Magister Akuntansi FEB UI Raih Nilai A dari BAN-PT Sebagai Bukti Mempertahankan Kualitas Mutu Pendidikan

Magister Akuntansi FEB UI Raih Nilai A dari BAN-PT Sebagai Bukti Mempertahankan Kualitas Mutu Pendidikan

 

Saskia Ananda & Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA ─ Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melakukan visitasi untuk Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang berlangsung di Gedung MAKSI-PPAk., pada Selasa (18/9/2018).

Dua orang asesor, yaitu Dr. Paulus Basuki Hadi P., MBA, MSAcc., Akt., berasal dari Universitas Diponegoro dan Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., berasal dari Universitas Airlangga melakukan visitasi akreditasi di Program Studi MAKSI FEB UI.

Visitasi tersebut dihadiri oleh Dr. Beta Yulianita Gitaharie selaku Wakil Dekan I, Vita Silvira, S.E., Ak., MBA, CA selaku Wakil Dekan II, Dr. Ancella A. Hermawan selaku Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Gede Harja Wasistha, CMA selaku Ketua Program Studi MAKSI-PPAk., Rafika Yuniasih, MSM selaku Sekretaris Program Studi MAKSI-PPAk. dan juga tim dosen FEB UI.

Sebagai pembuka dari kegiatan ini, pemaparan disampaikan oleh Dr. Beta Yulianita Gitaharie. Saat ini, FEB UI memiliki komisi akreditasi internasional yang menjalankan proses akreditasi internasional. Selain mengikuti akreditasi dari BAN-PT, FEB UI juga mengikuti akreditasi dari AUN QA dan terkategori baik dengan nilai 4,7-5. Semua program studi yang ada di FEB UI juga mendapatkan akreditasi A kecuali program studi baru yaitu Ekonomi Islam.

“Target yang ingin dicapai oleh FEB UI, yaitu masuk dalam anggota Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) dan Global Network for Advance Management. Saat ini, FEB UI sedang menuju akreditasi internasional, The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB),” ucap Beta Yulianita Gitaharie.

Kegiatan proses akreditasi ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara tim asesor BAN-PT dengan pihak FEB UI. Setelah itu, proses wawancara atau berdiskusi terkait keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh Program Studi MAKSI antara tim asesor BAN-PT dengan sejumlah stakeholder, di antaranya user & dosen Program Studi MAKSI, pengguna alumni dan juga mahasiswa. Hal ini nantinya akan menentukan hasil penilaian tim asesor.

Hasil penilaian dari tim asesor BAN-PT memutuskan bahwa berdasarkan Keputusan BAN-PT No.2682/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2018, menyatakan bahwa Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UI berhasil memperoleh peringkat A dan akreditasi ini berlaku selama lima tahun terhitung sejak 25 September 2018 – 25 September 2023. (Des)