masyarakat luas dalam memperoleh pengetahuan terkini dalam bidang akuntansi dan bidang lain yang terkait.
Divisi terakhir adalah divisi konsultasi dan kajian yang bertangung jawab dalam penyelenggaraan jasa konsultasi dan kajian sesuai kebutuhan klien. Jasa konsultasi yang diberikan oleh PPA FEB UI semakin meluas, tidak hanya di bidang akuntansi dan keuangan, namun ditambah dengan bidang akuntansi manajemen, sistem informasi akuntansi, manajemen keuangan, perpajakan, manajemen risiko, tata kelola, dan tanggung jawab sosial. Mulai tahun ini, divisi konsultasi dan kajian juga bertanggung jawab untuk melakukan dan menghasilkan riset aplikasi yang bukan berdasarkan kebutuhan/permintaan klien. Riset aplikasi tersebut adalah riset yang berbasis dan berdampak besar terhadap profesi akuntan serta kebijakan publik.
INFORMASI :
Alamat : PPA FEB UI Salemba, Jalan Salemba Raya No.4
Telepon : +62 21 3907279
Fax : +62 21 3907279
Email : mail@ppa-feui.com
Menjadi lembaga konsultasi, pelatihan, dan kajian akademik 10 besar di Indonesia.