Departemen Akuntansi FEB UI Hadirkan Kuliah Umum dari ICAEW

Departemen Akuntansi FEB UI Hadirkan Kuliah Umum dari ICAEW

 

Saskia Ananda ~ Humas FEB UI

DEPOK ─ Departemen Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan kuliah umum yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Selasa (2/10/2018).

Pemateri pada kuliah umum kali ini adalah Elizabeth Richards yang merupakan Head of Corporate Governance dari Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW). Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Departemen Akuntansi, Dr. Ancella A. Hermawan lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Elizabeth Richards.

Dalam materi kuliah umum, Elizabeth Richards membahas mengenai “How Whistleblowing Helps Companies”. Whistleblowing merupakan tindakan yang dilakukan seseorang atau beberapa karyawan untuk membocorkan kecurangan yang dilakukan oleh perusahaannya atau atasannya kepada pihak lain.

Whistleblowing atau whistleblower di Indonesia masih sedikit yang mempergunakannya. Selain itu, ini penting bagi negara-negara untuk mendapatkan whistleblowing karena mempengaruhi sektor publik

“Ada beberapa keuntungan dari adanya whistleblowing/whistleblower, di antaranya melindungi perusahaan, kontrol internal tertinggi, dan demokrasi dan kebebasan berbicara dalam tindakan. Sedangkan, tantangannya ialah pembuat masalah dengan kepentingan diri sendiri, whistleblower asli enggan untuk maju, melindungi para tersangka dan whistleblower dapat dilihat sebagai pembuat onar,” kata Elizabeth Richards.

Sementara itu, cara untuk meningkatkan whistleblowing yaitu dengan adanya insentif keuangan, perlindungan terjamin bagi para whistleblower dan jadikan whistleblowing sebagai sebuah kewajiban. “Penting untuk memiliki keseimbangan dengan hak para pelapor, hak terdakwa, dan hak-hak perusahaan,” tutupnya.

Kuliah umum diakhiri oleh sesi tanya jawab dan penyerahan plakat oleh Dr. Ancella A. Hermawan kepada Elizabeth Richards dan foto bersama. Setelah kuliah umum berakhir, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai beasiswa dari Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW). (Des)