Departemen Manajemen FEB UI Bekerjasama dengan Sage Publishing Selenggarakan Pelatihan Pengaksesan Sage Business Cases

Departemen Manajemen FEB UI Bekerjasama dengan Sage Publishing Selenggarakan Pelatihan Pengaksesan Sage Business Cases

 

Sintani Sari Aristi ~ Departemen Manajemen

DEPOK – Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan pelatihan pengaksesan data business cases bekerjasama dengan Sage Publishing yang berlangsung di Laboratorium Komputasi, pada Jumat (21/92018).

Pelatihan ini diselenggarakan pertama kalinya dalam rangka proses berlangganan data Business Cases dalam Bidang Bisnis dan Manajemen per Januari – Desember  2019  yang saat ini sudah mulai diaktifkan penggunaan untuk akses data business cases dan dapat dilakukan melalui situs website: sk.sagepub.com/cases

Dalam pelatihan ini dibuka oleh Dony Abdul Chalid, Ph.D., selaku Ketua Departemen Manajemen. Ia menyampaikan mengenai untuk penjelasan data yang dilanggan Departemen Manajemen sehingga seluruh staf pengajar (dosen dan asisten), mahasiswa FEB UI dapat memanfaatkan studi kasus terbitan Sage Publishing untuk kebutuhan pengajaran dan penelitian/riset.

Selanjutnya, pemaparan materi yang disampaikan oleh Stephani Susilo selaku Library Sales Executive. Ia memaparkan bahwa Sage Publishing didirikan pada tahun 1965, kantornya berpusat di Singapura. Saat ini sudah ada sekitar 2530-an cases yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pengajaran ataupun penelitian dapat disesuaikan dengan tingkat/level casesnya. Karena ada level mini, standard, hard cases berdasarkan jumlah kata dalam business cases tersebut.

“Saat ini Universitas Indonesia telah melanggan Sage journal yang dapat diakses juga melalui situs journals.sagepub.com. Sedangkan untuk pembelajaran dari awal penelitian sampai publikasi penelitian dapat dilihat pula free trialnya yang saat ini sedang dibuka melalui: methods.sagepub.com,” jelas Stephani Susilo.

Sage journal dan Sage knowledge berbeda website dan platform. Untuk saat ini, UI hanya berlangganan Sage journal saja, sedangkan Departemen Manajemen melanggan Sage Business Cases.

Pengaksesan data business cases ini dapat di browser melalui subject, content partner dan academic level. Sage business cases ini sudah banyak partner university penghasil cases dan 50% business cases dari Asia.

Dalam hal pencarian secara cepat melalui http://sk.sagepub.com/cases kemudian masuk ke Advanced Search in Sage Business Cases, misalnya pencarian dalam bidang marketing. Maka akan terbukalah seluruh business cases dalam bidang marketing tersebut yang disertai dengan content type di bagian kanan dan dalam setiap business cases akan menunjukkan judul case, nama penulis, jumlah/panjang kata dalam case tersebut.

“Sementara itu, content type business cases pun dapat dilihat kasus-kasus yang memiliki teaching notes. Sedangkan untuk teaching notes hanya dapat diakses oleh dosen dengan meminta create profile melalui Departemen/Prodi (PIC tertentu),” ucap Stephani Susilo.

Seusai cases yang dicari pun dipilih maka akan memunculkan menu more information yang memuat data publisher, DOI dan Sage Recommends di bagian paling kanan yang mendeskripsikan artikel-artikel dalam Sage journals yang relevan dengan hasil business cases yang telah dicari. Sehingga memudahkan untuk mencari artikel-artikel yang sesuai dengan pengajaran atau riset yang dibutuhkan.

“Dalam pengaksesan data business cases ini maka setiap dosen/asisten/mahasiswa harus memastikan username dan password SSO UI masih aktif dan saat membuka situs website sk.sagepub.com/cases dipastikan di sebelah kanan ada tulisan UI yang menandakan masih dalam jangkauan pengaksesan Sage Business Cases yang dilanggan Departemen Manajemen FEB UI,” tutup Stephani Susilo dalam pemaparan materinya.

Dengan demikian, pelatihan business cases ini bertujuan membahas cara pengaksesan data dengan menggunakan username dan password SSO UI yang dimiliki oleh staf pengajar, asisten, dan mahasiswa. (Des)