Pertahankan Mutu Pendidikan MPKP FEB UI Raih Nilai A dari BAN-PT

Pertahankan Mutu Pendidikan MPKP FEB UI Raih Nilai A dari BAN-PT

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan (MPKP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Visitasi Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlangsung di ruang 1.6-1.7, gedung MPKP, Salemba, pada Senin (10/9/2018).

Asesor pada visitasi akreditasi ini terdiri dari dua orang, yaitu Prof. Dr. Soesilo Zauhar, MS berasal dari Universitas Brawijaya dan Dr. Denok Kurniasih, M.Si., berasal dari Universitas Jenderal Soedirman.

Sebagai pembuka dari kegiatan ini, pemaparan oleh Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., selaku Dekan FEB UI. Ia mempresentasikan bahwa Universitas Indonesia meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi dengan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Terbaik di Indonesia dan meraih peringkat ke-162 Jurusan Akuntansi dan Keuangan Terbaik di dunia. Penilaian tersebut dilakukan oleh QS World University Ranking dengan subjek tahun 2017 terhadap 1.100 institusi di 74 negara di dunia. Jurusan Akuntansi dan Keuangan berada di bawah naungan Departemen Akuntansi dan Departemen Manajemen yang telah berkiprah sejak tahun 1950.

Tiga Departemen yang berada di FEB UI terakreditasi ‘A’ oleh BAN-PT. Selain itu, assesment AUN-QA terkategori baik dengan nilai 4,7 – 5,0 dan mendapat akreditasi ABEST. Saat ini, FEB UI sedang proses akreditasi intenasional, AACSB.

“FEB UI juga menjalin 4 bentuk kerjasama program internasioal. Pertama, kerjasama bidang akademik dalam bentuk doubble degree, joint degree, dan student exchange. Kedua, menjalin dari 200 perjanjian kerjasama internasional. Ketiga, mobilisasi dosen dan mahasiswa. Dan keempat, menjalin mitra bidang akademik dengan perguruan tinggi di luar negeri,” tutur Ari kuncoro.

Penghargaan yang diperoleh oleh FEB UI, seperti menerima penghargaan 3 Palmes of Excellence-Excellent Business School with Reinforcing International Influence. Selain, prestasi terbaru yang diraih oleh mahasiswa FEB UI, yaitu Evita Martha Dewi menjadi juara 1 Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional, Tim MM FEB UI memenangkan GNAM Investment Competition’s top Performance Prize, dan Tim Bhinneka Investment Group menjadi runner-up dalam ajang Global Network Investment Competition.

Sementara itu, kontribusi FEB UI dalam riset dan pengabdian masyarakat berdasarkan IDEAS REPEC menunjukkan 10 dosen dan peneliti berada dalam ranking Top 25% of Authors di Indonesia. Lembaga penelitian dan konsultasi yang berada dinaungan FEB UI, di antaranya LPEM, LM, LD, PPA, PEBS, dan UKM Center.

Jurnal yang berada di tiap Departemen FEB UI, yakni JAKI, ICMR, AMJ, SEAM, dan JEPI. “Hal ini membuktikan bahwa publikasi ilmiah dosen FEB UI meningkat drastis dari tahun 2016 sebanyak 33 menjadi 180 pada tahun 2017. Tentu, ini memungkinkan akan lebih banyak lagi di tahun 2018,” tutup Ari Kuncoro.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pertemuan dengan sejumlah stakeholder, di antaranya user MPKP, Dosen MPKP, dan pengguna alumni & mahasiswa MPKP untuk menanyakan/berdiskusi terkait keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh Program Studi MPKP. Hal ini nantinya akan menentukan hasil penilaian tim Assesor.

Hasil penilaian dari tim Assesor BAN-PT bahwa berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2606/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2018, MPKP FEB UI berhasil memperoleh akreditasi ‘A’. Dan akreditasi ini berlaku selama lima tahun terhitung sejak 18 September 2018 – 18 September 2023. (Des)