Datangkan Pembicara dari Malaysia, Departemen Ilmu Ekonomi Gelar Workshop Data Envelopment Analysis

Datangkan Pembicara dari Malaysia, Departemen Ilmu Ekonomi Gelar Workshop Data Envelopment Analysis

 

Hana Fajria ~ Humas FEB UI

DEPOK (18/07/2018) – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali mengadakan seminar dengan judul Workshop on “Data Envelopment Analysis (DEA) and Academic Writing”, yang berlangsung di ruang PGN, Gedung Departemen Ilmu Ekonomi Lt. 2 pada hari rabu (18/07/2018).

Pada seminar mingguan kali ini yang bertindak sebagai pembicara ialah Dr. Aslam Mia, Trainer dari Univ. Of Malaya, Malaysia. Materi yang dibahas terdapat 3 sesi yang berlangsung, di antaranya pertama sesi pengenalan tentang data envelopment analysis, kedua sesi menghitung produktivitas dan yang terakhir sesi academic writing. Mengukur estimasi produktivitas dari sample data 25 perusahaan selama beberapa tahun terakhir dengan metode MPI yakni Malmquist Productivity Index.

Data Envelopment Analysis adalah teknik pemrograman linier non parametrik yang dikembangkan oleh Charne at al (1987) untuk mengevaluasi kinerja Unit Pengambil Keputusan (Decision Maker Unit (DMUs) ) dengan mengubah beberapa input menjadi beberapa output. Metode ini memiliki kemampuan untuk membedakan kinerja antara dua atau lebih periode waktu suatu perusahaan individual atau di antara lainnya. Manfaat yang paling menarik dari DEA adalah bahwa tidak seperti pendekatan parametrik seperti analisis regresi, DEA mengoptimalkan pada setiap pengamatan individu dan tidak memerlukan satu fungsi yang sesuai dengan semua pengamatan terbaik. DEA dianggap sebagai solusi yang lebih baik untuk memilih jumlah input dan output optimal untuk mencapai keberlanjutan keuangan / keuntungan sosial bagi perusahaan. Dengan demikian seminar ini diharapkan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa tingkat akhir dan staf akademik mengenai cara mengukur produktivitas suatu perusahaan. (Des)