MM FEB UI Dapatkan Feedback Positif dari Akreditasi Internasional AMBA

MM FEB UI Dapatkan Feedback Positif dari Akreditasi Internasional AMBA

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Association of MBA’s Accredited (AMBA) merupakan sebuah organisasi yang berasal dari sekolah bisnis terkemuka di dunia yang terdiri dari Program MBA. AMBA bermula dari Inggris kemudian mewabah ke Eropa dan saat ini menjadi salah satu lembaga akreditasi internasional.

Salah satu Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, Universitas Indonesia, Khususnya Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan visitasi akreditasi internasional AMBA yang pertama kalinya dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia. MM FEB UI sendiri sudah mulai proses memperoleh akreditasi AMBA sejak tahun 2016 dilanjutkan 2017 dan 2018.

Tim panel (Assessor) dari visitasi AMBA ini terdiri dari empat orang, di antaranya Prof. Edward Buckingham, Ph.D., Katherine Oflynn, MBA, Prof. Robert Dixon, Ph.D., dan Prof. Steef Van De Velde, Ph.D. Mereka terdiri dari satu orang perwakilan organisasi AMBA, sedangkan tiga orang lainnya berasal dari Dekan-Dekan sekolah bisnis di berbagai negara, seperti Belanda, Inggris, dan Australia. Kegiatan ini berlangsung di Gedung MM FEB UI, selama dua hari (22–23/11/2018).

Hari pertama, mereka datang untuk meninjau fasilitas yang dimiliki oleh MM FEB UI. Kemudian, mereka melakukan internal meeting selama 3 jam untuk melihat semua dokumen yang tersedia yang dikumpulkan di ruang yang sudah disediakan (baseroom) untuk membahas hal-hal apa saja yang harus diklarifikasi oleh MM FEB UI untuk hari esoknya. Mereka sangat apresiasi terhadap kelengkapan data atau dokumen yang sesuai dengan mereka inginkan termasuk di dalamnya ada notulensi-notulensi. Kegiatan visitasi dua hari ini, mereka ingin menilai langsung Program MM FEB UI yang selama ini hanya mereka dapatkan informasinya melalui dokumen yang sudah dikirimkan terdiri dari dua jenis, yaitu SAF dan SAR.

Hari Kedua, tim panel (Assessor) bertemu dengan tim manajemen dari level Fakultas maupun Program Studi. Selain itu, bertemu juga dengan stakeholder, seperti mahasiswa, alumni, para dosen, dan user ataupun perusahaan yang selama ini banyak menggunakan jasa pegawai nya dari lulusan MM FEB UI.

Dony Abdul Chalid, Ph.D., selaku PLH Program Studi MM FEB UI sekaligus Ketua Departemen Manajemen, mengatakan dari hasil pertemuan antara tim panel (Assessor) dengan stakeholder tersebut menghasilkan saran bahwa untuk ke depannya, Program MM FEB UI diharapkan dapat lebih banyak melibatkan stakeholder dalam penentuan kurikulum. Tetapi secara umum, mereka menilai untuk tim dosen, mahasiswa, alumni, user dari MM FEB UI memiliki kualitas sangat baik.

Berdasarkan hasil penilaian selama dua hari, tim panel (Assessor) memberikan feedback positif bahwa Program MM FEB UI diterima untuk akreditasi internasional AMBA. “Feedback yang mereka sampaikan ialah mereka mengapresiasi beberapa kekuatan penting dari MM FEB UI, seperti sejarah institusi FEB UI yang sudah banyak berkontribusi secara global dan juga banyaknya alumni MM FEB UI yang memegang posisi penting serta memiliki network alumni yang cukup baik. Selain itu, aktif dalam keterlibatan beberapa network, seperti GNAM dan faculty of members juga memiliki kualitas yang baik serta memiliki student yang berintegritas baik karena melalui proses masuk seleksi yang ketat,” ucap Dony Abdul Chalid saat diwawancarai di Gedung MM FEB UI.

Dony juga menambahkan, selain sisi positif ada juga masukan yang mereka berikan, yaitu pertama upaya untuk memasukkan lebih banyak konten leadership dalam kurikulum sesuai dengan Misi dari MM FEB UI. Kedua, sisi practical harus lebih ditingkatkan dengan cara melakukan kegitan yang melibatkan industri lebih banyak lagi. Ketiga, mencari partner luar negeri lebih baik lagi demi mengembangkan Program MM FEB UI.

Dari feedback tadi, ada kesimpulan yang diberikan, tim panel (Assessor) memberikan endorsmen untuk bisa diakreditasi secara resmi oleh AMBA dengan masa berlaku akreditasi AMBA selama 3 tahun. “Hanya ada beberapa hal yang mesti perlu kita lakukan, yakni sebagian dari proses administrasi yang memakan waktu sekitar 2-3 bulan, kemudian barulah MM FEB UI resmi menjadi program yang terakreditasi AMBA,” tutupnya. (Des)